19 Mitos di Indonesia Yang Dipercayai Masyarakat Hingga Kini


Di Indonesia, ada banyak beredar mitos di masyarakat. Terkadang, mitos-mitos tersebut sering tidak masuk akal dan menjadi bahan candaan kita. Anehnya, walaupun mitos tersebut tidak rasional tetapi masyarakat mempercayainya hingga saat ini.

Apa saja mitos yang masih dijalankan masyarakat hingga sekarang? Berikut 19 Mitos di Indonesia Yang Dipercayai Masyarakat Hingga Kini.

19 Mitos di Indonesia Yang Dipercayai Masyarakan Hingga Kini

1. Jangan benci orang saat hamil

Masyarakat Indonesia percaya bahwa wanita yang tengah hamil tidak boleh membenci seseorang. Sebabnya, nanti si jabang bayi akan memiliki sikap atau wajah sama dengan orang yang dibencinya.

2. Katakan permisi sebelum buang air kecil

Bila sudah kebelet dan tidak tahan harus buang air kecil di bawah pohon, seseorang harus mengucap permisi. Ini karena ada kepercayaan bahwa pohon-pohon tersebut berpenghuni, dan akan marah bila rumahnya dikencingi tanpa permisi.

Baca Juga ----------------- Mitos Arti Mimpi Semalam ----------------

3. Jangan tidur di satu sisi kasur besar

Hal ini dipercaya jika kamu memiliki kasur besar, dan hanya tidur di satu sisinya saja. Akan ada makhluk tidak kasat mata atau makhluk halus yang akan menempati sisi lainnya.

4. Tali pusar saudara kandung

Mitos lama menyebut, bahwa seorang ibu harus meletakkan tali pusar anak yang baru lahir di dekat anaknya yang lain saat tidur. Hal ini bertujuan agar kedua anak tersebut bisa hidup dengan damai, dan menguatkan ikatan persaudarannya.

5. Gigi dibuang

Mitos ini menyatakan jika seorang anak mengalami gigi tanggal, maka gigi tersebut harus dibuang ke atap. Tujuannya agar si anak tidak memiliki gigi kuda.

6. Persalinan lancar

Agar persalinan lancar dan tidak sakit, kamu cukup gigit rambut selama proses persalinan berlangsung. Dijamin tidak akan terasa apapun.

7. Pisang

Ada kepercayaan bahwa wanita tidak boleh terlalu sering makan pisang, karena akan membuat alat kelamin pasangannya melemah saat berhubungan intim.

8. Cabai

Jangan heran jika kamu melihat cabai yang ditusuk menggunakan tusuk sate kemudian ditancapkan di tanah. Itu adalah kepercayaan masyarakat Indonesia, bahwa hal demikian itu bisa menolak turunnya hujan.

Baca Juga ------------------ Mitos Bertemu Jodoh -------------------

9. Terong

Pria tidak boleh makan terong, karena akan membuat lemah saat di atas ranjang, atau hilang keperkasaannnya saat berhubungan intim dengan istri.

10. Jangan makan di depan pintu

Jangan makan di depan pintu nanti jodohnya akan jauh. Larangan ini sering di temui di pedesaan yang mayoritas anak gadisnya suka makan bersama. Biasanya anak gadis di suatu desa suka merencanakan makan bersama di salah satu rumah temannya, dan membawa nasi beserta lauknya dari rumah mereka masing-masing.

11. Jangan makan di tempat tidur

Jangan makan di tempat tidur nanti jodohnya orang pemalas. Nah, mitos yang satu ini masih sangat familiar di masyarakat Indonesia. Terutama ibu-ibu untuk anak-anaknya.

12. Jangan keluar rumah jika dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan

Jangan keluar rumah jika dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan, karena nanti akan dapat musibah. Inilah larangan-larangan seputar pernikahan, yang masih ada hingga sekarang.

13. Jangan mandi saat maghrib

Jangan mandi saat maghrib nanti dicubit setan. Larangan ini sangat familiar dikalangan anak kecil yang suka keluyuran bermain hingga magrib. Mitos ini sebenarnya bertujuan agar anak kecil menyudahi bermainnya.

Baca Juga ------------------ Mitos Seputar Perhiasan -------------------

14. Jangan nyapu setengah-setengah

Jangan nyapu setengah-setengah, nanti jodohnya jelek. Mitos ini biasanya dilontarkan pada orang tua saat melihat anak gadisnya yang tidak bersih menyapu lantai.

15. Jangan pakai payung di dalam rumah

Jangan pakai payung di dalam rumah nanti dapat sial. Larangan ini khusus untuk anak kecil yang suka bermain di dalam rumah. Alasan larangan ini adalah ibu-ibu yang tidak ingin payungny rusak dibuat mainan anak-anak.

16. Kalau makan jangan sisain nasi

Kalau makan jangan sisain nasi, nanti nasinya menangis. Larangan ini biasanya ditujukan pada anak kecil yang susah sekali di suruh makan. Pastinya alasan ini dijadikan bahan untuk menakut-nakuti anak, bahwa jika makan nasi tidak habis maka nasinya bisa menangis.

17. Jangan suka marah-marah

Jangan suka marah-marah, nanti masakannya tidak enak. Nah, ini mitos yang paling populer di masyarakat kita sampai sekarang.

18. Jangan berkaca di cermin yang pecah

 Jangan berkaca di cermin yang pecah, nanti wajahnya akan jelek. Mitos ini sering terdengar di kalangan ibu-ibu untuk anak gadisnya yang hoby bercermin.

Baca Juga ---------------- Mitos Pengobatan Tradisional -------------------

19. Jangan foto bertiga

Jangan foto bertiga, nanti yang di tengah akan terlebih dahulu pergi jauh. Mitos ini masih sering didengar dan dipercayai hingga sekarang.

Nah, itu tadi 19 Mitos di Indonesia Yang Dipercayai Masyarakat Hingga Kini. Kamu sering mendengarnya atau mengalaminya bukan?

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "19 Mitos di Indonesia Yang Dipercayai Masyarakat Hingga Kini"

Poskan Komentar