5 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan


Makanan pedas saat ini menjadi trend di masyarakat. Banyak cafe dan rumah makan yang menyajikan masakan pedas sebagai unggulannya, tentu saja dengan tingkat level kepedasan. Semakin tinggi levelnya maka semakin pedas rasanya.

Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal adalah hambar rasanya. Mungkin karena hal tersebut sehingga kuliner Indonesia ramai oleh trend makanan pedas. Jumlah cabe dan rempah-rempah yang bisa membuat keringat kita bercucuran saat memakannya, itu adalah sensasi tersendiri bagi penikmat masakan pedas.

Mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak, memang bisa membahayakan kesehatan. Namun ternyata makanan pedas juga punya manfaat bagi kita. Berikut ini 5 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan:

5 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan

1. Menurunkan berat badan

Di dalam cabe, ternyata terdapat kandungan yang mampu membantu metabolisme tubuh. Tidak heran bila kita makan makanan pedas, maka tubuh kita akan berkeringat. Sehingga cabe bisa menjadi makanan pembantu diet. Tetapi ingat, jangan konsumsi terlalu banyak cabe karena bisa membahayakan pencernaan kita.

2. Mengatasi sakit kepala

Beberapa orang mengatasi kondisi pusing atau sakit kepala dengan mengkonsumsi masakan pedas. Hal ini karena khasiat cabe yang mampu melancarkan sirkulasi darah. Selain sakit kepala, makanan pedas juga sangat membantu saat kita dalam kondisi flu dan hidung tersumbat.

3. Memelihara mood

Makanan pedas ternyata juga bisa menjadi makanan yang memelihara mood selain coklat. Hal ini karena cabe mampu memancing serotonin dan endorfin yang mampu menjadi hormon pereda stres. Jadi bila kamu stres, colek saja sambal bersama makanan favorit kamu.

4. Membantu mengatasi insomnia

Jika kamu mengalami insomnia atau susah tidur, konsumsi makanan pedas bisa membantu kamu tidur lebih lelap Bahkan orang yang mengonsumsi makanan pedas akan cenderung bangun dalam kondisi tubuh yang fit.

5 Menangkal kanker dan menyehatkan jantung

Makanan pedas dari bahan-bahan alami bisa bermanfaat untuk menangkal kanker dan menyehatkan jantung. Kandungan dalam cabe mampu mencegah pembekuan darah sehingga aliran darah ke jantung lancar. Sekaligus anti kanker karena konsumsi makanan pedas membantu kita berkeringat lebih banyak dan kandungan capsaicin di dalam cabe juga mampu menjadi antioksidan.

Nah, itu tadi 5 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan. Ternyata makan makanan pedas tidak selamanya merugikan. Ada juga manfaat sehat dan baik yang bisa kita dapatkan dari hoby makan makanan pedas. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jadi makanlah makanan pedas dalam porsi kepedasan yang wajar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "5 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan"

Poskan Komentar