7 Tips Memilih Password Agar Tidak Mudah di Bobol


Kata sandi atau password adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi, yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Password juga dapat diartikan sebagai kata rahasia yang digunakan sebagai pengenal.

Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna, yang terdiri dari nama pengguna atau user name dan password, dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan atau sistem jaringan tersebut, dengan menggunakan metode autentikasi tertentu.

Jika kode yang dibandingkan cocok, maka sistem keamanan akan mengizinkan akses kepada pengguna tersebut, terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di dalam jaringan atau sistem tersebut, sesuai dengan level keamanan yang dimiliki oleh pengguna tersebut.

Saat ini sering sekali kita dengar berita tentang password seseorang yang di bobol atau di hack oleh seseorang untuk disalahgunakan, yang otomatis akan merugikan pemilik aslinya. Memiliki password yang tepat sangat penting untuk mengamankan data-data pribadi, termasuk urusan keuangan yang sangat rawan.

Jangan sampai email, facebook, atau sosmed anda lainnya, serta kartu ATM anda digunakan orang tidak bertanggung jawab karena mereka dengan mudah menebak password anda. Ternyata memilih dan menyusun password itu sangat penting untuk mempunyai password yang aman.

7 Tips Memilih Password Agar Tidak Mudah di Bobol

7 Tips Memilih Password Agar Tidak Mudah di Bobol

1. Jangan gunakan password yang paling banyak dipakai

Contohnya: 123456, 12345678, 123abc, nama diri sendiri, tanggal lahir diri sendiri, dan sebagainya yang berkaitan dengan diri sendiri.

2. Tidak melihat tingkat kekuatan password

Saat anda mendaftarkan diri dan harus menuliskan password, beberapa media menggunakan parameter kekuatan password. Jika kekuatan password anda masih lemah, coba buat password lain hingga menghasilkan password yang kuat.

3. Gunakan kombinasi huruf dan angka

Anda bisa menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka, misal 4kuc4nt1ks3k4l1. Password tersebut jauh lebih aman daripada password dengan huruf saja.

4. Rangkai password minimal 12 karakter

Semakin panjang karakter password yang anda gunakan, maka semakin aman. Orang akan susah menebak password anda yang panjang.

5. Jangan gunakan password yang sama untuk semua hal

Hindari menggunakan password yang sama untuk semua media sosial, bank, ATM atau apapun yang mengharuskan anda menggunakan password. Jika ada orang yang mengetahui password anda, kemungkinan besar dia akan membobol semua media sosial dan akun yang anda miliki.

6. Ganti password secara berkala

Setidaknya empat bulan hingga enam bulan sekali, lebih baik anda mengganti password. Ini untuk keamanan agar jika satu orang tahu password anda beberapa bulan lalu, sehingga anda sudah punya password baru yang tidak dia ketahui.

7. Jangan beritahu password anda

Bijaklah untuk menjaga rahasia password anda. Banyak masalah muncul saat seorang wanita terlalu percaya dengan pacarnya dan membagi password. Tidak ada keharusan seseorang harus menjaga passwordnya seorang diri, tetapi bijaklah dan pikirkan baik-baik sebelum anda membagi password dengan orang lain.

Itu tadi 7 Tips Memilih Password Agar Tidak Mudah di Bobol. Semoga bermanfaat dalam membantu anda untuk mengamankan semua akun anda. Jika password yang anda gunakan saat ini dirasa kurang aman, maka segeralah rubah dengan password yang aman.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "7 Tips Memilih Password Agar Tidak Mudah di Bobol"

Poskan Komentar