9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara


Berkebun merupakan kegiatan yang banyak disukai orang. Karena berkutat dengan tanaman dapat membuat hati senang, dan menimbulkan rasa tentram. Tahukah kamu, bahwa banyak tanaman hias dari Indonesia yang menjadi incaran para pencinta tanaman mancanegara.

Tidak hanya tanaman hias saja, orang Arab mencatat bahwa Sriwijaya memiliki aneka komoditas seperti kapur barus, kayu gaharu, cengkeh, pala, kepulaga, dan lain-lain yang membuat raja Sriwijaya sekaya raja-raja di India. Sedangkan bangsa Eropa mencari hasil tanaman nusantara, yaitu rempah-rempah.

Apa saja 9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara? Kamu bisa lihat daftarnya berikut ini:

1. Anggrek Bulan

Anggrek bulan atau Phalaenopsis Amabilis telah ditetapkan pemerintah sebagai bunga nasional Indonesia. Anggrek bulan ditemukan di Ambon, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian. Anggrek bulan merupakan salah satu jenis bunga yang termasuk dalam perdagangan bunga internasional, baik sebagai bunga potong maupun dalam bentuk tanaman berbunga. 

9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Tingginya minat terhadap anggrek bulan sebagai tanaman hias maupun pelengkap dekorasi di luar negeri, menjadikan bunga ini sebagai skala industri yang bisa menyumbang devisa bagi negara. Salah satu kebun produksi yang berlokasi di Cikampek dan Cianjur, merupakan perkebunan anggrek bulan terbesar di Indonesia bahkan menggunakan tenaga ahli dari Jepang.

2. Melati

Bunga Melati di Indonesia dikenal sebagai puspa bangsa atau simbol nasional. Jenis melati putih atau Jasminum Sambac, sering digunakan dalam ritual-ritual keagamaan atau tradisi di Indonesia dan berbagai negara lainnya.

9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Walaupun di negara lain juga ada melati dengan jenis yang berbeda, namun melati Indonesia sangat diminati di mancanegara. Terutama negara-negara yang agama penduduknya adalah Hindu dan Budha. Sejak tahun 2002, Tegal merupakan salah satu daerah pengekspor melati. Mencapai 3-4 ton sehari, bahkan di hari-hari besar keagamaan bisa mencapai 10 ton per hari.

3. Kenanga

Kenanga adalah bunga berbau harum dengan nama lain Cananga Odorata. Kenanga merupakan tanaman yang berasal dari Maluku, dan kini telah tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Dikenal sebagai flora identitas daerah provinsi Sumatera Utara.  

Indonesia merupakan salah satu negara pengeskpor minyak bunga Kenanga yang dikenal dengan sebutan Java Cananga Oil. Pembuatannya dilakukan dengan cara disuling untuk industri wewangian, sabun dan kosmetik, juga farmasi dan food beverage sebagai aroma. 

9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Java Cananga Oil ini diekspor ke India, Singapura, Cina, Perancis, Jerman, Inggris, Brasil, hingga Amerika Serikat. Sentra perkebunan kenanga terbesar di Indonesia adalah Blitar, Boyolali, Magelang, Banten, dan beberapa daerah lain di Jawa Timur.

4. Kantong Semar

Kantong semar atau Species Nepenthes merupakan tanaman Indonesia yang juga terdapat di Tiongkok, Indochina, Malaysia, Filiphina, Madagaskar, Kaledonia Baru, India dan Sri Lanka. Tetapi, hampir setengah dari species kantung semar di dunia itu berasal dari Indonesia yaitu dari pulau Sumatera dan Kalimantan. 
9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Kantong semar yang dibudidayakan juga diekspor ke Thailand, Malaysia, Belanda, dan Inggris. Tumbuhan ini di Indonesia semakin langka saat ini, karena adanya pengalihan hutan menjadi kebun kelapa sawit. Di mancanegara, tanaman kantong semar ini di hargai sangat mahal.

5. Cengkeh

Cengkeh adalah tanaman yang membuat bangsa Eropa melintasi lautan untuk mendapatkannya dari Indonesia. Cengkeh banyak tumbuh di pulau-pulau kecil di Maluku, seperti Ternate, Tidore, Makian, Bacan, dan Moti.

9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Tangkai bunga yang dikeringkan, dan berasal dari pohon Myrtaceae ini banyak digunakan sebagai bumbu masak. Selain itu juga digunakan dalam dunia pengobatan, salah satunya sebagai minyak esensial yang punya fungsi anestetik dan antimicrobial. Cengkeh juga dipakai untuk penambah rasa pada makanan, minuman, dan rokok.

6. Kamper

Tanaman ini merupakan tanaman kayu, dan kamfer diambil dari bagian tengah pohon tersebut. Bagian tengah pohon dibuat potongan-potongan kecil, direbus, dan melalui proses penyulingan dan penghabluran, kemudian diperoleh kristal kamfer sebagai bahan baku untuk diproses di pabrik.

9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Tanaman ini dari jaman dahulu telah menarik para pedagang Cina, India, Parsi, Arab, Turki, dan Eropa datang ke Indonesia. Berpusat di pesisir Sumatera, sebuah bandar niaga bernama Barasai yang dikenal menghasilkan wewangian dari kapur barus.

7. Pala

9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Kepulauan Banda dapat tercium wanginya sebelum pulaunya terlihat. Tanaman pala begitu terkenal di mancanegara, sehingga kepulauan Banda lebih dikenal di dunia internasional dengan nama Banda Nutmeg. Tanaman pala di Pulau Banda membuat bangsa-bangsa dari benua Eropa datang ke Indonesia.

8. Cendana

Cendana atau Santalum Album L adalah tanaman khas yang tumbuh di Pulau Timor dan Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur. Konon karena pohon cendana inilah pulau Sumba kemudian mendapatkan julukan sebagai Sandalwood Island. 

9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Cendana sudah lama dikenal sebagai barang mewah di Eropa, khususnya perusaha farmasinya. Bahkan India sejak perang dunia pertama sudah memasarkan minyak cendana ke Eropa, dengan membelinya terlebih dahulu dari pulau Timor, karena hanya pulauTimor saja yang menghasilkan kayu cendana.

9.  Gaharu

Gaharu memang esens wangi yang berasal dari hasil ekstraksi kayu. Indonesia merupakan negara produsen gaharu terbesar di dunia dengan kualitas terbaik. Manfaat gaharu antara lain, getahnya untuk bahan pembuatan hio dan dupa, serta industri kosmetik dan obat-obatan. Sedangkan pohonnya berguna untuk konservasi lingkungan karena secara baik mampu menyerap air. 

9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara

Gaharu sudah dikenal sebagai komoditas penting, semenjak jaman Mesir Kuno. Ternyata mumi mesir, selain diberi rempah-rempah kayumanis dan cengkeh, juga diberi cendana dan gaharu. Di pasar internasional, gaharu diperdagangkan dalam bentuk kayu, serbuk, dan minyak.

Nah, itu tadi 9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara. Indonesia memang negara yang kaya akan flora. Dan itu sudah diakui oleh dunia. Lestarikan tanaman asli Indonesia agar tidak punah.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "9 Tanaman Asli Indonesia Yang Menjadi Unggulan di Mancanegara"

Poskan Komentar