Dampak Tokoh Super Hero Terhadap Perkembangan Anak


Saat ini banyak sekali film yang menampilkan tokoh superhero. Tokoh ini biasanya digambarkan sebagai sosok manusia, robot, atau makhluk asing, yang berkekuatan di atas rata-rata (super).

Tema film tersebut adalah misi penyelamatan bumi dari kehancuran atau dari orang jahat. Tokoh superhero yang cukup terkenal di kalangan anak-anak antara lain Superman, Batman, Spiderman, Hulk, Fantastic Four, Hercules, X-Men, Boboiboy dan sebagainya.

Bila diamati lebih lanjut, hampir semua film superhero memiliki ciri khas yang bisa berdampak cukup buruk pada anak-anak, terutama bila anak-anak mengidolakan mereka atau menonton berulang-ulang sehingga pesan dari film itu masuk dalam program pikiran bawah sadarnya.

Dampak Tokoh Super Hero Terhadap Perkembangan Anak

Dampak Tokoh Super Hero Terhadap Perkembangan Anak

1.
Bila anak menganggap para tokoh superhero sebagai representasi (perwakilan/gambaran) keadaan dirinya, anak akan mengidentifikasi nilai-nilai tokoh lalu berperilaku sama seperti tokoh tersebut.

Anak akan mengambil nilai dan standard perilaku tokoh superhero. Mereka menunggu keajaiban datang. Tidak bersikap aktif mencari solusi suatu masalah. Mereka biasanya melarikan diri dalam dunianya sendiri.

2.
Bila anak memposisikan dirinya sebagai tokoh inferior, dia menganggap dirinya tidak berdaya dan tidak punya kekuatan untuk mengatasi berbagai gangguan yang datang. Berharap ada sosok penyelamat datang, membereskan masalahnya dan dia bisa berbahagia.

Anak perlu belajar paradigma yang benar bahwa apapun pengalaman hidupnya, mereka bukan korban. Bukan objek suatu peristiwa. Tapi mereka adalah subjek kehidupan mereka sendiri.

Anak yang dibesarkan dengan mengasihani diri sendiri, dengan persepsi bahwa tidak ada yang dapat aku lakukan, akan tumbuh menjadi individu bermasalah. Mereka menjadi orang yang tidak berani berkomitmen dan bertanggungjawab. Play as a victim menjadi cara hidupnya.

3.
Anak perlu belajar bekerjasama dengan orang lain, bukan beranggapan bahwa seluruh masalah di dunia ini dapat dia selesaikan sendirian. Kerjasama dengan orang lain itu penting. Semua persoalan yang ada, baik yang terjadi dalam keluarga, pertemanan, dan pekerjaan, memerlukan bantuan orang lain.

4.
Reward wanita cantik pada film superhero bukanlah contoh yang baik. Anak laki-laki akan cenderung beranggapan bahwa wanita itu sebagai properti. Layak untuk diberikan kepadanya sebagai hadiah. Sikap ini mengakibatkan kurangnya penghargaan terhadap perempuan. Motivasi untuk berbuat baik adalah hadiah berupa perempuan.

5.
Anak akan belajar bahwa tidak masalah merusakkan barang orang lain kalau untuk tujuan kebaikan. Tidak masalah menimbulkan perang. Akan jauh lebih baik kalau anak belajar bahwa cara terbaik untuk menyelesaikan masalah adalah dengan menimbulkan kerusakan sesedikit mungkin.

Jarang sekali di akhir cerita, tokoh super itu diminta untuk tanggung jawab terhadap kerusakan yang dia timbulkan. Seolah-olah dimaklumi karena jasanya. Padahal di kehidupan nyata, tidak demikian.

Orangtua bisa mengantisipasi dampak film superhero dengan cara berikut ini:

  • Mendampingi anak ketika menonton film. Bukan hanya duduk berdampingan, tapi mengajaknya berbincang tentang film itu
  • Mengajak anak berkomunikasi tentang dirinya sesering mungkin. Banyak hal positif yang akan diperoleh orangtua
  • Mengalihkan atau membatasi jenis film yang ditonton anak. Biarkan anak menangis, protes, dan sebagainya karena keinginannya tidak terpenuhi
  • Mencari kesibukan lain sebagai ganti menonton film. Misalnya dengan bermain permainan-permainan edukatif, menghafal Al Qur’an, membaca buku, mendengar cerita sahabat Nabi, dongeng, dan sebagainya

Semakin hari tantangan sebagai orangtua memang semakin banyak. Peran orangtua dalam pendampingan terhadap anak menjadi hal yang pokok. Orangtua wajib untuk terus belajar dan bersabar dalam setiap tantangan dalam rangka mendidik anak. Jangan jadikan semua itu sebagai beban, tetapi tanamkan bahwa semuanya adalah ladang amal di rumah.

Nah, itu tadi Dampak Tokoh Super Hero Terhadap Perkembangan Anak. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para orang tua dalam mendidik anaknya. Rasa sayang yang besar kepada anak boleh, tetapi juga harus diperhatikan apa yang baik dan tidak untuk perkembangan si anak.

Baca juga ------- Dampak Penggunaan Tablet Pada Anak --------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Dampak Tokoh Super Hero Terhadap Perkembangan Anak"

Poskan Komentar