Inilah 7 Jenis Bunga Yang Bisa Mengusir Nyamuk


Musim hujan identik dengan nyamuk. Kenapa? Karena di musim hujan jumlah nyamuk di dalam rumah biasanya meningkat. Ada banyak keluhan orang-orang yang rumahnya diserbu banyak nyamuk. Hal ini terjadi karena pada musim hujan banyak genangan air dimana-mana, sehingga nyamuk bisa berkembang biak.

Nyamuk berbahaya bagi kesehatan. Nyamuk memang tuiak bisa dipandang sebelah mata. Satu gigitan kecilnya terkadang bisa membuat orang demam hingga meninggal. Ya, penyakit demam berdarah yang bisa menyerang siapa saja.

Selain penyakit demam berdarah, nyamuk juga sebagai penyebab penyakit malaria, chikunguya, penyakit kuning, dan kaki gajah. Semua penyakit tersebut tergolong penyakit yang berbahaya, dan menular, penyebarannya juga tergolong cepat (wabah).

Penyebab rumah banyak nyamuk, biasanya karena ada banyak pakaian yang digantung baju di kamar, tumpukan barang-barang yang tidak terpakai, dan genangan air di dalam atau sekitar rumah.

Inilah 7 Jenis Bunga Yang Bisa Mengusir Nyamuk

Untuk mengatasi nyamuk, biasanya orang-orang memasang kawat nyamuk pada ventilasi udara, menutup tempat penampungan air, menaburkan obat abate pada bak air kamar mandi dan tempat penampungan air, dan menggunakan obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, atau obat nyamuk lotion.

Mengusir nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk terkadang juga ada efek sampingnya, yaitu obat nyamuk semprot yang membuat nafas menjadi sesak,  obat nyamuk bakar yang apabila lalai bisa menyebabkan kecelakaan (kebakaran), dan obat nyamuk lotion yang membuat iritasi kulit jika mempunyai alergi kulit.

Lantas, bagaimana mengusir nyamuk yang aman dan alami? Nenek moyang kita jaman dulu menggunakan beberapa tanaman hias yang dapat membantu mengusir nyamuk. Aroma bunga tersebut sangat kuat sehingga membuat nyamuk enggan mendekat. Bahkan, beberapa obat nyamuk lotion, memanfaatkan aromanya sebagai salah satu bahan produknya.

7 Jenis Bunga Yang Bisa Mengusir Nyamuk

1. Bunga Lantana

Bunga lantana atau disebut juga bunga tahi ayam. Disebut demikian karena aroma bunganya memang tidak wangi seperti bunga lainnya. Bunga ini ampuh untuk mengusir nyamuk. Cara merawatnya sangat mudah, cukup dijemur di bawah panas sinar matahari saja. Bunga ini sangat menyukai sinar matahari dan tahan panas, sehingga bisa dijadikan bunga taman.

2. Tanaman Sereh

Tanaman sereh memiliki aroma lemon yang sangat menggiurkan dan segar. Sering dijadikan tambahan bumbu dalam masakan dan juga dalam minuman. Jika ditanam di kebun atau di samping rumah, maka tanaman sereh dapat membantu mengusir nyamuk.

3. Tanaman Kemangi

Aroma kemangi sangat segar dan menyejukkan. Digunakan sebagai bumbu masakan, sebagai lalapan, dan juga sebagai aromatherapy yang ampuh mengatasi mual dan jerawat. Aroma yang kuat dan segar membuat nyamuk enggan mendekat. Tanaman kemangi ini sering dijadikan tanaman penghias rumah yang multifungsi.

4. Daun mint

Daun mint juga memiliki aroma pedas dan segar. Biasanya digunakan sebagai tambahan parfum dan aroma makanan, sehingga memberikan kesan fresh dan dingin. Tanaman ini bisa ditanam di dalam pot, dan diletakkan di ruangan saat malam hari. Di pagi hari jemur di bawah sinar matahari sehingga dapat berfotosintesis.

5. Bunga Lavender

Bunga yang satu ini terkenal sebagai pengusir nyamuk alami. Memiliki aroma yang khas dan segar, membantu mengusir nyamuk dari area rumah apabila diletakkan di beberapa sudut ruangan. Namun terkadang semut menyukai tanaman ini, sehingga anda harus lebih berhati-hati dalam menyimpan dan menata bunga lavender di dalam ruangan.

6. Bunga Rosemary

Bunga ini biasanya dipakai sebagai tanaman hias atau tanaman bumbu dapur. Dikenal juga sebagai anti bakterial, sehingga beberapa produk kosmetika kerap menggunakannya sebagai bahan anti bakteri. Apabila diletakkan di dalam rumah atau di taman, dapat mengusir nyamuk.

7. Tanaman Cengkeh

Cengkeh punya aroma yang sangat kuat, percampuran antara pahit dan manis. Apabila jumlahnya banyak, maka menjadi sepat dan cukup tajam. Tanaman cengkeh dapat mengusir nyamuk dengan efektif. Aromanya melekat kuat dan lama.

Jika anda malas menanam atau tidak suka tanaman cengkeh di rumah, maka anda bisa mengambil beberapa butir cengkeh dan letakkan di kain kasa. Gantung di beberapa tempat untuk mengusir nyamuk.

Itulah 7 Jenis Bunga Yang Bisa Mengusir Nyamuk. Alami cara bekerjanya, dan bisa sekaligus menghias rumah agar terlihat lebih cantik. Sekarang anda bisa mulai menanamnya di halaman rumah, agar di musim hujan berikutnya, rumah anda akan terbebas dari nyamuk.

Baca Juga ------- Cara Membasmi Lalat Dengan Cepat ---------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 7 Jenis Bunga Yang Bisa Mengusir Nyamuk"

Poskan Komentar