Inilah 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris


Bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Saat ini kemampuan berbahasa Inggris menjadi pertimbangan penting pada dunia kerja. Karena bahasa Inggris adalah bahasa asing, bukanlah bahasa asli kita, maka banyak orang Indonesia yang mempunyai kesulitan dalam mempelajarinya.

Orang banyak mencari tentang cara cepat belajar bahasa Inggris, dan bagaimana bisa berbicara, menulis, dan hafal semua aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris akan menjadi sulit jika tidak mengetahui bagaimana metode yang tepat.

Nah, untuk kamu yang saat ini sedang belajar bahasa Inggris, berikut ini 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris, yang bisa diterapkan dalam metode belajar kamu.

Inilah 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

1. Fokus pada input dan bukan hanya output

Kebanyakan guru bahasa Inggris memberikan pemahaman bahwa kunci penguasaan bahasa terletak pada menulis dan berbicara. Hal itu tidak salah, karena banyak orang yang langsung praktik berbicara dengan berani, dia akan terbiasa dan kemudian mendapatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik.

Tetapi untuk lebih cepat, seseorang juga harus mengasah kemampuan mendengar. Kemampuan mendengarkan merupakan salah satu kunci meraih keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris. Dengan mendengarkan beragam kata dalam bahasa Inggris dalam waktu yang lama, maka kemampuan berbicara juga bisa meningkat.

2. Grammar itu penting, namun jangan terlalu dibebankan

Grammar adalah hal yang penting bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Dalam hal menulis, grammar itu penting, namun dalam berbicara bahasa Inggris kita bisa sedikit memberikan toleransi dengan kesalahan-kesalahan grammatical atau tata bahasa. Namun, perkataan yang diucapkan harus tetap jelas.

3. Ulangi dan kemudian lakukan secara perlahan

Kunci cara cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan melambat dan terus mengulang. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa pengulangan yang dilakukan secara terus menerus dan dalam tempo yang lebih lambat akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik. Dengan pengulangan, maka terbentuklah memori jangka panjang. Sehingga mampu mempelajari bahasa Inggris dengan lebih baik dan efektif.

4. Baca kosa kata (vocabulary)

Tidak perlu waktu betahun-tahun atau berbulan-bulan belajar bahasa Inggris. Cukup tahu nama-nama benda, atau kosa kata bahasa Inggris yang berhubungan dengan rutinitas kamu dalam satu hari. Maka kamu akan fasih berbahasa Inggris dalam waktu yang singkat.

5. Dengarkan lagu berbahasa Inggris

Cukup mendengarkan lagu berbahasa Inggris, maka kamu sudah fasih dalam hal listening. Dengarkan lagu yang enak didengar dalam bahasa Inggris. Dengarkan berkali-kali, lalu terka lirik yang diucapkan. Jika kamu sudah hafal melodinya dan sudah menerka liriknya, maka bandingkan dengan lirik aslinya. Berapa banyak yang salah? Jika banyak, coba dan coba lagi sampai benar semua.

6. Tulis semua hal dengan bahasa Inggris

Coba dari hal yang simple hingga yang rumit. Misalnya kamu menulis perkenalan diri dengan bahasa Inggris, atau mengirim SMS dengan bahasa Inggris, menulis surat cinta dengan bahasa Inggris, bahkan bikin status di media social dengan bahasa Inggris, dan hal lain sebagainya.

7. Berbicara dengan bahasa Inggris

Jika kamu ingin bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat, maka coba praktek berbicara bahasa Inggris dengan full kepada siapa saja dan dimana saja. Anggap saja orang disekitar kamu adalah bule yang tidak menggunakan bahasa Indonesia, dan kamu diwajibkan berbicara bahasa Inggris. Lakukan hal ini bahkan ketika kamu berbicara di dalam hati.

8. Menonton film

Tontonlah film barat berbahasa Inggris tetapi tidak menggunakan subtitle Indonesia. Jika kesulitan, pelajari gerak-gerak bahasa tubuh dari si actor pemeran di film tersebut. Latihlah terus menerus, hingga kamu mengakap point kalimat yang diucapkan. Satu hari menonton film barat tanpa subtitle akan melatih kamu sepuluh kali lebih baik dalam belajar berbahasa Inggris di kelas.

9. Banyak  membaca artikel atau tulisan bahasa Inggris

Membaca dari internet, koran atau majalah, buku-buku bahasa Inggris, dan sebagainya. Dengan bekal beberapa kosakata, dan tata bahasa dasar yang telah kamu kuasai, paling tidak kamu sudah bisa mengerti tulisan bahasa Inggris. Walaupun cuma sepertiga atau sepersepuluh paragraf yang kamu tahu, tidak masalah karena kamu masih dalam tahap belajar.

Dengan membaca tulisan berbahasa Inggris, kamu malah bisa menambah kosakata dengan menandai kata yang tidak dimengerti, lalu mencari tahu artinya. Kamu juga akan mendapat gambaran bagaimana tata bahasa Inggris, atau cara menyusun kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat yang baik dalam bahasa Inggris.

Demikianlah 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Ingat, jangan cepat putus asa, dan kamu harus mempunyai tekad yang keras untuk bisa cepat belajar bahasa Inggris.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris"

Poskan Komentar