Manfaat Berenang Bagi Bayi, Orang Tua Perlu Tahu


Kamu pasti pernah melihat video bayi berenang. Saat ini ada banyak video tentang bayi berenang di internet. Spa bayi kini juga menyertakan berenang sebagai daftar pilihan. Mengajak bayi berenang mungkin masih menjadi hal yang aneh di sebagian masyarakat kita.

Ternyata, manfaat berenang bagi bayi sangat banyak. Bermain air bisa membuat bayi gembira. Di rumah kita bisa melihatnya saat dia dimandikan, dan di alam rahim dia juga sudah terbiasa dengan air.

Menurut penelitian dari Norwegian University of Science and Technology, bayi yang sering diajak bermain di kolam renang, memiliki keseimbangan dan kemampuan memahami lebih baik dibandingkan yang tidak pernah diajak berenang. Keterampilan fisiknya saat dewasa juga akan menjadi lebih baik.

Manfaat Berenang Bagi Bayi, Orang Tua Perlu Tahu

Usia Bayi Mulai Bisa Diajak Berenang

Bayi sebaiknya mulai belajar berenang mulai usia tiga bulan. Bayi pada tahun pertama mengalami perkembangan otak yang tinggi, setiap gerakan akan merangsang perkembangan otak, menguatkan saraf dan membuat kerja otak semakin efisien. Air memungkinkan otot bayi bergerak bebas.

Selain itu, bayi baru lahir hingga usia 3 bulan bisa langsung berenang tanpa takut tenggelam, karena pada usia tersebut, dia memiliki refleks melangkah yang banyak kegunaannya untuk berenang. Bayi usia di bawah 3 bulan yang berenang, secara otomatis dia akan menggerak-gerakkan kakinya sehingga tidak tenggelam.

Manfaat Berenang Bagi Bayi

  • Hasil penelitian di Melbourne Australia, menunjukkan secara statistis IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tidak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya ketika mereka berusia 10 tahun. Pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun jauh lebih baik.
  • Membantu mengenalkan olahraga air, dan mengurangi rasa takut akan air ketika dia tumbuh dewasa.
  • Olahraga memerlukan seluruh otot motorik sehingga membantu pertumbuhan otot si kecil, dan olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Mengasah keberanian, dan kepercayaan diri, serta membantu anak agar tumbuh lebih kuat.
  • Melalui berenang, bayi akan belajar mempertahankan diri ketika ia berenang (karena salah satu fitrah manusia adalah mempertahankan diri), selain itu bayi juga belajar meraih sesuatu ketika dia berenang dengan cara dipancing dengan menggunakan bola atau semacamnya sehingga dia dilatih untuk mandiri.
  • Berenang bersama-sama di kolam renang bersama orangtua juga bisa mempererat hubungan anak dan orangtua, dan juga meningkatkan kebersamaan serta kemampuannya beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bayi Berenang


  • Perhatikan kondisi kolam renang seperti kebersihan, kejernihan air, lantai kolam, suhu air, sinar matahari, angin yang mempengaruhi ombak air, dan jumlah orang yang berenang.
  • Orangtua harus mendampingi anak berenang, selain bisa membuat si kecil merasa nyaman, orangtua juga bisa berinteraksi dengan anak sehingga mempererat hubungan dan membuat anak senang.
  • Meski bayi normalnya bisa langsung mengapung, tetapi demi keamanan gunakanlah pelampung  seperti Neck Ring yang sesuai dengan ukurannya, dan kondisi tekanan angin pastikan sudah aman.
  • Jangan membenamkan kepala bayi ke dalam air, kecuali jika memang si kecil sudah terlatih dan terbiasa berenang.
  • Tetap awasi si kecil saat berenang, jangan jauhkan dari jangkauan anda.
  • Jika bisa jadilah pelatih pribadi untuk si kecil, atau jika khawatir anda bisa melakukannya dengan bantuan pelatih profesional.
  • Jika tangan bayi sudah mulai putih dan mengkerut, itu tanda kegiatan berenang harus sudah selesai. Normalnya sekitar 15-20 menit tergantung suhu air dan udara.
  • Jangan lupa bawa minyak telon, baju yang hangat atau jaket dan kaos kaki, agar si kecil tidak kedinginan setelah berenang.
  • Siapkan keperluan-keperluan si kecil lainnya, seperti makanan dan minumnya.

Demikianlah manfaat berenang bagi bayi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda untuk tumbuh kembang si kecil. Untuk permulaan, bawalah bayi anda ke spa bayi untuk berenang. Jika dia sudah terbiasa, barulah anda bisa mengajak dia berenang di kolam renang.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Manfaat Berenang Bagi Bayi, Orang Tua Perlu Tahu"

Poskan Komentar