Cara Mengatasi Hutang Yang Bertumpuk


Anda mempunyai setumpuk hutang? Saat ini sedang galau karena bingung mencari cara untuk melunasi hutang? Ingin hutang segera lunas? Berhutang memang tidak dianjurkan, namun ada beberapa di antara kita terpaksa mengambil jalan ini karena ada sesuatu hal yang mendesak.

Berhutang yang benar adalah mengikuti kemampuan kita dan bukan berhutang mengikuti gaya hidup. Apabila kita berhutang di luar kemampuan, hal itulah yang selalu menyebabkan kita terperangkap dengan hutang yang berkepanjangan.

Kalau hutang terlanjur menumpuk dan menjerat hidup anda, pasti anda tidak dapat tidur dengan nyenyak. Berikut ini tips tentang bagaimana cara mengatasi hutang yang bertumpuk. Anda dapat mengelola hutang secara bijaksana, agar hutang tersebut tidak mengganggu kehidupan anda.

Cara Mengatasi Hutang Yang Bertumpuk

1. Berpikir positif

Anda harus menanamkan pikiran positif, bahwa anda akan dapat melunasi semua hutang tepat pada waktu yang telah ditetapkan. Jangan meragukan kemampuan anda dalam melunasi hutang, karena hal itu hanya akan membuat anda makin tersiksa dan khawatir terhadap masa depan anda.

2. Berhemat

Anda dapat mengurangi acara jalan-jalan ke mall atau makan di luar. Berkorbanlah sesekali dengan menu makanan sederhana, asalkan tetap mendapat makanan bergizi. Saat libur dirumah saja, dan jangan berbelanja barang atau pakaian setelah hutang anda lunas. Kencangkan ikat pinggang.

3. Cerdas mengelola hutang konsumtif

Hutang konsumtif artinya adalah hutang yang digunakan untuk membeli barang-barang yang nilainya dipastikan mengalami depresiasi (penurunan) di masa depan. Contohnyanya membeli kendaraan bermotor atau peralatan elektronik dengan cara mencicil. Jika alasan membeli barang-barang tersebut adalah demi kelancaran pekerjaan atau untuk keperluan sekolah anak misalnya laptop, maka tidak apa-apa.

4. Utamakan membayar hutang dengan bunga tinggi

Membuat catatan tentang semua hutang anda, agar anda tahu hutang mana yang memiliki suku bunga paling tinggi. Buatlah kesepakatan dengan pasangan atau keluarga, bahwa hutang dengan suku bunga paling tinggi wajib hukumnya untuk segera dilunasi, demikian pula dengan hutang yang jumlahnya paling besar.

5. Jangan terlambat membayar cicilan hutang

Terlambat membayar cicilan hutang tidak menunjukkan itikad baik anda dalam berhutang, dan hanya akan menambah beban pengeluaran karena adanya denda yang harus anda bayar. Berani berhutang, maka harus tanggung jawab untuk membayar cicilan.

6. Hindari membayar hutang dengan berhutang

Membayar hutang dengan berhutang, bukanlah cara yang baik dan harus dihindari. Satu lubang hutang mungkin akan segera lunas dengan cara ini, namun penghasilan anda akan tetap berkurang untuk membayar hutang berikutnya.

7. Membaca doa lunas hutang

"Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia).

"Allahummak finii bihalaalika ‘an haraamika wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaak"

(Ya Allah, cukupilah aku dengan yang halal-Mu daripada yang haram-Mu, dan jadikanlah aku tidak butuh dengan sebab karunia-Mu dari siapa pun selain-Mu).

Demikianlah cara mengatasi hutang yang bertumpuk. Setelah semua hutang yang anda miliki telah lunas, berjanjilah dalam hati untuk tidak berhutang lagi. Jika suatu saat anda tergoda untuk melakukannya, cobalah ingat kembali betapa susah payahnya perjuangan anda dalam melunasi hutang.

Baca juga --------- Agar Rumah Terhindar Dari Kemiskinan ------------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Mengatasi Hutang Yang Bertumpuk"

Poskan Komentar