Inilah 7 Macam Persahabatan Dalam Islam, Tetapi Hanya 1 Yang Sampai Akhirat


Sahabat adalah teman terdekat kita. Sahabat kita adalah orang yang mengenal kita luar dalam, melebihi keluarga kita. Terkadang kita tidak bisa membicarakan suatu hal kepada keluarga, tetapi kepada sahabat kita bisa mencurahkan segalanya.

Kita biasanya berbagi suka dan duka dengan sahabat kita. Menangis dan tertawa bersama-sama. Saling menguatkan jika ada yang terjatuh, dan saling membantu jika ada yang susah. Sahabat kita adalah orang yang mengerti kita, dan selalu ada untuk kita.

Didalam Islam, ternyata ada 7 macam persahabatan. Tetapi diantara 7 macam persahabatan tersebut, hanya ada 1 persahabatan yang berlangsung hingga di alam akhirat. Berikut ini penjelasannya, simak ya?

Inilah 7 Macam Persahabatan Dalam Islam, Tetapi Hanya 1 Yang Sampai Akhirat

Inilah 7 Macam Persahabatan Dalam Islam, Tetapi Hanya 1 Yang Sampai Akhirat

1. Ta'aruffan

Persahabatan yang terjalin karena pernah berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, bank, cafe, mall, dan lain sebagainya.

2. Taariiihan

Persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu almamater sekolah, pernah kost bersama, diklat bersama, traveling, umroh atau haji, dan sebagainya.

3. Ahammiyyatan

Persahabatan yang terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, kerjasama, boleh jadi juga karena ada maunya, dan sebagainya.

4. Faarihan

Persahabatan yang terjalin karena faktor hobi, seperti teman futsal, badminton, berburu, memancing, hiking, berkebun, memasak, dan sebagainya.

5. Amalan

Persahabatan yang terjalin karena satu profesi, misalnya sama-sama guru, dokter, pengacara, notaris, artis, dan sebagainya.

6. Aduwwan

Sahabat tetapi musuh, di depan kita seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu dan mengincar kejatuhan sahabatnya, senang dengan musibah yang menimpa sahabatnya. Istilahnya teman dalam selimut.

Rasulullah SAW mengajarkan doa:
"Allahumma ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yang bila melihat kebaikanku ia sembunyi tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan"

7. Hubban iimaanan

Sebuah ikatan persahabat yang lahir batin, tulus saling cinta dan sayang karena Allah SWT, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam dipenghujung malam dia doakan sahabatnya. Boleh jadi dia tidak bertemu kita, tetapi dia mencintai sahabatnya karena Allah SWT.

Dari ke 7 macam persahabatan diatas, nomor 1 sampai 6 akan sirna di akhirat. Yang tersisa hanya ikatan persahabatan yang ke 7, yaitu persahabatan yang dilakukan karena Allah SWT.

"Teman-teman akrab pada hari itu (Qiyamat) menjadi musuh bagi yang lain kecuali persahabatan karena Ketaqwaan" (QS.43:67).

Nah, sekarang sudah tahu kan 7 Macam Persahabatan Dalam Islam, Tetapi Hanya 1 Yang Sampai Akhirat. Bagi kamu yang mempunyai sahabat, cintai dan sayangi sahabatmu karena Allah SWT. Jadilah sahabat yang baik didalam agama dan juga kehidupannya. Tentu kita semua ingin persahabatan kita berlangsung terus sampai akhirat kan? Amin allahumma amin...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 7 Macam Persahabatan Dalam Islam, Tetapi Hanya 1 Yang Sampai Akhirat"

Poskan Komentar