11 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki


Manusia terbiasa berjalan di tempat terbuka dengan menggunakan alas kaki. Padahal kontak langsung dengan unsur-unsur alam seperti tanah, bebatuan, pasir, dan rerumputan sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Menurut penelitian, bahwa sebagian besar dari mereka yang menderita sakit pada kedua kaki, disebabkan karena mereka selalu memakai sepatu atau sandal.

Pengobatan yang ideal adalah, berjalan tanpa alas kaki selama seperempat jam setiap hari. Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput, kayu, atau tanah, dapat merangsang pembuluh darah dan menjaga bentuk alami kaki, serta menguatkan otot-otot betis dan menenangkan sistem saraf.

Nabi Muhammad SAW, telah mewasiatkan kepada para sahabat beliau radhiyallahu ‘anhum agar mempraktekkan berjalan tanpa alas kaki. Dan telah diriwayatkan dari Fadhalah bin ‘Ubaid bahwasanya dia berkata:

(كان النبي صلى الله عليه وسلم يأمرنا أن نحتفي أحياناً) (رواه أحمد)

"Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami agar berjalan tanpa alas kaki kadang-kadang" (Musnad Imam Ahmad dengan sanad yang shahih menurut Syaikh al-Albani dan Syau’aib al-Arna’uth rahimahumallah).

11 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

11 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

1. Membantu memerangi radikal bebas

Berjalan tanpa alas kaki, dapat membantu meminimalkan peradangan dalam tubuh. Kaki akan dapat menikmati efek anti oksidan ketika menyentuh tanah. Hal ini juga dapat membantu dalam memerangi aksi radikal bebas dalam tubuh.

2. Mencegah depresi dan stres

Pernah diadakan suatu penelitian, dengan membandingkan suasana hati pada dua kelompok orang, yang berjalan tanpa alas kaki, dan yang memakai alas kaki. Kelompok yang berjalan tanpa alas kaki mengaku lebih menikmati suasana hati yang lebih baik, dan ini dapat membantu mencegah depresi dan stres.

3. Mengobati insomnia

Jika anda menderita insomnia, cobalah berjalan di rerumputan atau tanah tanpa alas kaki, karena ini akan meminimalkan kadar kortisol, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur. Efek pijatan pada telapak kaki mampu membantu relaksasi, sehingga orang akan tidur dengan pulas.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Berjalan tanpa alas kaki, dapat mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh. Mekanisme perbaikan jaringan akan bekerja dengan baik. Jadi jika anda menderita sakit, maka cobalah berjalan kaki tanpa alas kaki minimal 30 menit setiap hari.

5. Mengurangi resiko kardiovaskular

Sebuah penelitian mengatakan, bahwa berjalan tanpa alas kaki di tanah dapat mengurangi risiko kardiovaskular. Hal ini meminimalkan masalah kesehatan seperti perut kembung, sakit kepala, kelelahan, dan stres.

6. Melancarkan aliran darah

Daerah telapak kaki terdapat banyak pembuluh darah yang merupakan tempat berbaliknya aliran darah. Efek pijatan ringan pada telapak kaki yang menekan langsung pada tanah atau rumput, dapat memperlancar aliran darah di sekitar kaki.

7. Membantu relaksasi

Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput, mampu mengurangi stres dan kelelahan mental. Sensasi pijatan ringan dan rangsangan sentuhan pada telapak kaki, mampu merelaksasi otot dan syaraf tubuh kita.

8. Mengurangi resiko bau kaki

Kondisi permukaan kaki yang jarang terbuka karena tertutup oleh sepatu atau sandal, dapat menyebabkan timbulnya bau kaki. Permukaan kaki yang terbuka dengan sering berjalan tanpa alas kaki, mampu mengurangi kelembaban kaki akibat keringat.

9. Membuat kaki lebih sehat

Kelembaban kaki yang berlebihan bila sering memakai sepatu atau sandal, akan membuat sel-sel kulit kaki mati, yang akan menjadi tempat untuk perkembangbiakan bakteri dan jamur. Dengan rutin berjalan kaki tanpa alas kaki di atas tanah atau rumput, maka kaki kita menjadi sehat.

10. Memperluas ruang gerak otot dan sendi kaki

Jari kaki dan engkel kaki, akan bergerak lebih leluasa jika kita berjalan tanpa alas kaki. Penggunaan sepatu atau sandal sehari-hari dapat membatasi gerak otot kaki, sehingga kaki terasa tidak nyaman saat berjalan.

11. Merangsang fungsi syaraf keseimbangan

Berjalan tanpa alas kaki, ternyata dapat membantu merangsang syaraf keseimbangan pada telapak kaki, yang dapat meningkatkan kewaspadaan, keseimbangan, dan ketangkasan gerak tubuh kita.

Nah, itu tadi 11 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki. Meskipun mempunyai banyak manfaat, namun jangan berjalan tanpa alas kaki dalam waktu yang lama. Cukup 30 menit saja berjalan tanpa alas kaki. Selain itu, perhatikan pula keamanan tempat berjalan. Jangan sampai kegiatan ini malah melukai kaki kita.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "11 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki"

Poskan Komentar