5 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail

Tidak semua orang memperhatikan tentang keamanan dari akun emailnya, salah satunya adalah akun Gmail. Sebaiknya Anda segera memastikan kerentanan maupun keamanan email tersebut. Sebagai pengguna Gmail, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengamankannya. Segera praktikkan agar keamanan akun Gmail Anda segera meningkat.

1. Mengenkripsi Email

Ketika akan meningkatkan keamanan, enkripsi adalah langkah pertama yang harus dipertimbangkan. Lakukan Enkripsi Gmail untuk menghindarkan orang lain dapat menguping dan memahami aktivitas Anda. Akses aman Gmail dapat Anda lakukan dengan koneksi ke Google langsung. Google mengerti arti penting enkripsi sehingga layanan koneksi internetnya dilakukan dengan HTTPS bukan HTTP.

Google juga baru saja menerapkan situs peringatan untuk memberitahu Anda saat menerima email melalui koneksi yang diluar terenkripsi. Hal ini dilakukan untuk menghindari email dibajak. Selain mengenkripsi koneksi, sebaiknya Anda juga mengenkripsi pesan email dengan menggunakan mailvelope.

2. Aktifkan verivikasi dua langkah

Two-step verification atau two-factor authentication merupakan fitur sederhana untuk meningkatkan keamanan akun menjadi dua hingga tiga kali. Caranya dengan pengamanan melalui kata sandi (password) dan juga kode verifikasi melalui pengiriman di ponsel Anda.

Verifikasi ini dilakukan dengan langkah klik “My Account”, pilih “Sign-In & Security” lalu “Signing Into Google”.

Selanjutnya “Password & Sign-In Method”, masuk ke “2-Step Verification” terakhir masukkan nomor telepon dan pilihlah metode verifikasi email.

3. Periksalah riwayat akun

Lakukan dengan mengklik “Last Account Activity” kemudian “Detail”, Anda akan menemukan 10 alamat terakhir yang telah diakses. Lakukan pemeriksaan secara berkala agar akun terlindungi. Aktifkan pula preferensi peringatan untuk keamanan berlipat.

5 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail


4. Incognito Mode

Akses email melalui ponsel kini semakin popular. Namun akses diberbagai layanan umum juga sangat ramai dilakukan. Tidak jarang Anda mengakses melalui computer di perpustakaan, kafe, atau di laptop milik teman.

Segeralah untuk lebih berhati-hati.

Ketika Anda memasukkan akun Gmail di computer umum, potensi untuk diserang oleh hacker atau orang-orang iseng lebih besar. Terkadang hal sepele yang Anda lakukan ini dapat berdampak besar bagi pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Untuk menjaga keamanannya sebaiknya gunakan Incognito Mode pada akun Gmail. Namun juga biasa disebut private mode di peramban lainnya. Penggunaan incognito mode memiliki berbagai alasan, salah satunya adalah Anda akan otomatis keluar ketika jendela privat telah ditutup.

5. Kombinasi kata sandi yang unik

Para pembobol kata sandi dapat dengan mudah melancarkan aksinya bila Anda menggunakan kata sandi yang sangat mudah. Karena kata sandi tersebut akan memiliki banyak celah dan lebih lemah. Penggunaan kata sandi yang lebih panjang memang akan lebih baik. Berilah urutan acak antara huruf besar kecil dan angka. Penggunaan karakter khusus juga akan memberikan perlindungan berlapis.

Demikianlah berbagai cara untuk meningkatkan keamanan akun Gmail yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "5 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail"

Poskan Komentar