5 Kota Di Indonesia Yang Sudah Berusia Ribuan Tahun

Indonesia yang penuh akan nilai sejarah ternyata masih menyimpan banyak rahasia yang jarang diketahui oleh masyarakat. Salah satunya adalah ditemukannya usia beberapa kota di Indonesia yang ternyata telah mencapai ribuan tahun. Hal tersebut tentu diketahui oleh beberapa peninggalan yang bisa dijadikan sebagai bukti. Misalnya, prasasti, maupun beberapa puing-puing yang mungkin telah hancur akibat bencana alam.

Anda akan diajak untuk mengenal beberapa kota yang ternyata telah memiliki usia hingga ribuan tahun. Meskipun sudah tidak terlalu terlihat karena ditumpuk oleh perkembangan era modern, namun beberapa bangunan masih menjadi bukti sejarah yang kuat. Agar tidak penasaran, berikut beberapa ulasan tentang kota tua di Indonesia.

1.Palembang


Ibukota dari Sumatera Selatan tersebut ternyata menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Sebelum muncul Pempek yang terkenal, ternyata Palembang merupakan salah satu kerajaan terbesar yang terkenal dengan angkatan lautnya, yaitu kerajaan Sriwijaya.

Hingga sekarang tercatat bahwa usia kota Palembang telah mencapai 1327 tahun lamanya. Hal tersebut ditemukan atas dasar prasasti Kedukan Bukit. Prasasti tersebut menyatakan bahwa kota tersebut sudah ada pada tanggal 17 Juni 668. Kenyataan tersebut membuat kota Palembang menjadi kota tertua di Indonesia.

2.Malang

Kota Malang merupakan kota yang menjadi persinggahan bagi beberapa kerajaan. Tercatat kerajaan tertua yang pernah menduduki Maang adalah Singosari. Namun, ternyata umur kota Malang sendiri lebih tua dibandingkan kerajaan Singosari. Bukti sejarah melalui prasasti kuno menuliskan bahwa kota Singosari telah ada sejak 28 November 760. Maka dari itu, kota Malang sendiri telah berumur sekitar 1225 tahun.

3.Kediri

Kota Kediri merupakan kota yang menarik perhatian para akademisi tanah air karena terdapatnya kampung Inggris. Tidak hanya itu, ternyata kondisi yang ada di kota Kediri menarik perhatian para peneliti untuk mengukur seberapa tua kota tersebut. Hal ini dikarenakan adanya beberapa bangunan lama yang masih tinggal dan prasasti yang ada di kota tersebut. Peneliti menemukan adanya tulisan di prasasti Harinjing yang tercatat bahwa kota tersebut lahir pada tanggal 25 Maret 804. Maka dari itu, usia kota Kediri telah mencapai 1212 tahun.

4.Magelang


Magelang terkenal dengan keajaiban dunia yaitu bangunan Borobudur. Bangunan dengan corak Hindu tersebut menyiratkan bahwa magelang telah ada sejak lama dan berdiri kokoh. Selain bangunan Borobudur, terdapat beberapa prasasti, yaitu Poh, Gilikan, dan Mantyasih yang menuliskan dengan jelas kapan kota tersebut didirikan, yaitu pada tanggal 11 April 907. Hingga saat ini, Magelang telah memiliki usia 1109 tahun.

5.Purworejo

Kota Purworejo memiliki usia 1115 tahun. Lahir pada tanggal 5 Oktober 901. Kelahiran tersebut ditandai dengan peristiwa pematokan tanah perdikan dan ditulis di atas prasasti Boro tengah atau Kayu Ara Hiwang. Selain itu, terdapat pernyataan yang mengungkapkan bahwa nama kota yang sebelumnya telah berganti nama menjadi kota Bagelen atau sekarang dikenal menjadi Purworejo.

Demikian berbagai kota di Indonesia yang telah berusia ribuan tahun, semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. 

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "5 Kota Di Indonesia Yang Sudah Berusia Ribuan Tahun"

Poskan Komentar