7 Kode Signal Smartphone Yang Memiliki Arti Berbeda

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju seperti sekarang ini membuat seseorang lebih mudah dalam meningkatkan produktivitasnya. Selain itu, kini smartphone sudah semakin canggih dan jaringan yang dapat ditangkap juga semakin mutakhir mulai dari jaringan 2G, 3G, H, H+ hingga 4G dan LTE.

Berbagai jenis jaringan tersebut biasa terdapat di atas signal bar pada ponsel smartphone. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa perbedaan dari masing-masing jaringan tersebut. Perlu diketahui bahwa terdapat 7 Kode Signal Smartphone Yang Memiliki Arti Berbeda. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. 2G
Jaringan 2G pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 yang menyalurkan layanan data seperti SMS dan MMS. Kecepatan transfer dari jaringan 2G tersebut yaitu 50 kbps. Jaringan 2G merupakan jaringan pertama yang berwujud digital.

2. G
Simbol G yang terdapat di atas signal bar smartphone merupakan jenis jaringan GPRS atau General Packet Radio Service. Sejak tahun 2000, jaringan GPRS sudah digunakan secara luas. Secara tidak resmi masyarakat menamai jaringan tersebut dengan 2.5G. GPRS menjadi jaringan pertama yang selalu menyala dari generasi mutakhir jaringan. GPRS dapat mengirim data dengan kecepatan maksimal 114 kbps.



3. E
Smartphone dengan jaringan E atau EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) mulai dipakai secara luas pada tahun 2003. Kecepatan transfer data dari jaringan E adalah 217 kbps. Sebagian besar negara di dunia masih menggunakan jaringan E, yaitu mencakup 604 jaringan EDGE di 213 negara. Jaringan E juga dikenal dengan nama 2.75G.

4. 3G
Negara Jepang merupakan negara pertama yang mengimplementasikan jaringan 3G, yakni pada tahun 2001. Jaringan 3G telah mampu mendukung aktivitas mobile internet browsing seperti saat ini. Teknologi dasar yang digunakan jaringan 3G adalah UMTS atau Universal Mobile Telecommunication Service dengan kecepatan maksimalnya mencapai 384 kbps.

5. H
Jaringan H atau HSPA (High Speed Packet Access) memakai teknologi yang sama persis dengan 3G. kecepatan transfer datanya mencapai 7.2 Mbps.

6. H+
Terdapat lima generasi dari jaringan H+ atau HSPA+ (Evolved High Speed Packet Access), yaitu 14.4 Mbps, 21.1 Mbps, 42.2 Mbps, 84.4 Mbps, dan 168.8 Mbps.

7. 4G
Sekarang ini jaringan 4G menjadi jaringan yang memiliki kecepatan transfer data tercepat. Sebelum menyebar ke seluruh dunia, jaringan ini pertama kali digunakan di Stockholm dan Oslo pada tahun 2009.

Itulah 7 Kode Signal Smartphone Yang Memiliki Arti Berbeda. Kode-kode signal tersebut menunjukkan bahwa teknologi jaringan telah mengalami banyak perubahan ke arah yang lebih baik dan berkembang dengan cukup pesat. Semoga informasi yang telah dibahas dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "7 Kode Signal Smartphone Yang Memiliki Arti Berbeda"

Poskan Komentar