8 Keistimewaan Hari Jumat Bagi Umat Islam


Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat" (Riwayat Muslim)

Allah SWT mengkhususkan hari Jumat, hanya bagi kaum muslimin dari seluruh kaum dari umat-umat terdahulu. Di dalamnya ada banyak rahasia dan keutamaan yang datangnya langsung dari Allah SWT.

8 Keistimewaan Hari Jumat Bagi Umat Islam

8 Keistimewaan Hari Jumat Bagi Umat Islam

1. Hari yang paling baik

Hari Jumat adalah hari yang paling baik di antara hari lainnya. Seperti yang disebutkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam,

”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

Begitu baiknya hari Jumat, bila meninggal di hari Jumat, menjadi pertanda bahwa manusia tersebut meninggal dengan husnul khotimah.

2. Hari untuk beribadah sholat Jumat

Untuk kaum muslimin, hari Jumat menjadi hari untuk beribadah sholat Jumat. Siapapun yang melangkah untuk sholat Jumat, nanti akan diganjar pahala dan puasa sholat setahun. Hal ini seperti yang disampaikan dalam sebuah hadist,

”Barangsiapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jum’at, lalu ia bersegera dan bergegas (untuk sholat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, maka baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan sholat setahun, dan yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Allah.” (HR Ahmad dan Ashhabus Sunnan, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).

3. Hari di mana doa dikabulkan

Berdoalah pada hari Jumat, karena merupakan salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Di mana doa kita akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” (Muttafaqun Alaih)

4. Hari terbaik untuk bersedekah

Jumat sedekah, Jumat barokah. Bersedekahlah di hari Jumat. Bila kita beramal pada hari Jumat, sama seperti beramal saat bulan Ramadhan. Meski demikian, tetap lakukan sedekah dengan ikhlas dan tulus pada saudara kita yang membutuhkan. Amal dan sedekah tidak hanya materi. Tersenyum dan melakukan perbuatan baik lainnya juga merupakan sedekah.

5. Hari penghapusan dosa

Hari Jumat merupakan hari di mana banyak dosa akan diampuni. Hal ini pun menjadi salah satu manfaat dari sholat Jumat yang didirikan. Seperti yang disampaikan dalam sebuah hadist, 

”Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya.” (HR Bukhari).

6. Hari Pembeda antara Islam dan Non-Muslim

Hari Jumat adalah hari istimewa bagi kaum Muslim. Selain itu diberikan Nabi untuk membedakan antara harinya orang Yahudi dan orang Nasrani. Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda: 

“Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” (HR. Muslim)

7. Hari Allah SWT menampakkan diri

Dalam sebuah riwayat disebutkan, pada hari Jumat Allah SWT menampakkan diri kepada hamba-hamba-Nya yang beriman di Surga. Dari Anas bin Malik dalam mengomentari ayat:

“Dan Kami memiliki pertambahannya” (QS.50:35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumat.”

8. Dalam “al-Musnad” dari hadits Abu Lubabah bin Abdul Munzir, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, beliau bersabda:

“Penghulunya hari adalah hari Jumat, ia adalah hari yang paling utama di sisi Allah Subhanahu Wata’ala, lebih agung di sisi Allah Subhanahu Wata’ala dari pada hari Idul Fitri dan Idul Adha. Pada hari Jumat tersebut terdapat lima keistimewaan: Hari itu, bapak semua umat manusia, Nabi Adam ‘Alaihissalam diciptakan, diturunkan ke dunia, dan wafat. Hari kiamat tak akan terjadi kecuali hari Jum’at.

Demikianlah 8 Keistimewaan Hari Jumat Bagi Umat Islam. Karena itu, Rasulullah SWT sangat memuliakan, menghormati, dan mengkhususkan hari Jumat untuk beribadah dibandingkan hari-hari lainnya.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "8 Keistimewaan Hari Jumat Bagi Umat Islam"

Poskan Komentar