Ini Keuntungan Yang Diperoleh Google dari Android

Kehadiran Android sejak tahun 2008 menarik perhatian banyak pihak. Hal ini dikarenakan fitur Android yang berbeda 180o dari Java, OS Android yang ramai digunakan era Symbian. Melalui Android, pengguna bisa mengutak-atik tampilan sesuai yang diharapkan dan selera. Terlebih lagi, koneksi internet sangat efektif karena memberikan kecepatan dan kenyamanan untuk menjelajah layaknya di sebuah PC.

Tidak hanya dari segi fitur, akhir-akhir ini, sejumlah situs memberikan gambaran yang jelas tentang keuntungan yang dimiliki oleh Google atas Android yang mereka buat. Hal ini pertama kali diungkapkan oleh Oracle, perusahaan pengembang Java. Melalui pengacaranya, Oracle menyebutkan bahwa Google bersalah karena tidak membayar satu persen pun kepada Oracle, tetapi telah meraih keuntungan hingga 428 miliar rupiah atas ciptaan Android yang dibangun berdasarkan aplikasi Java.

Pendapatan Google tidak hanya serta merta atas Android yang berhasil diciptakan. Lebih jauh lagi, Android yang bisa berkembang berakibat membawa keuntungan yang lebih besar untuk Google. Berikut adalah beberapa sumber penghasilan yang dimiliki oleh Google dari pengembangan Android milik mereka.

1. Iklan
Google terkenal dengan fasilitas "ads" nya. Prinsip kerjanya sama seperti "Google Adsense", tetapi hanya berbeda wadah, yaitu terdapat dalam aplikasi. Tidak hanya aplikasi berbasis online, tetapi aplikasi ynag tidak memerlukan koneksi juga menguntungkan asalkan memiliki iklan di dalamnya.

2. Pasar Google Play
Bila era Symbian, Anda akan berusaha mengunduh aplikasi dari berbagai situs, misalnya waptrick. Tidak demikian, bila di Android, ada aplikasi yang memiliki fungsi sama tetapi lebih mudah dinamakan Google Play Store. Layaknya sebuah monopoli, bursa aplikasi ini pasti digunakan oleh semua pengguna untuk mengunduh aplikasi yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, Google dikenal sebagai vendor yang sangat welcome dengan berbagai developer aplikasi. Hal tersebut juga yang menjadi penghasilan atas aplikasi di Google Play.



3. Update versi
Google memiliki strategi pasar yang cukup unik. Mereka sering melakukan update versi. Jika dihitung sudah ada 11 versi Android mulai dari Cupcake hingga Marshmallow. Meski menyediakan fitur update, tetapi tidak semua update bisa dirasakan oleh setiap HP. Jika Anda ingin merasakan update dari Ginger ke Marshmallow misalnya, tidak bisa. Anda diwajibkan untuk membeli HP yang baru. Hal tersebut membuat Google memiliki perputaran uang yang cukup cepat.

4. Android One
Selain Android yang tersedia di pasaran, Google juga menyediakan Android One dengan fitur yang berbeda dari Android pada umumnya. Pada hal tersebut, penggunanya akan dimanjakan oleh update terbaru dari Google, yang tidak disediakan oleh OS Android lainnya. Karena fiturnya yang unik, maka banyak yang tertarik untuk membeli sehingga meningkatkan pendapatan Google.

Demikianlah berbagai keuntungan yang diperoleh Google dari Android semoga bermanfaat. Terima kasih. 

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ini Keuntungan Yang Diperoleh Google dari Android"

Poskan Komentar