Inilah 6 Hormon Penyebab Wanita Menjadi Gemuk


Menjadi gemuk adalah hal yang paling tidak disukai wanita. Memiliki bentuk tubuh indah dan proposional adalah idaman para wanita.

Melakukan olah raga rutin, serta aneka diet dilakukan wanita untuk menjaga bentuk tubuhnya.

Gemuk ternyata tidak hanya disebabkan oleh pola makan saja, tetapi juga disebabkan oleh hormon yang ada pada wanita.

Hormon adalah salah satu senyawa penting yang dibutuhkan tubuh, mengatur suasana hati, menstruasi, kehamilan, menopause dan bahkan keinginan makan. Banyak wanita mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan karena adanya hormon ini.

Inilah 6 Hormon Penyebab Wanita Menjadi Gemuk

Berikut ini hormon yang berpotensi menggemukkan berat badan wanita:

1. Hormon Kortisol

Ketika seorang wanita tertekan dan kadar stresnya tinggi, maka kadar hormon ini juga meningkat, yang mana seringkali ditandai dengan meningkatnya nafsu makan. Jadi ketika kamu mengalami stres agar pelampiasan tidak lari ke makanan, kamu bisa berjalan kaki dan rilekskan pikiran.

2. Hormon Testosteron

Beberapa wanita yang mengalami Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) atau gangguan reproduksi yang menyebabkan tingginya produksi hormon testosteron di tubuh, akan menimbulkan kecenderungan tubuh wanita jadi gemuk, tumbuhnya rambut di wajah, dan lain sebagainya.

3. Hormon Estrogen

Hormon estrogen akan menurun ketika wanita memasuki menopause, dan hal ini menyebabkan wanita mengalami kenaikan berat badan, terutama di bagian perut. Biasanya terjadi pada wanita yang sudah berumur 50 tahun-an.

4. Hormon Insulin

Hormon yang dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah ini juga bisa jadi penyebab kegemukan, karena insulin berfungsi memproses gula dan karbohidrat dari makanan sehingga bisa digunakan lebih baik. Ketika insulin tidak bisa melaksanakan tugasnya, maka gula dan karbohidrat akan ditumpuk jadi lemak.

5. Hormon Progesteron

Sama halnya seperti estrogen, hormon progesteron ini juga berpengaruh menggemukkan badan saat wanita menopause. Ketika kadar progesteron turun, tubuh wanita lebih rentan menumpuk lemak dan air sehingga terlihat gemuk.

6. Hormon Tiroid

Jika kamu mengalami hypothyroidism atau suatu gangguan pada kelenjar tiroid, maka potensi gemuk akan lebih besar. Melakukan diet bermacam-macam tidak akan berhasil. Kamu juga akan merasa cepat lelah, kulit kering, dan sering mengalami konstipasi.

Nah, itu tadi 6 Hormon Penyebab Wanita Menjadi Gemuk. Bukan berarti kamu tidak bisa langsing lo? Jika kamu selalu menerapkan hidup sehat, rajin olahraga, dan menjaga pola makan yang sehat, bentuk tubuh indah dan proposional pasti bisa kamu dapatkan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 6 Hormon Penyebab Wanita Menjadi Gemuk"

Poskan Komentar