Inilah Alasan Kenapa Seseorang Bisa Menangis Ketika Membaca Al Qur'an


Kamu pasti pernah merasa takjub, heran, atau bahkan ikut menangis ketika mendengar beberapa imam di negeri Arab yang menangis di saat membaca ayat-ayat Al-Qur`an. Padahal kita sendiri mungkin belum pernah mengalaminya saat membaca Al Qur'an.

Sesungguhnya tangis itu adalah teguran yang mengandung kasih sayang. Di dalamnya terdapat anjuran dan ajakan untuk merasakan keagungan Allah SWT, khusyuk lantaran dzikir kepada-Nya, dan menerima kebenaran yang turun, sesuai dengan yang pantas bagi keagungan Allah SWT seperti rasa takut, patuh, dan berserah diri.

Allah SWT berfirman:

"Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada mereka), dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang fasik" (QS. Al-Hadiid: 16).


Inilah Alasan Kenapa Seseorang Bisa Menangis Ketika Membaca Al Qur'an

Tangis yang terkadang datang ketika mendengarkan atau membaca Al-Qur`an, atau ketika berdzikir kepada Allah SWT memiliki beberapa sebab, di antaranya adalah seperti berikut ini:

1. Ketika mendengarkan Al-Qur`an dan berdzikir, seseorang melihat satu tingkatan yang tidak dia miliki yang membuatnya tenteram, sehingga dia pun menangis. Itulah tangisan kerinduan.

2. Seseorang melihat satu dosa yang dia perbuat, sehingga dia pun menangis. Itulah tangisan rasa takut.

3. Seseorang melihat kekurangan di dalam amal perbuatan yang tidak mampu dia lawan, sehingga dia pun menangis. Itulah tangisan kesedihan.

4. Seseorang melihat kesempurnaan sesuatu yang dia cintai, namun dia dapatkan jalan untuk sampai kepadanya tertutup, sehingga dia pun menangis dengan tangisan penyesalan.

5. Seseorang mengingat kesempurnaan sesuatu yang dia cintai, dan dia mendapatkan jalan untuk sampai kepadanya terbuka, sehingga dia pun menangis dengan tangisan kegembiraan dan kebahagiaan.

6. Seseorang mengingat kemuliaan, keindahan, kebaikan, dan kedermawanan Tuhannya. Seseorang melihat bahwa seluruh makhluk berada di bawah kekuasaan Allah SWT, dan mengharapkan karunia dan kebaikan-Nya, sehingga dia pun menangis karena melihat kesempurnaan keagungan Allah SWT, serta kebaikan Allah SWT terhadap hamba-Nya.

Al Qur'an berisi perkataan Allah SWT, ayat-ayat yang jelas untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Allah SWT memperlihatkan tanda-tanda kekuasaan-Nya, yang terdapat pada para makhluk dan alam semesta, agar dilihat dan diperhatikan.

Demikianlah kenapa seseorang bisa menangis ketika membaca Al Qur'an. Itu adalah teguran tegas dari Allah SWT, Dzat yang Maha Mulia lagi Maha Penyayang. Sambutan hati Allah SWT yang telah melimpahkan karunia kepada kita makhluk-Nya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah Alasan Kenapa Seseorang Bisa Menangis Ketika Membaca Al Qur'an"

Poskan Komentar