Mengenal 6 Jenis Sabun dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Sabun adalah senyawa natrium atau kalium dengan asam lemak dari minyak nabati atau hewani yang berbentuk padat, lunak atau cair, berbusa, digunakan sebagai pembersih, dengan menambahkan zat pewangi, dan bahan lainnya yang tidak membahayakan kesehatan.

Sabun merupakan campuran garam natrium atau kalium dari asam lemak, yang dapat diturunkan dari minyak atau lemak dengan direaksikan dengan alkali (seperti natrium atau kalium hidroksida), pada suhu 80–100 °C melalui suatu proses yang dikenal dengan saponifikasi.

Lemak akan terhidrolisis oleh basa, menghasilkan gliserol dan sabun mentah. Secara tradisional, alkali yang digunakan adalah kalium yang dihasilkan dari pembakaran tumbuhan, atau dari arang kayu. Sabun juga dapat dibuat dari minyak tumbuhan, seperti minyak zaitun.

Sama seperti perawatan kulit wajah, perawatan kulit tubuh kini semakin beragam. Ada 6 jenis sabun yang perlu kamu ketahui, agar kamu tidak salah pilih dan tahu manfaatnya bagi tubuh, serta menggunakannya sesuai kebutuhan kulit kamu.

Mengenal 6 Jenis Sabun dan Manfaatnya Bagi Tubuh

1. Sabun Batang

Sabun batang mengandung sodium hydroxide yang diperlukan untuk mengubah lemak nabati atau hewani cair menjadi sabun keras. Kandungan ini bisa membuat kulit menjadi kering. Jika kamu memakai sabun batang, maka pastikan ada kandungan pelembap tambahan di dalamnya, seperti minyak esensial atau madu.

Sabun jenis ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Ada sabun batang dengan tambahan pewangi alami, sabun batang dengan fungsi anti bakteri, sabun batang dengan scrub yang bisa digunakan untuk eksfoliasi, sabun batang anti jerawat, sabun batang dengan pemutih, dan sebagainya.

2. Sabun Cair

Orang yang menggunakan sabun cair, biasanya dengan alasan karena sabun cair lebih praktis dan higienis. Sama halnya seperti sabun batang, sabun cair juga memiliki berbagai variasi. Tetapi, jika kamu menggunakan sabun cair bersama shower foam, sikat, loofah, atau spons untuk mandi, maka pastikan alat-alat ini terjaga kehigienisannya. Tubuh kita sudah bersih, namun kalau peralatan mandinya menyimpan bakteri dan kuman, maka itu tidak baik bagi tubuh.

3. Shower Gel

Shower gel adalah salah satu variasi dari sabun cair. Dengan tekstur gel, sabun ini tidak seringan sabun cair. Shower gel juga tidak kental dan tidak lengket. Shower gel saat ini semakin banyak beredar dipasaran, karena menjadikan kulit lebih lembut setelah mandi, dan tidak membuat kulit kering. Shower gel terkadang juga dikemas multifungsi, sehingga bisa digunakan juga sebagai shampo.

4. Shower Oil

Shower oil adalah sabun dengan kadar minyak yang lebih banyak. Shower oil tergolong lebih kental karena kandungan minyaknya. Biasanya, sabun jenis ini memiliki tingkat pH yang netral sehingga aman digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Shower oil baik dipakai untuk pemilik kulit kering dan kasar.

5. Shower Cream

Jenis sabun yang satu ini mirip dengan sabun cair pada umumnya. Perbedaannya terletak pada teksturnya yang berupa krim. Shower cream biasanya bebas deterjen dan diperkaya dengan pelembab. Untuk memaksimalkan efeknya, gunakan shower cream dengan gerakan memijat. Setelah dibilas, sabun ini tidak meninggalkan rasa kesat pada kulit. Sabun jenis ini bagus digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sangat kering.

6. Body Scrub

Body scrub berguna untuk membersihkan tubuh, sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Body scrub juga bisa digunakan langsung sebagai pembersih tubuh, tanpa perlu scrubbing, menunggu hingga kering, baru mandi. Gunakan body scrub dengan gerakan melingkar sambil memijat tubuh dengan lembut, untuk membantu melancarkan peredaran darah. Pembersih tubuh ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Nah, itu tadi 6 Jenis Sabun dan Manfaatnya Bagi Tubuh. Setelah mengetahui berbagai jenis sabun, kamu bisa memilih jenis sabun yang tepat untuk jenis atau kebutuhan kulit kamu.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mengenal 6 Jenis Sabun dan Manfaatnya Bagi Tubuh"

Poskan Komentar