Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur


Nasi pecel merupakan salah satu kuliner daerah yang terkenal di Indonesia. Nasi pecel adalah makanan perpaduan antara nasi, sayur rebus, dan bumbu kacang. Asal mula pecel berasal dari daerah jawa timur.

Nama pecel dalam bahasa jawa artinya adalah tumbukan, seperti yang bisa kita lihat bumbu kacang yang di ulek atau di tumbuk itu menjadi ciri khas dari pecel. Rasa dari bumbu kacang tersebut yang memberikan rasa nikmat pada nasi pecel.

Pecel adalah makanan yang terdiri dari sayur yang direbus, dan lauk pauk dengan siraman bumbu sambal kacang. Sayuran yang gunakan antara lain adalah kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel, biasa disebut sambal pecel. Sambal pecel terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek.

Di Indonesia, kuliner ini menyebar di beberapa daerah, khususnya di pulau jawa. Banyak variasi pecel yang ada, dengan penyajiannya yang berbeda, lauk pauknya, dan rasa yang berbeda, namun masih menggunakan ciri khasnya yaitu bumbu kacang dan sayur-sayuran.

Perlu kita ketahui, bahwa beberapa daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan pecelnya, juga memiliki ciri khas masing-masing. Ada enam daerah di Jawa Timur yang dikenal dengan nasi pecelnya yang super lezat.

Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur

1. Nasi pecel Nganjuk

Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Nasi pecel dari kota Nganjuk Jawa Timur ini juga sedikit unik. Salah satu yang terkenal adalah nasi pecel Bledek Nganjuk. Sesuai dengan namanya yaitu bledek yang berarti menggelegar seperti petir,
pecel ini merupakan pecel yang pedas sehingga terasa menggelegar di lidah.

2. Nasi pecel pincuk Madiun

Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Seperti namanya, nasi pecel ini merupakan pecel ciri khas dari kota Madiun Jawa Timur. Pecel ini biasanya di sajikan dengan daun pisang yang di buat pincuk. Pecel ini menggunakan campuran daun pepaya serta berbagai sayuran rebus, petai cina, dan di taburi serundeng kelapa dan kacang goreng. Aneka lauk sebagai pelengkap seperti rempeyek, tahu dan tempe goreng, telur asin, hati ampela, dan lauk pauk lainnya.

3. Nasi pecel Malang

Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Nasi pecel ini merupakan pecel khas dari kota Malang Jawa Timur. Yang membedakan pecel ini dengan pecel lainnya adalah, bumbu kacangnya yang memiliki cita rasa yang kuat. Bumbu kacangnya memiliki tekstur yang sedikit kasar, sehingga memiliki sensasi kriuk pada bumbu kacangnya.

4. Nasi pecel Tulungagung

Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Nasi pecel dari kota Tulungagung Jawa Timur ini, sama dengan pecel lainnya dengan bumbu khas yang manis dan pedas. Namun yang membedakan adalah sajian lauk pauknya. Tidak seperti pecel lainnya dengan lauk pauk yang berbagai macam, pecel tulung agung ini tidak menyajikan lauk pauk seperti ayam, telur dan lain lain. Namun hanya dengan tempe, rempeyek, dan kripik singkong.

5. Nasi pecel tumpang Kediri

Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Pecel ini merupakan pecel khas dari kota Kediri Jawa Timur. Yang membedakan dengan pecel lainnya adalah, dengan penyajian sambal tumpang yang membuat tampilannya menarik. Selain itu, cita rasa bumbunya yang khas akan menambah kenikmatan pada nasi pecel satu ini. Sambal tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe busuk. Tapi soal rasa, dijamin enak sekali.

6. Nasi pecel Blitar

Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Nasi pecel dari kota Blitar Jawa Timur ini sedikit unik. Selain dengan bumbu yang khas, pecel ini biasa di sajikan dengan serundeng atau rawon. Bisa dibayangkan, bagaimana rasanya makan rawon dengan pecel? Kamu harus coba sendiri rasanya.

7. Nasi tumpang pecel Kertosono

Nasi pecel ini adalah khas kuliner kota Kertosono Jawa Timur. Nasi tumpang adalah nasi yang menggunakan kuah berupa sambal tumpang dengan aneka sayuran dan aneka lauk pauk. Sambal tumpang sendiri merupakan sambal yang dibuat dengan bahan baku tempe yang sudah busuk, dan dimasak dengan aneka rempah-rempah.

Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Cara penyajiannya sama persis dengan nasi pecel lainnya, yaitu nasi, sayuran, sambal tumpang, dan terakhir pecel. Agar lebih nikmat, nasi tumpang pecel selalu ditemani oleh peyek renyah atau kerupuk bandung, dan aneka lauk seperti tempe, tahu, sate, telur, dan sebagainya.

Nah, itu tadi 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur. Terlihat jelas perbedaan nasi pecel dari berbagai daerah. Rasa yang berbeda dan cara penyajianya yang berbeda. Jika kamu yang belum pernah mencoba, ada baiknya kamu mencoba aneka jenis nasi pecel ini. Agar kita bisa mengerti tentang kekayaan kuliner negeri ini, dan bangga akan kuliner nusantara.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mengenal 7 Nasi Pecel Khas Jawa Timur"

Poskan Komentar