Penampakan Asli Rumah Pada Uang 10 Ribu Rupiah

Uang berbentuk kertas tidak hanya dapat dibedakan oleh nominalnya. Anda bisa menemukan tampilan dan warna yang berbeda menjadi ciri khusus seseorang bisa membedakan sebuah uang kertas. Bayangkan apabila semua uang memiliki warna dan gambar sama, mungkin Anda akan mengalami kerugian karena salah memberikan uang. Salah satunya pada penampakan Asli Rumah Pada Uang 10 Ribu Rupiah.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah gambar apa saja yang terdapat di setiap uang kertas. Salah satunya adalah mata uang kertas nominal Rp.10.000,- seperti gambar di atas. Rupanya, rumah yang menjadi maskot bagi uang 10 ribu merupakan fakta, bahkan telah berusia ratusan tahun dan dijaga sebagai sebuah peninggalan budaya bangsa.

Namanya adalah Rumah Limas, yang dibangun sekitar tahun 1830. Rumah ini adalah ciri khas dari kebudayaan kota Palembang pada saat itu. Keberadaan rumah yang memiliki corak tersebut sudah tidak lagi digunakan karena perkembangan jaman dan masuknya budaya barat di Palembang. Sekarang, Rumah Limas telah dilindungi ke dalam Museum Balaputera Dewa Palembang.


Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama, pastikan bahwa Anda harus melapor dahulu kepada petugas. Hal tersebut digunakan agar petugas dapat mengawal Anda memasuki Rumah Limas. Kedua, Musem ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin. Ketiga, waktu kunjungan adalah pukul 08.00- 14.00 WIB.

Musem yang berlokasi di Jl. Srijaya I No. 288, km 5,5 Palembang memiliki beberapa nilai sejarah. Pada awalnya rumah ini dimiliki oleh Pangeran Syarif Abdurrahman Al-Habsi, yang kemudian memindahkan dan menjualnya kepada Pangeran Batun. Setelah itu, Pangeran Batun menjualnya kepada Pangeran Punto dan memindahkan rumah tersebut ke Pemulutan.

Sempat memindahkan rumah tersebut ke Talang Pangeran, akhirnya rumah tersebut jatuh ke tangan Belanda. Hal tersebut karena keinginan Pangeran Punto untuk menjualnya. Akhirnya pada tahun 1932, rumah tersebut menjadi milik Belanda dan dipindahkan ke belakang kantor Walikota Palembang sekarang.

Rumah Limas menjadi sebuah museum pada tanggal 22 April 1933 yang diberi nama Museum Rumah Bari. Baru pada tahun 1985, Musem tersebut dipindahkan dan menjadi salah satu koleksi budaya di Museum Balaputra Dewa. Hingga sekarang, baik masyarakat maupun pemerintah tetap berupaya untuk selalu menjaga kebersihan dan kekokohan bangunan tersebut.

Rumah limas merupakan salah satu peninggalan yang wajib dilestarikan. Penting bagi pemerintah untuk terus berupaya menggunakan sarana-sarana unik agar bisa tetap menjaga benda yang memiliki nilai budaya. Ke depannya, memasukkan gambar bersejarah ke dalam mata uang, bisa menjadi alternatif yang baik. Hal tersebut dikarenakan setiap orang pasti akan melihat gambar tersebut dan secara tidak langsung akan membawa keingintahuan dan sikap mau menjaga kelestarian bangunan tersebut. Semoga Penampakan Asli Rumah Pada Uang 10 Ribu Rupiah

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Penampakan Asli Rumah Pada Uang 10 Ribu Rupiah"

Poskan Komentar