Tips Aman Internetan Menggunakan Wifi

Kebutuhan jaringan internet memang sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Hampir di semua sudut tempat telah dilengkapi jaringan internet nirkabel atau lebih familiar disebut sebagai WiFi. Berbagai tempat umum juga telah dilengkapi dengan akses internet yang mudah, cepat, dan gratis. Seperti di café-café, restoran, hotel, bahkan jalan raya. Beberapa tempat juga memberikan layanan kemudahan seperti tidak memberikan password pada jaringan WiFi gratis tersebut. Namun apakah anda sudah menerapkan tips aman internetan menggunakan wifi agar terhindar dari virus dan hacker?.

Ada baiknya bila Anda waspada dalam penggunaan jaringan internet gratis tersebut. Jangan terlena dengan kemudahan dan kemurahannya. Saat ini aktivitas dari para hacker telah merajalela, salah satunya dengan menggunakan jaringan WiFi palsu. Ketidakhati-hatian Anda dapat menyebabkan login kredensial tercuri oleh hacker. Sebelum menggunakan jaringan WiFI, ada baiknya Anda melakukan pengecekan melalui beberapa cara dibawah ini.

1. Hindari menggunakan WIFi yang tidak berpassword
Hacker biasanya menggunakan iming-iming WiFi tanpa password untuk menjebak Anda. maka dari itulah ada baiknya Anda lebih berhati-hati dalam menggunakan layanan internet nirkabel tersebut.

2. Matikan WiFi ketika tidak menggunakannya
Cara ini selain baik untuk keamanan, juga akan menghemat daya baterai pada telepon genggam Anda. Jangan lupa untuk mematikan konektifitas otomatis pada WiFi di handphone Anda. Manfaat lainnya adalah akan menghindarkan Anda dari metode pelacakkan oleh berbagai organisasi yang dapat mengancam keselamatan.



3. Batasi kebutuhan
Usahakan untuk tidak menggunakan layanan gratis WiFi untuk mengakses situs penting seperti akun perbankan.

4. Bagi Anda pengguna Google Chrome, Firefox dan Opera lebih baik untuk mengunduh plugin yang khusus untuk internet. Hal ini akan mengamankan Anda dari hacker-hacker. 

5. Gunakan VPN
Virtual Private Network atau VPN dapat dijadikan pilihan yang aman untuk melindungi data Anda. layanan dari VPN dapat mengeksripsi berbagai data yang Anda kirim. Umumnya koneksi dari VPN adalah berbayar namun saat ini dapat dicari versi gratis. Salah satu contohnya adalah ProXPN, Cyber Ghost, HotSpot Shield, dan Your Freedom.  Penyedia layanan VPN biasanya memberikan standar gratis salah satunya dari segi batas kecepatan.

6. Hanya HTTPS
Situs ini terbilang cukup aman untuk mengakses Google, Wikipedia, dan Facebook. Gunakan pula pengaturan khusus untuk menunjang aktifitas Anda.

7. Unduh aplikasi keamanan
Terakhir, Anda dapat mengunduh berbagai layanan keamanan yang terjamin. Salah satu layanan tersebut adalah Kaspersky Internet Security. Layanan ini akan mengingatkan Anda ketika secara otomatis terhubung dengan jaringan WiFi yang tidak aman. Selain itu, Kaspersky Internet Security juga dapat mencegah kebocoran password di telepon genggam Anda.

Melalui ketujuh Tips Aman Internetan Menggunakan Wifi, semoga Anda akan lebih aman dan nyaman dalam menggunakan layanan internet gratis. Tidak perlu khawatir dengan ancaman hacker.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Aman Internetan Menggunakan Wifi"

Poskan Komentar