Tips Mempercepat Android Dengan Menghemat RAM

Salah satu penyebab lambatnya kinerja sebuah ponsel Android adalah kapasitas RAM atau Random Access Memory yang sudah terlalu penuh. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu RAM, RAM merupakan tipe penyimpanan komputer dimana isi data di dalamnya bisa diakses dalam waktu yang tetap tanpa peduli letak data tersebut dalam memori. RAM sangat berbeda dengan alat memori urut seperti tape magnetik, disk, atau drum yang mengharuskan komputer mengakses simpanan data secara berurutan. Bahkan RAM bisa juga dilakukan penghematan untuk mempercepat Android.

Jika Android Anda memiliki RAM dengan ruang kapasitas yang besar maka Anda akan bisa melakukan banyak multitasking pada Android Anda. Akan tetapi yang menjadi permasalahan yaitu RAM tersebut tidak selalu dalam keadaan kosong sempurna, sementara aplikasi yang terdapat di dalam Android Anda tidak selalu berhenti bekerja walaupun tidak sedang digunakan. Hal itulah yang seringnya menyebabkan Android Anda menjadi lambat, lag, dan crash. Untuk itu, Anda harus mengurangi atau menghemat pemakaian RAM guna mempercepat kinerja ponsel Android Anda.



Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat kinerja ponsel Android Anda dengan menghemat pemakaian RAM. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Batasi Penggunaan Widget dan Live Wallpapers
Fitur atau aplikasi pada Android yang membuat kapasitas RAM cepat penuh dan memberatkan kinerja Android di antaranya yaitu widget dan live wallpapers. Selain itu, refresh otomatis dari widget akan memakan bandwidth dan menyebabkan baterai Android Anda cepat habis. Karena itulah Anda harus membatasi penggunaan widget dan live wallpapers pada Android Anda agar Android tidak lambat saat digunakan sekaligus menghemat baterai Android.

Nonaktifkan atau Disable Aplikasi
Walaupun tidak sedang digunakan, terdapat beberapa aplikasi yang menghabiskan atau memenuhi kapasitas RAM. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengatur aplikasi yang seharusnya dan tidak seharusnya otomatis bekerja pada background ponsel Android Anda atau dengan kata lain men-disable beberapa aplikasi. Cara untuk men-disable aplikasi pada Android yaitu masuk ke Settings > Apps > cari aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, kemudian tap dan pilih disable.

Nonaktifkan atau Disable Animasi
Animasi juga merupakan fitur yang banyak memakan RAM pada ponsel Android Anda. Maka dari itu Anda perlu mengatur fitur animasi tersebut pada pilihan Developer Options di menu Settings. Cara mengaktifkannya yaitu dengan masuk ke menu Settings > Developer Options > Drawing > Turn Off di semua pilihan.

Itulah beberapa Mempercepat Android Dengan Menghemat RAM ponsel Anda dengan menghemat penggunaan RAM. Jika ponsel Android Anda mengalami lag atau lambat saat digunakan, segeralah untuk menerapkan tips tersebut. Semoga informasi yang telah dibahas dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Mempercepat Android Dengan Menghemat RAM"

Poskan Komentar