Tips Menjadi Istri Sholeha Sesuai Ajaran Islam


Istri sholeha adalah gelar yang diberikan kepada wanita kekasih Allah SWT. Gelar itu bukan sekadar nama dan kebanggaan, tetapi adalah buah dari satu perjuangan panjang dalam kehidupan seorang wanita.

Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baik wanita ialah Maryam binti Imran dan sebaik-baik wanita ialah Khadijah binti Khuwailid" (HR.Bukhari Muslim).

"Lelaki yang sempurna banyak, tetapi tidak demikian halnya bagi wanita kecuali Asiah istri Fir’aun dan Maryam binti Imran. Dan sesungguhnya keutamaan Aisyah atas wanita lainnya seperti keutamaan tsarid (lauk yang berminyak) atas makanan lainnya" (HR.Bukhari).

"Fatimah adalah pemimpin wanita ahli surga" (HR.Bukhari).

Kesemua wanita yang disebut di dalam hadits di atas, adalah wanita-wanita yang perjalanan hidupnya penuh dengan ujian dan tantangan, baik dalam urusan keluarga, masyarakat, dan musuh-musuh Allah SWT dan Rasul-Nya. Mereka tidak bergeming dari keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT.

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)" (Qs.An Nisaa’ 4:34).

Dari ayat diatas bisa dilihat, bahwa ciri istri sholeha antara lain adalah taat, yaitu taat kepada Allah SWT, kepada Rasul-Nya, dan taat kepada suami. Selain itu dia betah tinggal di rumah, bersikap ma’ruf kepada suami, dan menjaga kehormatan diri di saat suaminya tidak ada di rumah.

Istri sholeha ialah wanita yang menjaga harta dan kehormatan dirinya ketika suaminya tidak di rumah, sebagaimana Allah SWT telah menjaga mereka. Sebab seorang wanita yang sholeha akan selalu mendapat pengawasan dari Allah SWT, dan ketakwaan yang mereka miliki menyebabkan mereka menjadi wanita yang terpelihara dari sifat khianat dan mampu menjaga amanat.

Tips Menjadi Istri Sholeha Sesuai Ajaran Islam


1. Taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya

Allah SWT berfirman:|

(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barang-siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam surga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar. (Qs.An Nisaa’, 4:13).

"Dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang shalih. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya" (Qs.An Nisaa’, 4: 69).

Demikian pula seorang wanita atau isteri, dia akan masuk surga dengan menaati Allah SWT dan Rasul-Nya dengan sebenar-benarnya.

2. Taat kepada suami

Ketaatan kepada suaminya merupakan pintu keselamatan baginya untuk meraih kenikmatan yang kekal dan abadi di surga. 

Rasulullah SAW bersabda:

"Jika seorang isteri itu telah menunaikan shalat lima waktu, dan shaum (puasa) di bulan Ramadhan, dan menjaga kemaluannya dari yang haram serta taat kepada suaminya, maka akan dipersilakan: masuklah ke surga dari pintu mana saja kamu suka" (HR. Ahmad).

3. Melayani suami

Ada isteri yang sangat taat kepada suaminya, tetapi kurang pandai melayani suami dengan sebaik-baiknya. Maka jika ada istri yang taat kepada suami dan juga pandai melayaninya, hal itu merupakan kemuliaan tersendiri yang mengangkat derajatnya meraih keselamatan di dunia dan akhirat.

Ummu Salamah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: 

"Tiap-tiap isteri yang mati diridhai oleh suaminya, maka ia akan masuk surga" (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4. Menjaga kehormatan diri

Ini adalah kunci dari kesolehan seorang isteri yang berada di bawah pengawasan suaminya yang sholeh. Lelaki yang memiliki isteri seperti ini berarti telah memiliki harta simpanan yang terbaik. 

Dari Abu Umamah ra, dari Nabi Saw beliau bersabda:

"Tidak ada yang paling bermanfaat bagi seorang (lelaki) Mukmin sesudah bertaqwa kepada Allah daripada memiliki isteri yang shalihah, yaitu jika ia diperintah ia taat, jika ia dipandang menyenangkan hati, dan jika ia digilir ia tetap berbuat baik, dan jika ia ditinggalkan (suaminya) ia tetap menjaga suaminya dalam hal dirinya dan harta suaminya" (HR. Ibnu Majah).

Nah, itu tadi Tips Menjadi Istri Sholeha Sesuai Ajaran Islam. Semoga kita semua bisa menjadi istri yang sholeha, sehingga layak mendapat pahala yang telah dijanjikan Allah SWT, menjadi partner dalam perjuangan fisabilillah, dan menjadi pendamping setia dikala suka dan duka bersama suami yang kita cintai.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Menjadi Istri Sholeha Sesuai Ajaran Islam"

Poskan Komentar