Tips Merawat Jilbab Sesuai Jenis Bahan


Jilbab merupakan bagian dari syari’at yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslimah. Jilbab bukanlah sekedar identitas atau menjadi hiasan semata, dan juga bukan penghalang bagi seorang muslimah untuk menjalankan aktivitas kehidupannya.

Jilbab wajib dikenakan oleh seorang muslimah ketika terjun dan bergaul di kehidupan umum. Seiring dengan perkembangan fashion, jilbab juga semakin berkembang.

Jilbab yang merupakan penutup aurat wajib bagi muslimah, kini tersedia dari berbagai bahan, model, motif, dan warna. Nah, jika kamu suka mengoleksi aneka jilbab, kamu juga harus tahu cara merawat jilbab yang benar, sesuai dengan jenis bahan jilbabnya.

Tips Merawat Jilbab Sesuai Jenis Bahannya

Tips Merawat Jilbab Sesuai Jenis Bahan

1. Jilbab Paris

Jilbab paris berbahan tipis dan nyaman. Untuk mencucinya, kamu cukup menggunakan air sabun daripada deterjen. Jangan mengucek terlalu keras bila ada noda yang tertinggal. Jemur jilbab di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Saat menyetrika, gunakan temperatur atau panas yang paling rendah atau kecil.

2. Jilbab Kaos atau Rayon

Jilbab ini biasanya elastis, karenanya kamu harus hati-hati agar bahannya tidak mudah melar. Pastikan kamu menyendirikan jilbab bahan ini, saat mencucinya agar warna tidak luntur. Disarankan untuk tidak mengucek terlalu keras bila ada noda yang tertinggal. Kamu bisa menggunakan deterjen untuk membersihkan jilbab jenis ini.

3. Jilbab Chiffon

Untuk jenis bahan yang satu ini, diperlukan perawatan khusus. Jangan menggunakan mesin cuci, dan gunakan air sabun untuk membersihkan jilbab jenis ini. Kucek secara pelan-pelan. Saat menyetrika, lapisi dengan kain agar tidak berinteraksi langsung dengan panas setrika.

4. Jilbab Dengan Payet

Gunakan larutan air dan shampoo untuk membersihkan jilbab dengan banyak ornamen ini. Jangan merendamnya terlalu lama, dan jangan memeras bagian yang berpayet, karena bisa merusak tatanannya. Angin-anginkan saja jilbab untuk mengeringkannya.

5. Jilbab Viscose

Jilbab jenis ini memiliki bahan yang lembut dan dingin. Untuk merawatnya jangan merendam terlalu lama. Untuk mengeringkannya cukup diangin-anginkan. Saat menyetrika, gunakan suhu rendah. Saat mengenakan jilbab ini, perhatikan penggunaan jarum atau peniti, karena jilbab ini mudah berlubang dan berbekas.

Demikianlah Tips Merawat Jilbab Sesuai Jenis Bahan. Jadi, kamu jangan hanya bisa membeli jilbab saja, tetapi juga harus bisa merawatnya. Semoga tips ini bisa membantu kamu, untuk merawat koleksi jilbab agar lebih awet dan tidak cepat rusak.

Baca juga ------- Tips Memilih Jilbab Sesuai Bentuk Wajah -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Merawat Jilbab Sesuai Jenis Bahan"

Poskan Komentar