Yoga Ringan Untuk Kamu Yang Bekerja Di Depan Komputer


Duduk seharian di depan komputer bisa membahayakan kesehatan. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa duduk berjam-jam bisa mengundang banyak penyakit.

Untuk kamu yang seharian bekerja di depan komputer, atau banyak melakukan aktifitas duduk, kamu bisa membuat tubuh tetap fit dengan melakukan Yoga.

Yoga adalah sebuah filosofi tentang kehidupan yang dicapai melalui latihan olah tubuh, napas, dan meditasi, berdasarkan 8 tangga kehidupan seperti Yama (ajaran tentang moral), Niyama (disiplin), Asana (postur), Pranayama (pengontrolan napas dengan teratur), Pratyahara (pelajaran tentang rasa), Dharana (konsentrasi), Dhyana (meditasi) dan Samadhi (pencapaian kesadaran tertinggi dari meditasi), yang akan membentuk kita sebagai manusia yang damai dan bahagia.

Masyarakat pada umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga bisa digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh, dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun.

Yoga bukan hanya untuk membentuk tubuh, namun juga meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, menguatkan postur, mengatasi berbagai masalah kesehatan, mengurangi stres, dan mengendalikan diri. Sifat Yoga tidak kompetitif, sehingga siapapun boleh melakukannya

Seperti diketahui, Yoga telah dipraktekkan selama ribuan tahun, dan telah membawa manfaat bagi banyak orang. Maka mulailah latihan senam yoga dengan prasangka baik, dan jangan lewatkan kesempatan menjadi individu yang lebih baik.

Yoga Ringan Untuk Kamu Yang Bekerja Di Depan Komputer

Berikut ini Yoga Ringan Untuk Kamu Yang Bekerja Di Depan Komputer, ikuti petunjuknya, kemudian pratekkan di sela-sela waktu senggang bekerjamu.

1. Ngulet atau Stretching

Kamu bisa meregangkan otot-otot tubuh dengan ngulet. Dengan mengangkat tangan memutar tubuh ke kanan dan kiri selagi duduk di kursi dan di depan komputer, kamu bisa meregangkan otot yang capek dan tegang. Tarik nafas dan hembuskan perlahan.

2. Memutar kepala

Peregangan leher ini sangat baik meringankan tegang otot pada leher, dan melemaskan otot kepala. Tutup matamu dan bahu rileks, lalu putar kepala, lakukan seperti saat kamu melakukan pemanasan sebelum senam. Lakukan hingga 5 kali putaran.

3. Pose kucing

Yoga ini bisa dilakukan di rumah. Posisikan tubuhmu seperti kucing, kepala menunduk, ambil nafas, lalu angkat punggung seperti kucing sedang marah, lepaskan. Lakukan sebaliknya, angkat kepala dan tekuk punggung sambil menghembuskan nafas. Ulangi latihan hingga 5 kali pernapasan.

4. Menyilang tangan di belakang punggung

Cara melakukan pose yoga ini adalah, raih tangan kamu dengan cara menyilang di belakang punggung. Cara ini bisa meregangkan otot lengan dan punggung sekaligus. Lakukan bergantian tangan kanan dan kiri.

5. Duduk elang

Caranya cukup mudah, silangkan salah satu kaki di atas kaki lainnya, lalu putar kedua lengan tangan di depan wajah. Atur nafas. Lakukan dengan sisi sebaliknya.

6. Peregangan pergelangan tangan

Seharian mengetik pasti melelahkan pergelangan tanganmu. Jadi regangkan pergelangan tangan dengan cara menghadapkan tangan ke atas, ke bawah dan putar. Lakukan terus hingga tangan terasa ringan.

7. Stretching punggung

Selagi duduk di kursi, majukan sedikit pantat kamu. Lakukan peregangan punggung, dengan cara menarik kedua tangan di belakang punggung. Jika memungkinkan, tundukkan tubuh dan kepala hingga menyentuh lutut. Tahan beberapa detik dan kembali ke posisi semula. Lakukan beberapa kali.

8. Putar tubuh

Putar tubuh ini bisa dilakukan di rumah. Seperti namanya, pose ini dilakukan dengan cara duduk bersila dan memutar tubuh ke kanan serta ke kiri dengan tangan menahan di belakang. Lakukan sambil mengatur nafas.

9. Pijat pelipis kepala

Kamu juga bisa istirahat sebentar untuk memijat pelipis kepala perlahan. Dengan gerakan memutar sambil menarik nafas panjang, pijat pelipis kepala, hingga kamu merasa segar.

Nah, itu tadi Yoga Ringan Untuk Kamu Yang Bekerja Di Depan Komputer. Kamu bisa lakukan di kantor maupun di rumah. Luangkan waktumu sebentar untuk menjaga kebugaran tubuh.

Baca juga ------- Mengencangkan Wajah Dengan Face Yoga -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Yoga Ringan Untuk Kamu Yang Bekerja Di Depan Komputer"

Poskan Komentar