5 Hobi Yang Mendongkrak Produktivitas Kerja

Sebagian besar orang berpendapat bahwa hobi merupakan sebuah aktivitas atau kegiatan yang hanya dilakukan sebagai selingan di sela-sela waktu luang. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Ternyata hobi tidak hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang saja, akan tetapi bisa juga untuk meningkatkan produktivitas kerja. Seperti yang dilansir dari laman Lifehack.org pada  berikut 5 hobi yang dapat mendongkrak produktivitas kerja seseorang.


1. Mendaki
Di samping dapat meningkatkan mood seseorang, kegiatan mendaki juga bisa membuat seseorang lebih produktif. Tidak hanya itu, dengan mendaki stress yang dialami seseorang dapat berkurang dan membuat dirinya bisa lebih fokus. Berdasarkan sebuah studi, tingkat kreativitas orang yang hobi mendaki 50 persen lebih tinggi daripada orang yang jarang mendaki. Studi tersebut membuktikan bahwa dengan mendekatkan diri pada alam maka akan bisa meningkatkan produktivitas.

2. Membuat To-Do-List
Meskipun banyak orang yang menganggap bahwa membuat to-do-list bukan termasuk hobi, tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut secara rutin. Tujuan pembuatan to-do-list yaitu untuk mempermudah seseorang mengatur berbagai hal yang akan dilakukan. Semua rencana yang telah dipikirkan seseorang bisa dituangkan dan ditulis dalam sebuah daftar sederhana atau to-do-list. Dengan to-do-list, seseorang akan lebih terorganisir dalam bertindak.

3. Bermain Video Game
Tidak sedikit orang yang mengaitkan hobi bermain video game dengan hal-hal yang negatif seperti membuang waktu dengan percuma dan membuat kecanduan. Namun para ilmuwan dari Queen Mary University of London dan University College London (UCL) mengungkapkan bahwa bermain video game justru bisa membantu melatih otak untuk meningkatkan pemikiran strategis dan belajar dari kesalahan yang pernah dibuat. Menurut Dr. Brian Glass dari Queen Mary’s School of Biological and Chemical Science, bermain video game action bisa mempercepat kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan.

4. Mendengarkan Musik
Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan, terdapat 47 orang mahasiswa yang didengarkan potongan lagu ‘Tchaikovsky Symphony No. 4’ untuk stimulus semangat dan ‘Mahler’s Symphony No. 6’ untuk stimulus penenang. Hasilnya, mahasiswa merasa lebih semangat saat mendengarkan ‘Tchaikovsky Symphony No. 4’ dan merasa lebih santai saat mendengarkan ‘Mahler’s Symphony No. 6’. Dari penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa genre musik bisa mempengaruhi respon emosional dan meningkatkan produktivitas kerja.

5. Bermain Golf
Studi yang dilakukan Princeton University pada tahun 2013 menunjukkan bahwa bermain golf bisa mencegah pertumbuhan sel-sel otak yang menyebabkan kecemasan serta dapat meningkatkan fokus, ketenangan, dan performa seseorang.

Demikianlah 5 hobi yang bisa mendongkrak produktivitas kerja seseorang. Selain membuat produktivitas kerja meningkat, melakukan hobi yang digemari juga bisa menyenangkan diri sendiri dan menjernihkan pikiran. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "5 Hobi Yang Mendongkrak Produktivitas Kerja"

Poskan Komentar