8 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuatmu Miskin

Jika Anda selalu kekurangan uang padahal penghasilan sudah lebih dari cukup, mungkin Anda punya kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari. Kebiasaan tersebut harus segera dihilangkan agar Anda bisa lebih baik dalam mengelola keuangan yang dimiliki.

Berikut ini 8 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuatmu Miskin diantaranya .

Besar pasak daripada tiang
Peningkatan taraf hidup mungkin menjadi hal yang didambakan semua orang. Namun jika Anda terus meningkatkan pengeluaran Anda tetapi pemasukan yang ada masih sama, Anda akan kesulitan menyisihkan uang untuk menabung. Beusahalah untuk membuat list pengeluaran yang tetap sembari mencari cara untuk berhemat agar hidup menjadi lebih nyaman.

Tidak peduli dengan masa depan
Ssebagian orang terlalu fokus pada apa yang mereka kerjakan sekarang. Jika Anda termasuk dalam kategori mereka, belum terlambat untuk mengubahnya. Mulai pikirkan kembali apa yang akan Anda lakukan di masa depan, apa yang harus Anda punya di usia tua, dan sebagainya. Dengan begitu Anda bisa lebih siap dalam menghadapi kemungkinan yang terjadi di masa mendatang termasuk masalah finansial.



Menunda untuk menabung
Masa muda merupakan masa jaya seseorang. Mulai menabung sedini mungkin adalah hal yang wajib dilakukan mulai sekarang selagi masih berpenghasilan. Tidak ada kata terlambat dalam meyisihkan penghasilan dan mulai berinvestasi. Para ahli sendiri mengemukakan bahwa Anda seharusnya mulai menabung sebelum menikmati penghasilan Anda.

Tidak mempunyai catatan pengeluaran
Terkadang pengeluaran kecil Anda lebih banyak menghabiskan pendapatan dibandingkan dengan pengeluaran besar. Sayangnya hal itu seringkali luput dari perhitungan belanja bulanan Anda. Memiliki jurnal atau catatan pengeluaran bisa menjadi solusi untuk mengetahui kemana perginya uang Anda selama ini. Dengan melihat jumlah pemasukan, kita bisa memperkirakan berapa uang yang seharusnya kita keluarkan.

Tidak membuat anggaran
Anda mungkin merasa sudah mencatat semua pemasukan, berhemat dalam pengeluaran, dan mengumpulkan bon atau nota dengan rapi, tetapi masih saja kesulitan untuk menabung. Anda mungkin lupa membuat anggaran atau budget bulanan. Mulailah merencanakan kebutuhan Anda dari sekarang dan berapa anggaran yang harus Anda keluarkan untuk merealisasikannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih teratur dalam mengelola keuangan Anda.

Mengabaikan hutang
Jika Anda memiliki hutang di bank atau di tempat lain, jadikan pembayaran hutang sebagai prioritas Anda. Buatlah rencana bagaimana Anda membayar hutang tersebut dan cobalah disiplin dalam melakukannya. Dengan begitu Anda bisa mengatur keuangan menjadi lebih baik.

Berganti-ganti barang elektronik
Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi semakin berkembang dan akan selalu muncul barang elektronik baru yang lebih canggih. Bijaksanalah dalam membeli barang elektronik, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, bukan dengan gengsi Anda.

Demikian  8 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuatmu Miskin. Tidak ada kata terlambat untuk mengubahnya saat ini juga, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "8 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuatmu Miskin"

Poskan Komentar