Cara Membuat Ponsel Android Ramah Dengan Anak

Bagi Anda yang sibuk bekerja, biasanya Anda memberikan gadget kepada anak Anda yang masih berusia 5-10 tahun untuk dijadikan mainan. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar anak Anda bermain gadget dengan aman. Sehingga Membuat Ponsel Android Ramah Dengan Anak.

1. Tegaskan aturan

Ketika Anda memberikan gadget kepada anak Anda, buatlah peraturan penting yang perlu dilakukannya saat bermain gadget. Pertama, ajari anak Anda agar tidak terlalu lama menatap layar LCD dan tidak terlalu dekat. Tegaskan pada mereka bahwa menatap layar LCD terlalu lama dan terlalu dekat bisa merusak matanya.

Kedua, ajarkan aplikasi yang bisa mereka gunakan, seperti aplikasi game Android yang bisa mengasah otaknya. Ketiga, terapkan waktu-waktu khusus untuk bermain gadget dan untuk melepaskan gadgetnya kemudian Anda simpan, seperti saat waktu belajar mereka di rumah atau saat mereka sedang berada di sekolah. Pada waktu-waktu tersebut, Anda perlu menyimpan gadget anak Anda, jangan biarkan mereka memegangnya.

2. Kunci beberapa aplikasi

Bagi anak umur 5-10 tahun, mereka tidak mengerti aplikasi yang mana yang baik bagi mereka dan aplikasi mana yang tidak baik. Ada beberapa aplikasi yang tidak aman diakses oleh anak Anda seperti email dan internet. Sebagai orang tua, Anda bisa mencegah anak Anda mengakses aplikasi tersebut, seperti dengan mendownload App Lock untuk mengunci beberapa aplikasi yang kurang aman.

App Lock memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Anda harus memberikan PIN yang tidak diketahui oleh anak Anda.

Cara Membuat Ponsel Android Ramah Dengan Anak


3. Mengatur filter pada Google Play

Untuk menghindarkan anak Anda dari permainan yang memiliki konten dewasa dan kekerasan, Anda bisa mengaktifkan menu filter pada Google Play yang ada pada gadget Anda. Caranya sangat mudah, yaitu pilih menu, kemudian pilih setting. Setelah itu, aktifkan menu content filtering.

4. Jangan berikan akses terhadap sosial media

Jika Anda memiliki sosial media pada menu gadget Anda, maka Anda patut berhati-hati jika suatu saat anak Anda memainkan gadget tersebut. Anak di bawah umur, sebaiknya tidak diberikan akses untuk sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram. Selain aplikasi tersebut berbahaya bagi anak Anda, mereka juga belum memahami etika bersosial media. Daripada anak Anda mengunduh sendiri, lebih baik Anda mengunduh terlebih dulu dan mengunci dengan fitur App Lock.

5.Unduh tema kartun

Selain dapat menarik perhatian anak Anda, kartun juga bisa menjadi sebuah ajang mengembangkan imajinasinya. Untuk itu, jika Anda berniat memberikan anak Anda gadget sebagai mainan, Anda patut mengunduh tema kartun pada gadget Anda, yaitu dengan install Go Launcher EX.

Setelah aplikasi di install, pilihlah tema kartun yang menarik, lalu tampilan ponsel Android Anda akan berubah, sehingga bisa menarik perhatian anak Anda. Selain itu, ubah ikon dan font menjadi lebih besar, supaya aman untuk mata anak Anda.

Demikian berbagai Cara Membuat Ponsel Android Ramah Dengan Anak, semoga ponsel ini tidak mengalihkan perhatian anak dari belajar dan justru jadi pemicu untuk mempelajari hal baru di sekitarnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Membuat Ponsel Android Ramah Dengan Anak"

Poskan Komentar