Kok Bisa Mumi 1500 Tahun Mengenakan Sepatu Adidas

Siapa yang tak kenal sepatu olahraga bermerk yang memiliki gaya sporti masa kini. Sepatu Adidas memang menjadi sepatu olahraga favorit baik bagi olahragawan maupun bagi kalangan awam. Akan tetapi, hal yang begitu mengejutkan adalah sepatu olahraga masa kini ini ternyata sudah digunakan orang sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Siapa yang bisa menyangka hal seperti ini bisa terjadi.

Anggapan ini muncul ketika para arkeolog menemukan sebuah mumi berusia 1.500 tahun, yang ditemukan di Mongolia. Anehnya, gaya mumi perempuan ini seperti gaya masa kini, sebab ketika ditemukan, mumi tersebut mengenakan alas kaku yang sangat mirip dengan sepatu Adidas.

Para arkeolog menemukan bahwa tangan dan kaki perempuan yang telah menjadi mumi di pegunungan Altai tersebut memiliki penampilan yang tidak sesuai dengan zamannya. Dia menggunakan alas kaki dengan 3 strip di sisinya. Alas kaki tersebut sangat mirip dengan model sepatu olahraga bermerk Adidas.

Seorang pengguna Live Leak mengatakan bahwa dia sama sekali tidak menyangkat kalau Adidas sudah ada di masa tersebut.



Sebuah mumi Mongolia berusia 1500 tahun ditemukan di pegunungan Altai. (Sumber Museum Khovd via news.com.au)

Para ahli arkeologi berpendapat bahwa pemakaman Turkik yang pertama kalinya ditemukan di Asia Tengah tersebut bisa menjadi gerbang untuk menyingkap tentang kehidupan purba di Mongolia secara rinci. Oleh sebab itu, para ahli arkeolog bermaksud mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai pemakaman itu.

Ketika mumi Mongolia berusia 1500 ditemukan, jasadnya ternyata dikuburkan bersama dengan kekang, vas tanah liat, pelana, ketel besi, palungan, mangkuk kayu dan seekor kuda yang terlihat masih utuh.

Seorang peneliti di Museum Khovd yang bernama B. Sukhbaatar mengungkapakan bahwa fenomena penemuan mumi Mongolia berusia 1500 thun itu termasuk fenomena langka. Sebab apa yang ditemukan terlihat janggal. Dia menambahkan bahwa temuan ini memberikan kita gambaran tentang upacara kaum Turkik.



Dari penemuan mumi Mongolia tersebut, dapat diketahu bahwa kuda yang dikubur bersama jasad si mumi sepertinya sengaja dikorbankan. Kuda tersebut terlihat masih muda, usianya berkisar antara 4 sampai 8 tahun. Hal yang menarik juga dapat dilihat pada mumi tersebut. Para arkeolog menemukan bahwa mumi berusia 1.500 tahun itu tidak hanya memakai pakaian wol dari domba saja, tetapi juga memakai pakaian wol dari unta.

Berdasarkan benda-benda yang ditemukan bersama jasad mumi tersebut, dapat dipredikisi mengenai tanggal penguburan, yaitu dapat dilihat dari jenis topi yang digunakan si mumi. Jika dilihat, penguburan mumi Mongolia tersebut diduga sekitar Abad ke-6 Masehi.



Ketika digali, kuburan yang digunakan sebagai makam mumi Mongolia tersebut memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Penemuan ini memberikan para arkeolog petunjuk bahwa pada zaman tersebut pengrajin yang membuat kuburan itu sangat cekatan. Makam tersebut sama seperti kuburan orang kebanyakan, sehingga dapat dimengerti bahwa dari dulu hingga kini, keterampilan para pengrajin berkembang dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kok Bisa Mumi 1500 Tahun Mengenakan Sepatu Adidas"

Poskan Komentar