Tips Menjadi Pemimpin Bijaksana Saat Mengambil Keputusan

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Butuh rasa tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan dan juga terhadap bawahan. Tanggung jawab yang dipikul oleh seorang pemimpin juga meliputi kebijaksanaan dalam mengambil suatu keputusan penting.

Seorang pemimpin dituntut untuk bisa mengambil keputusan terbaik walaupun dalam kondisi di bawah tekanan. Memutuskan suatu hal penting bukan perkara yang mudah dan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Mengambil keputusan harus dilakukan secara tepat dan bijak.

Jika Anda seorang pemimpin, maka cobalah melakukan hal-hal berikut jika Anda akan mengambil keputusan penting.

1. Jangan pernah memutuskan suatu hal dalam keadaan emosi yang tidak stabil. Emosi akan membuat keputusan Anda berat sebelah. Bisa jadi keputusan yang Anda ambil saat Anda sedang emosi berakibat fatal dan membuat Anda menyesalinya di kemudian hari. Pertimbangkanlah keputusan yang akan Anda ambil dengan pikiran yang rasional, bukan dalam keadaan emosi.

2. Jangan terburu-buru dalam pengambilan keputusan. Sikap terburu-buru dalam memutuskan sesuatu akan melahirkan tindakan yang salah. Jika Anda salah langkah, maka dampaknya adalah penyesalan. Akan tetapi, Anda juga tidak boleh menunda-menunda dalam mengambil keputusan.




3. Pertimbangkanlah sisi positif dan negatif dari keputusan yang akan Anda ambil agar Anda bisa mengetahui keuntungan dan resiko yang akan Anda dapatkan dari setiap keputusan.

4. Hindari sikap subjektif dalam pengambilan keputusan. Anda tidak boleh memutuskan suatu hal hanya untuk kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok. Keputusan yang Anda ambil haruslah keputusan yang dapat memberikan dampak positif dan tidak memberatkan beberapa pihak.

5. Ketika Anda dituntut untuk mengambil keputusan dengan cepat, cobalah untuk melibatkan orang-orang yang berkaitan dengan keputusan yang akan Anda ambil. Dengan demikian, mereka akan memberikan Anda masukan dan usulan yang bisa Anda pertimbangkan dalam mengambil keputusan.

6. Selain melibatkan orang-orang yang berkaitan dengan keputusan yang akan Anda ambil, Anda juga perlu mengumpulkan informasi dan data-data penting yang dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan.

7. Setelah Anda mempertimbangkan secara matang berdasarkan pemikiran yang rasional, maka jangan ragu untuk mengambil keputusan terbaik. Ingatlah, jika Anda terus menerus merasa ragu untuk mengambil keputusan, maka keraguan tersebut akan terus menerus menghantui Anda hingga pada akhirnya Anda tidak bisa membuat keputusan. Bahkan yang lebih parah, Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berpikir dan masalah yang akan timbul jika Anda tidak segera mengambil keputusan akan bertambah besar. Segelah mengambil keputusan!

8. Setelah Anda mengambil keputusan, tentu saja ada yang setuju dan ada juga yang tidak setuju dengan keputusan yang Anda ambil. Bahkan terkadang mereka yang tidak setuju akan terus menerus memprotes keputusan Anda. Jangan biarkan protes dari mereka membuat Anda merubah keputusan yang telah Anda tetapkan. Jelaskan pada mereka bahwa keputusan yang telah Anda ambil berdasarkan pemikiran yang rasional serta berdasarkan data-data dan informasi yang telah Anda pertimbangkan dengan matang.

9. Jangan pernah menyesali keputusan yang telah Anda ambil apapun hasilnya, sebab hasil keputusan Anda tidak dilakukan secara emosional dan tidak terburu-buru, namun berdasarkan pertimbangan yang matang. Sebab jika Anda terus menerus berlarut-larut dalam penyesalan, maka Anda tidak akan bisa fokus untuk mengusahakan yang terbaik dari hasil keputusan Anda.
Setelah Anda mengetahui tips-tips di atas, lakukanlah. Jadilah pemimpin yang bijaksana dalam mengambil keputusan yang tidak berat sebelah!

Semoga Tips Menjadi Pemimpin Bijaksana Saat Mengambil Keputusan bisa membantu anda belajar menjadi pemimpin yang lebih baik dan dihormati oleh anggota anda. Selamat belajar semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Menjadi Pemimpin Bijaksana Saat Mengambil Keputusan"

Poskan Komentar