13 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan


Liburan, mudik, traveling, hal ini hampir dilakukan semua orang. Namun seringkali mabuk perjalanan menghinggapi mereka yang melakukan perjalanan jauh.

Mabuk perjalanan adalah masalah umum bagi yang suka melakukan perjalanan jauh, terutama mereka yang punya anak kecil, atau mereka yang tidak pernah dan jarang melakukan perjalanan jauh.

Setiap jenis transportasi seperti kapal laut, pesawat, kereta, atau mobil dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Gejalanya seringkali terjadi mendadak, biasanya terdiri dari perasaan sulit tidur, gelisah, keringat dingin, lemas, stres, pusing, mual, dan sampai muntah-muntah.

Mabuk kendaraan merupakan salah satu dari berbagai jenis mabuk perjalanan (kinetosis) yang dialami sebagian orang saat berkendara dengan kendaraan. Mabuk perjalanan dikategorikan sebagai penyakit vertigo. Kondisi ini terjadi karena terganggunya sistem keseimbangan tubuh.

Gangguan tadi disebabkan oleh tidak sesuainya komponen-komponen dalam sistem saraf pusat (otak), bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh (proprioceptors). Ketidaksesuaian informasi yang diterima otak inilah yang menyebabkan terjadinya mabuk perjalanan.

13 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Bau-bau tajam yang berasal dari asap rokok atau parfum, juga memicu dan memperparah kondisi mabuk perjalanan. Selain itu kekurangan oksigen, buruknya sistem suspensi kendaraan, dan jalanan yang tidak rata, turut andil dalam memicu mabuk perjalanan.

Bagi anda yang sering mabuk perjalanan, maka lakukan 13 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan berikut ini, agar anda dapat menikmati perjalanan tanpa merasa mabuk.

1. Makanlah dalam porsi sedikit sampai sedang, sebelum melakukan perjalanan. Hindari makan dalam porsi besar, makan makanan berat, makanan yang mengandung banyak lemak, makanan pedas, makanan beraroma kuat, dan makanan berkuah. Serta jangan minum minuman berakohol.

2. Berdoalah sebelum berangkat agar pikiran menjadi lebih tenang. Jangan lupa menjaga kesehatan tubuh, agar tetap prima selama perjalanan.

3. Selama perjalanan, jangan terus menerus fokus pada objek yang dekat, misalnya menggunakan gadget atau membaca majalah. Sesekali alihkan pandangan ke objek-objek jauh, seperti pemandangan di luar kendaraan.

4. Pertahankan kepala anda agar tetap stabil, sambil beristirahat di punggung kursi. Pilihlah tempat duduk yang nyaman dan menghadap ke depan kendaraan, misalnya di dekat jendela atau di samping sopir.

5. Bukalah kaca jendela secukupnya, agar anda bisa menghirup udara segar. Janganlah merokok atau duduk di dekat perokok.

6. Bawalah permen jahe, permen mint, atau permen jamu. Menghisap permen ini bisa membantu menghilangkan rasa mabuk.

7. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, maka usahakan untuk berhenti dan beristirahat sejenak setiap 4-5 jam sekali.

8. Selalu siap sedia obat anti mabuk perjalanan, agar bisa segera diminum ketika gejala mabuk mulai muncul.

9. Tidurlah selama perjalanan, karena dengan begitu sangat kecil kemungkinan untuk terkena mabuk perjalanan. Anda bisa minum jamu atau obat tertentu yang menimbulkan rasa kantuk.

10. Duduklah di kursi depan. Para dokter percaya bahwa mabuk kendaraan disebabkan oleh ketidaksesuaian antara apa yang mata anda lihat, dan bagaimana tubuh anda menginterpretasikan gerak kendaraan.

11. Bernapaslah dalam-dalam. Mabuk kendaraan akan memburuk akibat perasaan cemas dan gugup. Teknik relaksasi seperti latihan pernapasan lambat dan perlahan, dapat membantu memperlambat denyut jantung anda dan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga kecil kemungkinannya anda akan mengalami gejala mabuk kendaraan.

12. Pakailah gelang anti mabuk perjalanan. Gelang anti mabuk perjalanan memberikan tekanan yang lembut dan konstan pada lengan bawah, pada sekitar 2,5 cm dari sendi pergelangan tangan. Tekanan ini akan membantu meringankan mual yang disebabkan mabuk perjalanan.

13. Jagalah tubuh anda agar tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat memperburuk gejala mabuk kendaraan. Pastikan anda minum banyak air sebelum dan selama berkendara untuk menghindari mabuk perjalanan.

Demikianlah 13 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan. Dengan mengikuti tips di atas, anda bisa mengurangi atau bahkan menghindari gejala mabuk perjalanan. Sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan, karena anda bisa menikmati pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "13 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan"

Poskan Komentar