8 Tips Mengatasi Kebosanan Pada Pasangan Suami Istri


Kalau kita bosan dengan makanan, sepatu, baju, dan tas, mungkin sangat mudah tinggal diganti. Bagaimana kalau merasa jenuh dalam rumah tangga? Bagaimana jika merasa bosan dengan pasangan hidup kita?

Meskipun manusiawi, bosan dengan pasangan hidup sendiri tentu saja terdengar aneh. Faktanya saat ini banyak juga suami atau istri yang terjangkiti penyakit bosan dengan pasangan hidupnya sendiri. Adakalanya di dalam rumah tangga rasa bosan terhadap pasangan sering menghantui.

Pada dasarnya kejenuhan atau kebosanan, dimulai dari masalah yang terus berulang dan belum terselesaikan, serta harapan yang tidak terpenuhi. Tidak seharusnya kita merasa bosan dengan pasangan yang telah menjadi teman tidur kita, serta telah melalui berbagai suka dan duka bersama-sama.

Lalu, apa yang harus kita lakukan jika kebosanan melanda? Berikut ini 8 tips mengatasi kebosanan pada pasangan suami istri:

8 Tips Mengatasi Kebosanan Pada Pasangan Suami Istri

1. Perbarui niat

Mungkin karena kesibukan urusan kantor atau rumah, kalian berdua tidak sempat saling mengingatkan pada niat semula menjalani rumah tangga sebagai ibadah. Kalian berdua perlu mengukur kembali keikhlasan dalam menghadapi berbagai masalah rumah tangga. Keikhlasan adalah sumber kekuatan jiwa dan fisik, sehingga kalian berdua akan kuat menjalani kondisi apapun dalam hidup.

2. Susun perencanaan dan manajemen rumah tangga

Kebosanan seringkali datang, karena tidak adanya perencanaan dan manajemen yang baik dalam menata aktivitas rumah tangga. Akibatnya tenaga, pikiran, waktu, dan dana tidak terpakai maksimal untuk hal-hal yang penting.

3. Memahami keutamaan-keutamaan amal

Allah SWT akan memberikan ganjaran untuk pekerjaan yang dilakukan dengan dasar ikhlas dan benar. Lelahnya suami mencari nafkah dihitung sebagai fisabilillah. Peluh, kelelahan, dan kesulitan dalam mencari nafkah akan memperoleh pahala besar. Pekerjaan istri mengurus rumah tangga dengan benar dan ikhlas, akan mengantarkannya pada surga. Hadirkan dalam diri kalian berdua kenikmatan surga yang dijanjikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang beramal saleh.

4. Mendekatkan diri pada Allah SWT

Kalian berdua bisa melakukan ibadah sunnah berdzikir, beribadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT ketika diterpa kegelisahan dan rasa bosan. Allah SWT akan menyertai orang-orang yang menjalankan amalan-amalan sunnah setelah menjalankan amalan-amalan wajib.

5. Bercerminlah pada orang lain

Kalian berdua bisa bertanya kepada orang-orang tua atau yang lebih berpengalaman, tentang kiat-kiat mereka mengatasi kelelahan atau kebosanan dalam menjalani cobaan-cobaan hidup. Pengalaman mereka akan memacu semangat kalian berdua dalam mengatasi rasa kebosanan.

6. Cari tahu penyebabnya

Cari tahu apa yang membuat kita merasa bosan dengan pasangan. Sering dicuekin? Sering ditinggal pergi? Sering ribut? Atau bosan dengan pasangan karena dirinya tidak sehebat yang lain? Jika itu alasannya, mungkin kita harus berkaca pada diri sendiri terlebih dulu. Boleh jadi pasangan hidup kita tidak sempurna, tetapi karena dialah kita bisa menjadi seperti saat ini.

7. Mencari kesibukan

Ketika rasa jenuh pada pasangan memuncak, penting bagi kita menemukan kesibukan lain yang bisa mengobati rasa jenuh dalam rumah tangga. Bisa mulai dengan hobi, misalnya naik gunung, menulis novel, memasak, menjahit, jika kita cukup bahagia maka tidak lagi akan terpikir rasa bosan pada pasangan. Kompensasinya, setelah jalani kesibukan, saat bertemu pasangan kita harus menunjukkan sikap dan ekspresi bahagia, agar rasa bosan terhadap pasangan itu benar-benar lenyap.

8. Selalu bersyukur

Selama pasangan hidup kita masih menunaikan kewajibannya, artinya tidak ada alasan untuk berpisah hanya karena rasa bosan dengan pasangan. Bersyukur adalah metode terbaik untuk menambah nikmat dalam rumah tangga. Lihat sisi baik yang dimiliki pasangan kita, jadi bersyukurlah dengan yang sudah ada.

Demikianlah 8 tips mengatasi kebosanan pada pasangan suami istri. Memandang pasangan hidup kita, menggenggam tangannya, itu membuahkan pahala. Jangan sampai kita takluk pada nafsu, melakukan hal aneh dan nyeleneh dalam rumah tangga hanya karena rasa bosan. Semoga rumah tangga kita ini, dapat mengantarkan kita pada surga-Nya. Amin.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "8 Tips Mengatasi Kebosanan Pada Pasangan Suami Istri"

Poskan Komentar