12 Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran


Saat yang paling ditunggu setelah Ramadan adalah hari raya Idul Fitri atau lebaran. Hari raya Idul Fitri adalah hari kemenangan dimana puncak setelah sebulan penuh kita puasa.

Berbagai aktivitas biasanya dipersiapkan untuk menyambut hari Idul Fitri. Salah satunya adalah dengan belanja lebaran.

Kebutuhan menjelang lebaran memang lebih banyak, dan terkadang melampaui uang THR (Tunjangan Hari Raya) yang kita dapatkan.

Berikut adalah 12 Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran:

12 Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran

1. Mengontrol diri

Sebelum belanja keperluan lebaran, tanyakan pada diri sendiri apakah barang yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan atau hanya sekedar diinginkan. Mengendalikan diri akan membuat kita berbelanja sesuai dengan barang yang dibutuhkan.

2. Menyamakan pola belanja

Meskipun bulan ini ada persiapan lebaran, tetap samakan pola belanja seperti bulan biasa. Meskipun ada dana lebih yaitu THR, belanjalah sesuai dengan rencana belanja bulanan. Buat rincian apa saja yang dibutuhkan selama satu bulan.

3. Belanja jauh hari

Belanja jauh hari memang bukanlah hal yang mudah. Belanja jauh hari baik untuk menghindari lonjakan harga menjelang lebaran. Jadi alangkah baiknya jika menyiapkan kebutuhan lebaran jauh-jauh hari.

4. THR hanya untuk kebutuhan lebaran

Ketika mendapatkan THR, manfaatkan sebagai keperluan lebaran. Saat belanja lebaran hindari menggunakan gaji. Kemungkinan memang sulit dan tidak cukup, maka penting untuk menyiapkan hati supaya tetap teguh berkomitmen. Jangan sampai sebagian gaji dipakai untuk kebutuhan lebaran.

5. Cek harga

Saat lebaran banyak toko dan pusat pembelanjaan yang membuat program diskon. Pastikan sebelum belanja, untuk cek harga dulu. Manfaatkan pesta diskon ini, tetapi teliti dahulu apakah harga diskon yang diberikan adalah diskon yang sebenarnya.

6. Pilih tempat

Memilih tempat belanja itu sangat penting. Jangan sampai salah memilih tempat yang membuat kita mendapatkan harga yang lebih mahal. Jika perlu sebelum pergi berbelanja survey dulu, apakah harga di tempat tersebut lebih murah dan berkualitas atau tidak.

7. Bandingkan harga

Hal ini mungkin akan memerlukan waktu yang agak lama, tetapi untuk mendapatkan harga yang murah apa salahnya sedikit susah. Jangan sampai tergiur harga murah tetapi lokasinya jauh, karena waktu juga harus diperhitungkan.

8. Sesuaikan dana

Jangan sampai membeli barang tetapi dana yang dimiliki tidak sesuai dengan harganya. Jadi dalam membeli barang, pastikan harga barang yang dibeli harus sesuai dengan dana yang dimiliki. Jangan sampai dana belanja kita membengkak.

9. Cek kualitas

Cek sebelum membeli, jangan tergoda mendapat potongan harga tetapi barang yang didapat kualitasnya tidak terlalu baik. Lebih baik membayar dengan harga sedikit mahal, tetapi mendapatkan barang yang lebih berkualitas. Karena barang yang berkualitas itu tahan lama dan tidak mudah rusak.

10. Jangan tergoda diskon

Bulan Ramadan biasanya diisi dengan pesta diskon di beberapa pusat belanja. Jangan tergoda untuk membeli hanya karena tergoda diskon. Belilah barang sesuai dengan kebutuhan, bukan karena hanya karena ingin membeli.

11. Hindari menimbun bahan makanan

Alih-alih ingin berhemat, biasanya kita menimbun bahan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Hindari membeli bahan makan dengan jumlah terlalu banyak. Belilah sesuai dengan kebutuhan.

12. Teliti sebelum membeli

Banyak diskon tentu akan membuat kita tergoda untuk membeli barang-barang tersebut. Jangan terburu-buru untuk membeli. Teliti dahulu, benarkah barang tersebut dibutuhkan dan yang terpenting pastikan kondisi barang tersebut baik dan tidak mendekati masa ekspired atau kadaluarsa.

Nah. itu tadi 12 Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran. Sebenarnya, lebih baik jika kita fokus pada esensi makna lebaran, dan bukannya untuk berbelanja dan menghamburkan uang. Karena lebaran adalah kemantapan hati untuk menyambut 11 bulan ke depan setelah Ramadan. Semoga puasa kita berjalan dengan lancar sampai lebaran nanti.

Baca juga ------- Tips Belanja Aman di Toko Online -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "12 Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran"

Poskan Komentar