17 Tips Mudik Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi


Mudik adalah kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan, misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah, kesempatan untuk berkumpul dengan orang tua dan sanak saudara.

Transportasi yang digunakan untuk mudik antara lain pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Bahkan truk terkadang digunakan untuk mudik bersama-sama. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim.

Lebaran kini sudah diambang pintu, saatnya kita merayakan kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa. Saatnya kita saling memaafkan atas segala dosa yang diperbuat, dan saatnya kita mudik ke kampung halaman.

Mudik bagi yang membawa kendaraan pribadi, harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Berikut ini 17 Tips Mudik Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi:

17 Tips Mudik Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

1. Servis kendaraan sebelum mudik

Cek dan servis kendaraan pribadi anda, yang akan dipakai mudik ke bengkel resmi. Jangan lupa bilang pada petugas untuk mengecek kendaraan dengan baik dan menyeluruh, agar siap untuk menempuh perjalanan mudik.

2. Mudik sebagai travelling

Anda bisa mencoba kuliner khas masing-masing kota yang dilewati selama mudik. Pasti perjalanan mudik akan menjadi lebih menyenangkan.

3. Memilih rute yang mudah

Saat mudik banyak tawaran rute agar lebih cepat sampai tujuan. Pastikan anda memilih rute yang mudah. Tidak mengapa sedikit jauh, setidaknya rute yang dipilih aman dan nyaman.

4. Jangan lupa GPS dan peta manual

GPS berfungsi untuk menemani saat anda tersesat dan tidak tahu arah. Selain menyiapkan GPS, anda juga perlu peta manual karena adakalanya GPS tidak cukup membantu. Jangan lupa membawa peta yang dibuat khusus untuk mudik, yang memuat informasi letak pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan.

5. Persiapkan P3K atau obat-obatan

Jangan lupa menyiapkan kotak P3K yang berisi obat-obatan, seperti obat sakit kepala, pereda mual, obat alergi, diare, antiseptik, perban, plester, minyak kayu putih, obat anti mabuk, dan balsem. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada, sudah kedaluwarsa atau tidak.

6. Membawa camilan

Siapkan camilan untuk penunda lapar. Perjalanan mudik rentan risiko macet, jadi ketika terasa lapar di tengah kemacetan, menyiapkan camilan dari rumah akan lebih membantu.

7. Membawa uang tunai secukupnya

Tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Secukupnya saja, untuk makan dan membeli bensin. Jika memerlukan uang tunai yang lebih, anda dapat memanfaatkan fasilitas ATM bersama yang tersebar di jalur mudik.

8. Cek barang bawaan

Lakukanlah ini sebelum anda berangkat. Hal ini untuk meminimalisasi kemungkinan lupa, daripada anda kembali lagi pulang ke rumah.

9. Cek perlengkapan kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat di tengah jalan, anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

10. Membawa sparepart cadangan

Anda tidak pernah tahu, apa yang akan terjadi dalam perjalanan mudik. Jadi pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan anda.

11. Hiburan

Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya anda membawa barang-barang yang dapat menghibur anda dari kebosanan. Seperti koleksi CD atau MP3.

12. Manfaatkan layanan gratis otomotif

Perusahaan otomotif, biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi, jika anda mendapat masalah dengan kendaran anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

13. Kondisi tubuh

Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar anda beristirahat setiap empat jam sekali.

14. Membawa air mentah

Bawalah air mentah di dalam jerigen 5 liter, atau memakai bekas botol air mineral 1 liter sebanyak 5 buah, untuk mengisi radiator bila kurang air. Air juga bisa untuk mencuci tangan bila selesai ganti ban bocor atau kempes. Air juga berguna bila bawa anak kecil atau bayi tiba-tiba pup, saat berada di daerah yang sulit air.

15. Packing barang bawaan dengan benar

Urutkan barang bawaan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan, letakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Hal ini dilakukan supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali membutuhkan sesuatu.

16. Bawa HP & Chargernya

Sebaiknya sebelum berangkat, charge HP anda sampai penuh. Terkadang untuk daerah atau area tertentu yang anda lewati, akan terjadi blank spot untuk kartu tertentu. Sebaiknya salah satu anggota keluarga, membawa HP dengan kartu yang berbeda.

17. Mendengarkan radio

Mendengarkan radio akan membantu memberikan informasi lalu lintas di sepanjang rute perjalanan mudik anda. Radio juga memberikan informasi tentang apa saja yang terjadi disepanjang jalur mudik.

Nah, itu tadi 17 Tips Mudik Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi. Pastikan anda siapkan dengan cermat, dan jangan lupa untuk berdoa sebelum memulai perjalanan. Selamat mudik, semoga selamat sampai tempat tujuan, dan semoga perjalanan mudik anda menyenangkan. Selamat menyambut lebaran!


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "17 Tips Mudik Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi"

Poskan Komentar