7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik


Kita sebagai orangtua pasti khawatir jika melihat anak tidak mau makan, karena tidak menyukai makanan yang kita hidangkan. Padahal seorang anak berusia 2 sampai dengan 5 tahun, merupakan masa dimana perkembangan harus di dukung secara optimal.

Terutama makanan yang berfungsi sebagai bahan bakar penyuplai energi atau zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berkembang secara maksimal, dan makanan untuk meningkatkan sistem imun tubuhnya sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Menyajikan makanan dengan kreasi unik, adalah salah satu cara agar anak berselera ingin memakan makanannya. Tentunya penyajian makanan di atas piring dengan berbagai bentuk dan tema, akan menarik perhatian anak. Anak akan mau duduk manis dan menghabiskan makanannya. Dan tentu saja, kita harus membuat kreasi yang lain untuk esok harinya, karena menyajikan makanan yang itu-itu saja, dapat membuat anak merasa bosan dan malas makan kembali.

Berikut ini 7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik:

1. Fokus pada warna

7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Warna tidak hanya menarik perhatian, juga warna-warni makanan alami baik bagi tubuh anak. Memakan variasi buah dan sayuran dalam aneka warna, dapat memberikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak.

2. Manfaatkan kesukaan anak

7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Kita bisa memotong keju, buah, sayur, atau roti dengan menggunakan cetakan. Buat aneka bentuk dengan makanan, atau dikenal dengan nama bento. Bentuk atau kepal nasi untuk membuat bentuk bola, atau sajikan telur dengan membuat dadar bentuk karakter hewan dengan pan khusus.

3. Pakai perlengkapan makan yang seru

7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Sajikan makanan dalam wadah warna-warni untuk meningkatkan nafsu makan anak. Lengkapi juga dengan alat makan yang dihiasi karakter favorit anak, termasuk sendok dan garpu. Cara ini ampuh untuk menghilangkan rasa bosan, dan membuat anak tertarik melahap makanannya.

4. Penyajian yang berbeda

7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Jika selama ini menyajikan sandwich dengan cara yang sama, coba lubangi bagian tengah roti dengan cetakan hati atau bintang, lalu isi dengan parutan keju atau meses cokelat. Jika bosan dengan buah potong, hidangkan buah dengan tusuk sate atau sediakan saus cocolan, seperti yogurt atau madu yang disukai anak. Jika menyajikan roti, sebaiknya disajikan dengan cara di potong-potong dadu, lalu di sajikan dengan selai atau keju.

5. Bentuk makanan

7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Cobalah untuk memberikan bentuk kepada makanan tersebut, seperti bebek, ikan, beruang, atau binatang lainnya. Bisa juga bentuk lainnya, atau inisial namanya. Aneka bentuk, akan menarik selera makannya.

6. Berikan kejutan pada makanan

7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Kita bisa menyembunyikan makanan yang tidak disukainya kedalam makanan yang disukainya, misalkan menyelipkan bayam atau brokoli kedalam hamburger, sehingga anak tidak akan menyadarinya dan tetap memakannya dengan lahap seperti biasa.

7. Mengolah sayuran sebagai camilan

7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Kita bisa mengolah aneka sayuran atau makanan sehat lainnya, sebagai kudapan atau camilan untuk anak. Mayoritas anak-anak sangat suka camilan. Sebaiknya disertakan sebuah cerita mengenai camilan tersebut, agar anak antusias memakannya.

Nah, itu tadi 7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik. Semoga informasi ini dapat membuat anak anda makin lahap makannya. Jangan berhenti untuk terus menciptakan aneka kreasi ya bunda?

Baca juga ------- Cara Membuat Nasi Goreng Beruang Tidur -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "7 Tips Penyajian Makanan Anak Agar Lebih Menarik"

Poskan Komentar