Inilah 11 Alasan Jangan Mengucek Mata Saat Gatal


Saat mata terasa gatal, kebanyakan orang akan langsung menguceknya. Hal tersebut merupakan spontanitas.

Perpaduan antara rasa gatal, pedih, namun juga disertai kelegaan seakan menjadi sensasi tersendiri yang bikin seseorang seakan tidak bisa berhenti saat melakukannya. Padahal sebetulnya aktivitas ini tidak diperbolehkan oleh para ahli mata.

Mengucek mata secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai macam bahaya. Mengucek mata dapat memperburuk alergi dengan merangsang sel-sel yang melepaskan histamin, yang pada gilirannya malah menyebabkan kemerahan dan rasa gatal.

Tangan adalah anggota tubuh yang diandalkan dalam melakukan berbagai aktivitas. Tangan merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan menempelnya kotoran. Mengucek mata malah membuat bakteri dan virus yang ada di tangan berpindah ke mata. Hal ini menjadi penyebab awal terjadinya infeksi dan iritasi mata.

Berikut ini 11 Alasan Jangan Mengucek Mata Saat Gatal:

Inilah 11 Alasan Jangan Mengucek Mata Saat Gatal

1. Menyebabkan tekanan pada mata

Mengucek mata dapat memberi tekanan hingga 10 kali lipat dari kondisi normal. Hal tersebut tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan mata.

2. Rabun jauh

Rabun jauh adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat objek secara jelas pada jarak yang jauh. Hal tersebut dikarenakan mata tidak dapat memfokuskan pandangan pada retina.

3. Mengakibatkan glaukoma

Glaukoma adalah kerusakan pada mata, dan dapat berakhir dengan kebutaan. Penyebab utama glukoma adalah terjadinya tekanan berlebih pada mata, dimana hal tersebut dapat diakibatkan oleh kebiasaan mengucek mata.

4. Kerusakan syaraf mata

Terlalu sering mengucek mata akan menganggu aliran darah di belakang mata, dimana hal tersebut akan berperan langsung dalam pengrusakan syaraf. Dampak lebih lanjut adalah gangguan penglihatan.

5. Gangguan keratoconus

Keratoconus terjadi akibat kornea yang terdorong ke depan dan melemah. Salah satu penyebab utamanya adalah keseringan mengucek atau menggosok mata.

6. Pembengkakan pada kornea

Jangan mengucek mata saat bangun tidur, karena bisa menyebabkan pembengkakan pada kornea. Hal tersebut dikarenakan kadar oksigen yang rendah sehingga menyebabkan kelebihan cairan.

7. Penipisan kornea

Kebiasaan mengucek mata bisa mengakibatkan penipisan kornea, dimana hal tersebut akan berakhir dengan beberapa masalah mata, seperti gangguan penglihatan, dan terkena keratoconus.

8. Timbulnya lingkaran hitam pada mata

Kebiasaan mengucek mata dalam jangka panjang bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah yang mengelilingi mata, yang pada akhirnya akan menimbulkan lingkaran hitam pada mata.

9. Kebutaan

Kebutaan bisa terjadi jika kebiasaan mengucek mata dilakukan dalam jangka panjang, dan menjadi kebiasaan yang rutin.

10. Terjadinya astigatmatisme (perubahan kornea)

Selain pandangan yang kabur dan fokus pada satu titik saja, astigatmatisme akan menimbulkan beragam keluhan seperti sakit kepala, kelelahan pada mata, serta kurangnya daya penglihatan.

11. Melemahkan otot mata

Saat mengucek mata bisa melemahkan otot levator palpebra yang berfungsi mengangkat kelopak mata, sehingga jika mengucek mata akan membuat mata terlihat lebih kecil atau seperti mata mengantuk.

Agar mata tidak terasa gatal, sebaiknya menghindari beberapa aktivitas seperti berikut:
  • Menghindari tidur dengan wajah tertunduk dan kontak dengan bantal, karena dalam bantal tersebut bisa saja terdapat kutu atau debu yang bisa membuat mata iritasi.
  • Menghindari mengucek mata, karena bisa membuat mata iritasi, kering, dan membuat mata perih.
  • Menunduk bisa meningkatkan tekanan, karena itu sebaiknya jika membaca dalam posisi duduk.
  • Menyeka air mata adalah kegiatan yang paling baik dengan menghapus dari ujung mata dan meminimalkan kontak dengan kelopak mata.

Itulah 11 Alasan Jangan Mengucek Mata Saat Gatal. Bahaya dan dampak yang terjadi tentu tidak akan terasa secara langsung, namun akan terjadi dalam jangka panjang. Jika area mata terasa gatal, sebaiknya gunakan obat mata dan jangan menguceknya. Namun jika terpaksa, kuceklah mata secara perlahan memakai tissu atau kain yang lembut. Jangan pertaruhkan indera penglihatan yang sehat menjadi sakit, hanya karena rasa gatal dimata.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 11 Alasan Jangan Mengucek Mata Saat Gatal"

Poskan Komentar