Inilah Jenis Sedekah Yang Dianjurkan Rasulullah SAW


Sedekah termasuk amalan yang bersifat al-muta’ddiyah, yaitu manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh orang yang mengerjakannya namun juga dirasakan oleh orang lain.

Selama ini sedekah dipahami banyak orang sebatas pemberian sejumlah uang kepada fakir miskin atau mereka yang tidak mampu. Seakan-akan sedekah hanya dilakukan oleh orang kaya atau kalangan tertentu yang berlebih secara finansial.

Jenis sedekah yang dianjurkan Rasulullah SAW bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk orang yang tidak punya sekalipun. Sebab sedekah tidak selalu berati pemberian materi, sedekah juga bisa pemberian yang bersifat non-materi. Contohnya membantu orang lain, menyingkirkan batu atau paku di jalan, berbicara dengan bahasa yang santun dan sopan, dan perbuatan baik lainnya.

Inilah Jenis Sedekah Yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW bersabda, "Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit, kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah, setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah, dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah" (HR.Bukhari dan Muslim).

Imam Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan sedekah seperti hadist diatas, adalah sedekah yang dianjurkan bukan sedekah wajib. Menurut Ibnu Bathal dalam Syarah Shahih al-Bukhari mengatakan, manusia dianjurkan untuk senantiasa menggunakan anggota tubuhnya untuk kebaikan. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Menurut penulis kitab Umdatul Qari Badruddin al-Ayni, bahwa segala amal kebaikan yang dilakukan atas dasar keikhlasan, ganjaran pahalanya sama dengan pahala sedekah. Sebab itu seluruh bagian dari anggota tubuh kita yang digunakan untuk kebaikan, dinilai oleh Allah SWT sebagai sedekah.

Dalam kitab Adab al-Mufrad, al-Bukhari meriwayatkan apabila seorang tidak mampu untuk melakukan perbuatan yang disebutkan di atas, minimal dia menahan dirinya untuk tidak menganggu orang lain. Karena secara tidak langsung, dia sudah memberi sedekah kenyamanan dan menjaga keselamatan orang banyak.

Rasulullah SAW sukses membangun masyarakat muslim yang sejahtera, adil dan makmur di atas landasan kasih sayang, juga dengan sedekah. Rasulullah SAW memberikan contoh melalui perbuatan dan perkataannya. Hal ini serupa dengan yang dikatakan oleh Imam Ibnul Qoyyim: 

"Apabila beliau melihat seseorang yang bakhil, beliau mendoakannya agar keadaan berubah, sehingga mau berkorban dan memberi. Barangsiapa yang berinteraksi dengan beliau dan melihat petunjuk beliau, niscaya ia tidak kuasa untuk menolak toleransi dan seruan beliau".

Dari Abu Dzar rodhiallohu‘anhu dia berkata:

Ada sekelompok sahabat Rasulullah melapor, “Wahai Rasulullah orang-orang kaya telah memborong pahala. Mereka sholat sebagaimana kami sholat, mereka berpuasa sebagaimana kami puasa, namun mereka dapat bersedekah dengan kelebihan hartanya.” Beliau bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian apa-apa yang dapat kalian sedekahkan? Sesungguhnya pada setiap tasbih ada sedekah, pada setiap tahmid ada  sedekah, dan pada setiap tahlil ada sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan mendatangi istrimu juga sedekah.” Mereka bertanya. “Wahai Rasulullah, apakah jika seseorang memenuhi kebutuhan syahwatnya itu pun mendatangkan pahala?” Beliau bersabda, “Apa pendapatmu, bila ia menempatkan pada tempat yang haram, bukankah ia berdosa? Demikian pula bila ia menempatkan pada tempat yang halal, ia akan mendapatkan pahala.” (HR. Muslim).

Demikianlah Jenis Sedekah Yang Dianjurkan Rasulullah SAW. Dari penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan, bahwa selama kita mampu melakukan banyak hal, maka peluang untuk bersedekah masih terbuka luas. Sedekah tidak hanya berupa uang, tetapi juga memanfaatkan anggota tubuh kita untuk orang lain dan untuk berbuat kebaikan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah Jenis Sedekah Yang Dianjurkan Rasulullah SAW"

Poskan Komentar