Inilah Waktu Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia


Puasa dimulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Lamanya waktu puasa di setiap negara tentunya berbeda-beda. Ada negara yang menjalani puasa hingga 20 jam lebih, dan ada yang hanya berpuasa dibawah 10 jam.

Puasa Ramadhan tahun 2016 ini, menjadi puasa yang paling menantang dalam 33 tahun terakhir bagi umat Islam di belahan bumi utara. Hal itu disebabkan waktu musim panas tahun ini yang berjalan lebih panjang. Matahari akan terbit lebih awal dan terbenam lebih lambat. Sejumlah negara juga akan menjadi puasa terpanas sepanjang sejarah, karena posisi wilayah negara mereka berada tepat di bawah terik matahari.

Inilah Waktu Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia

Muslim Denmark menjalani puasa selama 21 jam. Sementara muslim Argentina berpuasa hanya selama sembilan jam 30 menit. Berdasarkan peta dunia, negara yang akan mengalami waktu puasa terpanjang adalah Islandia, Swedia, dan Norwegia yaitu selama 20 jam.

Muslim Belanda dan Belgia berpuasa selama 18 jam 30 menit. Sedangkan muslim Spanyol berpuasa selama 17 jam 30 menit. Muslim Inggris dan Jerman berpuasa selama 16 jam 30 menit. Sementara muslim di Amerika Serikat, Perancis, dan Italia akan berpuasa selama 16 jam.

Muslim di Indonesia menjalani puasa sekitar 13 jam 15 menit. Puasa di Australia berjalan sekitar 10 jam, Afrika Selatan sekitar 10 jam 30 menit, Brazil 11 jam, Mexico 13 jam 20 menit. Sementara kawasan India dan negara-negara Arab akan menjalani puasa antara 14 hingga 16,5 jam. Muslim di Pakistan berpuasa antara 15-16 jam, sementara muslim di India selama 14 jam 30 menit.

Di Ibukota Pakistan Islamabad, puasa akan berjalan sekitar 16 jam. Sementara di ibukota India New Delhi puasa berjalan selama 15 jam 30 menit, dan di Mumbai puasa akan berlangsung sedikit lebih cepat.

Muslim di Bangladesh menjalankan puasa sekitar 15 jam. Mereka yang tinggal di Mesir berpuasa sekitar 16 jam 30 menit. Orang-orang di Bahrain, Arab Saudi, Tunisia, dan Palestina berpuasa selama 15 jam.

Kota Tabuk dan Haql akan menjalani waktu puasa di antara terlama di antara kota-kota lainnya di Arab Saudi, yaitu selama 15 jam 30 menit. Waktu puasa sedikit lebih pendek ada di Dammam selama 15 jam 18 menit, dan puasa paling cepat di Saudi ada di Riyadh selama 15 jam delapan menit.

Muslim di Yaman berpuasa selama 15 jam 50 menit. Muslim di Qatar berpuasa selama 14 jam 40 menit. Sementara muslim di Kuwait, Irak, Yordania, Suriah, Aljazair, Maroko, Libya, serta Sudan berpuasa selama 14 jam.

Demikianlah informasi tentang Waktu Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia. Semoga bermanfaat, dan bisa menambah semangat kita dalam menjalankan ibadah puasa. Ingat, puasa tidak hanya sekedar menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu, serta niat yang tulus dari hati untuk berpuasa semata hanya karena Allah SWT.

"Tidaklah seorang hamba yang puasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim" (HR.Bukhari 6/35, Muslim 1153) dari Abu Sa’id Al-Khudry.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah Waktu Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia"

Poskan Komentar