12 Cara Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Lele


Ikan lele, sebagaimana ikan air tawar yang lain merupakan salah satu sumber protein hewani. Asupan protein sangat dibutuhkan saat orang sedang dalam masa pembentukan otot secara aktif.

Ikan lele juga mengandung omega 3, mineral, asam lemak sehat, vitamin B12, zat besi, dan niacin.

Lele adalah ikan yang banyak digemari karena rasanya yang gurih dan lembut. Ikan lele juga mudah diolah jadi berbagai macam masakan yang lezat. Masyarakat biasanya sangat suka makan lele goreng yang dimakan bersama nasi hangat, sambal, dan lalapan.

Salah satu masalah yang sering dialami saat memasak ikan lele adalah aroma tanah. Ikan lele cenderung bau tanah karena habitatnya ada di air tawar yang penuh lumpur. Tidak jarang air dan kotoran yang masuk dalam tubuh ikan lele menempel pada insang dan ada pula yang tertelan. Bau tanah ini akan membuat cita rasa ikan lele berkurang.

Berikut ini 12 Cara Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Lele:

12 Cara Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Lele

1. Bersihkan ikan lele dengan maksimal. Hilangkan jerohan, dan bersihkan perut kan lele sebelum dibumbui sebersih mungkin. Jerohan lele inilah yang menjadi penyebab bau tanah pada ikan.

2. Kita bisa memasak ikan lele dengan menyayatnya. Sayat ikan lele dari bagian belakang kepala sampai belakang ekornya mengikuti alur garis tulang. Menyayat tidak hanya akan menghilangkan bau tanah, namun juga akan membantu bumbu meresap lebih cepat, dan ikan lebih kering saat digoreng.

3. Merendam ikan lele dengan bumbu rempah-rempah yaitu kencur, jahe, kunyit, dan serai minimal 30 menit. Hal ini akan menghilangkan bau tanah pada ikan lele.

4. Belilah ikan lele yang masih hidup, kemudian biarkan hidup di kolam air tawar biasa selama 2 hari sebelum di masak. Dengan begitu bau lumpur akan berkurang.

5. Cuci bersih ikan lele menggunakan air mengalir. Masukkan ke dalam mangkuk, dan tuang 1 cangkir cuka hingga merendam tubuh ikan. Diamkan kira-kira 15 sampai 30 menit, lalu cuci. Sifatnya yang antibakteri dan antibau dapat menghilangkan bau tanah di daging ikan, tanpa meninggalkan sisa bau dan rasa asam dari cuka.

6. Lumuri ikan lele yang sudah dibersihkan dengan garam hingga ke bagian perut, lalu simpan dalam lemari es agar garam dapat meresap dengan baik. Cukup 1 sendok teh untuk 1 kilogram ikan lele. Setelah disimpan seharian, langsung cuci ikan dalam air mengalir untuk menghilangkan garam.

7. Bersihkan ikan lele. Kemudian rendam dalam susu atau buttermilk. Tutup dengan plastik, dan masukkan ke lemari es selama 1 jam. Metode ini juga dapat memberikan rasa yang lebih gurih pada daging ikan.

8. Haluskan garam, jahe, bawang putih. Kemudian rendam ikan lele minimal 30 menit biar meresap dan baunya tanahnya hilang.

9. Berikan perasan jeruk nipis pada daging ikan lele.

10. Agar bau tanah pada ikan lele hilang, celupkan ikan pada air mendidih selama 1 menit.

11. Lumuri bawang, jahe, garam, dan jeruk nipis pada ikan lele.

12. Bersihkan ikan lele. Rendam dalam air garam dan kunyit selama 1 jam. Setelah itu cuci ikan, dan rendam dengan bumbu, baru dimasak.

Nah, itu tadi 12 Cara Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Lele. Rasa ikan lele akan terasa lebih nikmat dan lezat. Ingat, jangan menggoreng ikan lele dengan minyak bekas, karena hal itu tidak sehat. Pakailah minyak yang baru, agar manfaat ikan lele bisa kita dapatkan. Selamat mencoba!

Baca juga ------- Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "12 Cara Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Lele"

Poskan Komentar