Inilah 17 Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Lebih Putih


Memiliki gigi putih berkilau dan sehat, menjadi idaman semua orang. Karena senyuman dengan gigi putih dapat membantu penampilan kita semakin lebih menarik.

Namun kebiasaan minum kopi, minum teh, merokok, dan makan-makanan manis, dapat mengurangi kilau alami gigi. Gigi menjadi kuning dan tidak putih.

Apabila keadaan ini dibiarkan, selain merusak penampilan senyum kita, gigi juga bisa mengalami kerusakan yang lebih parah. Gigi kuning jika dibiarkan, warnanya akan semakin mencolok dan terkesan tidak bersih.

Saat ini ada banyak solusi instan ditawarkan untuk mengembalikan gigi menjadi putih kembali. Menggunakan obat kimiawi sampai penyulaman warna gigi. Namun cara alami tentu lebih aman, sehat, dan murah.

Berikut ini 17 Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Lebih Putih:

Inilah 17 Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Lebih Putih

1. Apel

Makanan berserat yang kaya nutrisi ini, bisa membersihkan dan memutihkan gigi, yaitu dengan menghilangkan plak gigi.

2. Wortel

Wortel dapat menghilangkan noda membandel pada gigi.

3. Pir

Buah pir mengandung banyak air dan dapat merangsang produksi air liur. Buah pir akan menetralkan asam dalam mulut, yang dapat menjadi penyebab kerusakan gigi.

4. Stroberi

Stroberi yang matang memiliki konsentrasi asam malat yang tinggi, yang dapat digunakan sebagai exfoliant alami untuk membersihkan permukaan gigi. Stroberi mengandung vitamin C, yang diperlukan untuk menjaga gusi tetap sehat.

5. Mentimun

Gusi berfungsi untuk menjaga gigi tetap pada tempatnya, karena itu menjaga kesehatan gusi sangatlah penting. Mentimun merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan gusi dan gigi. Teksturnya yang renyah, akan membersihkan gigi dari gula dan kotoran lain.

6. Permen karet tanpa gula

Memakan permen karet akan merangsang produksi air liur, yang berfungsi untuk membilas gigi. Pilihlah permen karet yang bebas gula dan mengandung Xylitol, yang dapat mengurangi kerusakan pada gigi.

7. Minuman tidak berwarna

Minuman manis dan berwarna biasanya akan meninggalkan noda pada gigi. Sementara minuman tidak berwarna, meskipun mengandung asam, akan membantu menjaga kilau putih alami gigi.

8. Keju

Memang benar bahwa keju baik untuk gigi. Protein yang dikandung dalam keju dapat mengurangi hilangnya enamel gigi.

9. Pisang

Pisang banyak mengandung kalium, mangan, dan magnesium yang dapat memutihkan gigi. Selain itu, juga bisa menggunakan bagian dalam kulit pisang untuk membersihkan gigi dengan cara menggosokkan pada gigi dengan pola melingkar.

10. Baking soda

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya dengan mencampur 3 sendok makan baking soda dengan satu sendok air. Lalu diaduk hingga menjadi pasta yang kental. Ggunakan pasta ini untuk menyikat gigi. Cukup melakukannya satu kali dalam seminggu.

11. Daun salam

Daun salam bisa digunakan sebagai pemutih gigi. Cara menggunakannya dengan menghaluskan daun salam hingga halus. Kemudian mencampurkan kulit jeruk yang sudah kering dan telah dihaluskan. Gunakan sedikit air, lalu campurkan hingga menjadi pasta. Kita bisa menggunakannya sebagai pemutih gigi.

12. Kulit jeruk

Gunakan sisi putih atau bagian dalam dari kulit jeruk, dan menggosokannya pada gigi selama beberapa kali sehari, sehingga gigi nampak menjadi lebih putih. Namun karena jeruk mengandung vitamin C, maka gigi akan menjadi lebih sensitif.

13. Lemon

Lemon mempunyai kandungan asam sitrat, yang fungsinya bisa sebagai pemutih alami gigi. Cara meraciknya juga cukup mudah, siapkan sepotong lemon yang bisa digunakan untuk menggosok gigi dengan sepotong lemon tersebut.

14. Minyak mustard dan garam

Menggosok gigi dengan menggunakan minyak mustard dan garam, dipercaya membantu dalam membersihkan warna makanan dan plak yang menempel pada gigi. Gunakan jari untuk menggosok gigi dengan bahan ini, dan gunakan kapas untuk membersihkan gigi. Minyak mustard dan garam gunakan satu kali dalam sebulan.

15. Air putih

Air putih adalah salah satu bahan alami yang selain baik untuk dikonsumsi, juga berfungsi untuk membersihkan gigi. Apabila anda suka mengkonsumsi minuman yang memiliki pewarna, maka sebaiknya diselingi dengan minum air putih agar gigi tetap bersih.

16. Obat kumur

Agar gigi tetap terlihat putih dan bersih, biasakanlah untuk menggunakan obat kumur. Obat kumur juga membuat nafas menjadi lebih segar. Pilihlah obat kumur yang tidak berwarna, karena obat kumur yang memiliki warna akan menjadikan warna gigi menjadi gelap.

17. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa menjadi sebuah pasta gigi. Penggunaanya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan tiga sendok makan minyak kelapa, tiga sendok makan baking soda, 25 tetes minyak esentian peppermint, dan satu sachet stevia.

Campurkan minyak kelapa dan baking soda ke dalam mangkuk, kemudian aduk menggunakan garpu hingga rata. Tambahkan minyak esentian peppermint dan stevia, lalu aduk sampai seperti pasta gigi. Gunakan pasta gigi ini untuk membersihkan gigi, agar gigi tetap bersih dan bebas bau mulut.

Nah, itu tadi 17 Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Lebih Putih. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan gigi, dengan menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, agar gigi kita tetap putih, bersih, dan sehat.

Baca juga ------- Faktor Penyebab Sakit Gigi -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 17 Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Lebih Putih"

Poskan Komentar