Inilah Pernikahan yang Diancam Rasulullah SAW


Menikah adalah suatu jenjang yang amat sakral, sebagai jalan untuk mencari yang halal dari yang sebelumnya terlarang, dan merupakan salah satu ajaran islam yang sangat dianjurkan.

Dalam sebuah ayat disebutkan, "Maka kamu nikahilah wanita yang kamu sayangi" (QS.An Nisa (4):3).

Menikah adalah perintah Allah SWT dan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW. Siapa yang menikah dengan meluruskan niat hanya karena-Nya dan menapaki sunnah Nabi, akan digolongkan sebagai umat Rasulullah yang berhak mendapatkan syafa’at di akhirat kelak. Tentu saja selama melakukan perintah-perintah-Nya yang lain, dan meninggalkan larangan-larangan-Nya.

Meskipun menikah merupakan ibadah yang dianjurkan, tetapi ada jenis pernikahan yang dilarang bahkan pelakunya diancam oleh Rasulullah SAW. Pernikahan yang diancam oleh Rasulullah ini, disebutkan dalam hadits agung riwayat Imam al-Bukhari Rahimahullahu Ta’ala.

Berikut ini Pernikahan yang Diancam Rasulullah SAW:

Inilah Pernikahan yang Diancam Rasulullah SAW

1. Pelakunya akan direndahkan

Orang ini diancam oleh Rasulullah SAW dengan rendahnya derajat, karena “Siapa yang menikahi seorang wanita karena memandang kedudukannya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan baginya kerendahan”.

Seorang laki-laki yang menambatkan hatinya karena tingginya kedudukan calon istri atau walinya semata. Dia menikah bukan lantaran akhlak atau agama, tetapi karena tingginya kedudukan dan derajat yang mulia dalam pandangan sesama manusia.

2. Pelakunya mendapatkan kemiskinan

Barang siapa yang miskin lalu memutuskan untuk menikah, maka Allah SWT menjanjikan baginya kekayaan dan kecukupan di dalam hidupnya. Namun, jika ada orang yang menikah tetapi melihat kekayaan si wanita, maka akan diganjar dengan kemiskinan. Kondisi ini sebagaimana disebutkan dalam kelanjutan hadits di atas, “Siapa yang menikahi seorang wanita karena melihat harta bendanya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan baginya kemelaratan”.

3. Pelakunya diliputi kehinaan

Bertambah hina, semakin melarat, dan diliputi kehinaan. Inilah orang yang merugi di dunia dan akhirat, jika tidak segera bertaubat kepada Allah SWT. Mereka adalah yang disebutkan dalam kelanjutan riwayat hadist ini, “Siapa yang menikahi seorang wanita karena keturunannya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan kehinaan baginya”.

Nah, itu tadi Pernikahan yang Diancam Rasulullah SAW. Bagi yang belum menikah, maka niatkan yang terbaik untuk Allah SWT dan Rasul-Nya. Bagi yang sudah menikah, teruslah memperbaiki niat. Pernikahan itu seperti kerja berkepanjangan yang amat melelahkan, tetapi berlimpah pahala berkah.

Dalam akhir hadits disebutkan, bahwa Allah Ta’ala akan menambahkan keberkahan bagi sepasang suami dan istri yang menikah karena Allah Ta’ala, demi menjaga farjinya dari zina, menundukkan pandangan, dan mendekatkan ikatan kekeluargaan.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah Pernikahan yang Diancam Rasulullah SAW"

Poskan Komentar