Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia


Bandara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat.

Bandara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu, sedangkan bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.

Pada masa awal penerbangan, bandara hanyalah sebuah tanah lapang berumput yang bisa didarati pesawat dari arah mana saja tergantung arah angin.

Pada masa Perang Dunia I, bandara mulai dibangun permanen, seiring meningkatnya penggunaan pesawat terbang dan landasan pacu. Setelah perang berakhir, bandara mulai ditambahkan fasilitas-fasilitas komersial untuk melayani penumpang.

Sekarang ini, bandara bukan hanya tempat untuk naik dan turun pesawat. Berbagai fasilitas umum ditambahkan ke dalamnya, seperti toko, restoran, pusat kebugaran, butik merek ternama, dan sebagainya. Kegunaan bandara selain sebagai terminal lalu lintas manusia atau penumpang, juga sebagai terminal lalu lintas barang. Karena itu di bandara internasional, ditempatkan petugas bea cukai.

Perusahaan riset transportasi udara Skytrax, mengeluarkan daftar 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia. Lebih dari 550 bandara masuk dalam penilaiannya. Hal yang dinilai selain bandaranya, juga termasuk kinerja perusahaan pengelola bandara, kenyamanan fasilitas, lokasi kamar mandi, serta kemampuan bahasa asing para staf bandara.

Berikut ini 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia:

1. Singapore Changi International Airport (SIN)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Singapore Changi International Airport menjadi bandara terbaik di Asia maupun Dunia. Merupakan basis maskapai Singapore Airlines, Silkair, dan Tiger air. Juga masuk dalam daftar 16 bandara tersibuk di dunia. Bandara ini mempunyai desain yang indah serta operasional yang efisien. Fasilitas-fasilitas yang dimilikinya juga tergolong mewah. Bandara ini juga menyediakan bioskop, spa, serta tempat makan dan belanja yang sangat luas.

2. Incheon International Airport (ICN)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Incheon International Airport menampung 41,7 juta penumpang setiap tahunnya. Berlokasi di Seoul, bandara ini termasuk ke dalam daftar 24 bandara tersibuk di dunia. Selain punya tempat berbelanja dan restoran, bandara ini juga punya museum kebudayaan Korea.

3. Tokyo Haneda International Airport (HND)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Tokyo Haneda International Airport menampung 72,8 juta penumpang tiap tahunnya. Bandara ini menjadi pintu masuk pelancong bisnis maupun wisatawan. Bandara yang dikenal sebagai bandara tersibuk ke-4 di dunia ini, mempunyai pelayanan yang efisien, bersih, dan ada tempat perbelanjaan.

4. Hong Kong International Airport (HKG)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Bandara yang dibangun di pulau buatan lepas pantai Hongkong ini, menampung setidaknya 63,1 juta penumpang tiap tahunnya. Hong Kong International Airport masuk ke dalam daftar 10 bandara terbaik di dunia sejak dibuka pada tahun 1998. Melayani basis penerbangan Cathay Pacific, Hong Kong Airlines, dan Dragonair.

5. Central Japan International Airport (NGO)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Central Japan International Airport menampung 9,8 juta penumpang setiap tahunnya. Bandara ini dibangun di pulau buatan di tengah Ise Bay dekat Nagoya. Juga dikenal dengan nama Centrair, yang berfungsi menjadi basis untuk Japan Airlines dan ANA. Bandara ini menawarkan pemandangan berupa pelabuhan Nagoya, dan menyediakan pemandian tradisional Jepang sambil melihat matahari terbenam di teluk.

6. Kansai International Airport (KIX)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Jumlah penumpang yang ditampung Kansai International Airport mencapai 20 juta orang per tahunnya. Bandara ini merupakan basis maskapai ANA dan Japan Airlines. Mendapat nilai baik dari Skytrax, dilihat dari arsitektur modern, fasilitas yang baik, dan staf yang sigap membantu.

7. Tokyo Narita International Airport (NRT)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Jumlah penumpang yang ditampung per tahunnya mencapai 35,6 juta. Tokyo Narita International Airport yang terletak 35 mil dari Tokyo ini memegang peran penting dalam penerbangan dunia. Bandara tersebut menjadi basis bagi maskapai ANA, Japan Airlines, Delta, dan United. Bandara ini memiliki nilai plus dari layanan yang efisien, keramahan petugas, kebersihan fasilitas umum, dan banyaknya tempat makan.

8. Beijing Capital International Airport (PEK)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Sebagai bandara ke-2 tersibuk di dunia, Beijing Capital International Airport memainkan peran utama mendongkrak pertumbuhan ekonomi China. Bandara ini telah membangun fasilitas baru dan meningkatkan infrastrukturnya. Terminal 3 bandaranya menyabet peringkat ke-10 terminal bandara terbaik di dunia. Jumlah penumpang yang ditampung bandara ini per tahunnya mencapai 83,7 juta.

9. Taiwan Taoyuan international Airport (TPE)

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Jumlah penumpang yang ditampung per tahunnya mencapai 34 juta. Taiwan Taoyuan international Airport merupakan bandara terbesar di Taiwan dan merupakan basis China Airlines dan Eva Air. Skytrax menilai bandara ini berdasarkan kesopanan, kebersihan, dan kecepatan layanan imigrasi.

10. Kuala Lumpur International Airport

Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia

Kuala Lumpur International Airport termasuk ke dalam bandara tersibuk di Asia Tenggara. Berlokasi 35 mil dari Kuala Lumpur. Jumlah penumpang yang ditampung per tahunnya mencapai 47,5 juta. Bandara ini merupakan salah satu bandara futuristis yang unik, dan dilengkapi dengan air terjun.

Nah, itu tadi 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia, berdasarkan riset Skytrax. Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa menjadi rujukan saat anda akan melancong atau perjalanan bisnis ke Asia nanti.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 10 Bandara Terbaik 2016 di Asia"

Poskan Komentar