Kesalahan Paling Sering Saat Membayar Cicilan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang sangat menyenangkan terlebih lagi bagi Anda sebagai seorang newbie. Pasalnya dengan kartu kredit ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan misalnya saja potongan di restaurant, hotel atau pun promo-promo menarik lainnya. Disamping itu dengan adanya kartu kredit maka Anda tidak membutuhkan uang tunai karena kebutuhan yang Anda inginkan dapat dibayar menggunakan kartu kredit. Itulah yang membuat kartu kredit begitu digemari oleh banyak orang.

Kemudahan dalam menggunakan kartu kredit memang menjadi primadona bagi banyak orang. Itulah yang membuat penggunaan kartu kredit dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Anda dapat bertransaksi tanpa perlu membawa uang cash karena untuk membeli sesuatu yang Anda inginkan dapat dibayar melalui kartu kredit tersebut.

Namun satu hal penting yang Anda harus ingat adalah setiap transaksi pada akhir bulannya harus Anda bayarkan karena transaksi dengan kartu kredit dapat disebut sebagai hutang Anda kepada bank yang bersangkutan.

Hal ini menjadi peringatan kepada diri Anda sendiri untuk tidak berlebihan dalam menggunakan kartu kredit. Besarnya tagihan yang harus Anda bayarkan tergantung pada berapa besar transaksi dan bunganya. Untuk itu Anda harus mengetahui secara benar prosedur dalam pembayaran cicilan kartu kredit. Pasalnya masih banyak orang yang salah ketika melakukan pembayaran cicilan. 

Kesalahan Paling Sering Saat Membayar Cicilan Kartu Kredit

Berikut ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan:

1. Melewati Batas Waktu Pembayaran

Sebagai pengguna kartu kredit sudah seharusnya Anda membayarkan tagihan yang sudah ditentukan. Pembayaran biasanya harus dilakukan jauh sebelum tanggal jatuh tempo. Namun masih banyak orang yang membayar tagihan tersebut melewati dari batas waktu yang sudah ditentukan. Padahal nyatanya ketika Anda membayar tagihan melewati dari batas waktu yang telah ditentukan, Anda akan dikenakan biaya atau denda keterlambatan. Selain itu Anda juga akan dikenakan bunga berjalan yang cukup besar.

Oleh karena itu, lakukanlah pembayaran jauh hari atau 7 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

2. Tidak Memiliki Hutang

Banyak para pengguna kartu kredit yang menyatakan bahwa dirinya tidak memiliki hutang karena selalu membayar tagihan secara tepat waktu. Padahal nyatanya, setiap transaksi melalui kartu kredit itu sama saja Anda sudah berhutang kepada bank yang bersangkutan. Bank tersebut nantinya akan melaporkan setiap pembayaran Anda sebagai hutang dan data tersebut akan tersimpan di kantor pusat Bank Indonesia. Oleh karena itu, walaupun Anda rutin melakukan pembayaran tetap saja Anda memiliki catatan hutang.

3. Membayar Cicilan Minimum

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan cicilan yang rendah guna mempromosikan barang dagangannya. Umumnya banyak orang yang tertarik membeli karena dilandasi dengan cicilan rendah tersebut. Padahal nyatanya ketika Anda membeli barang dengan cicilan rendah maka Anda menimbun hutang yang lebih besar karena pada setiap bulannya tagihan Anda akan ditambahkan bunga pada setiap pembayarannya. Maka dari itu jikalau dihitung-hitung harga barang tersebut jauh lebih mahal dari harga aslinya.

Itulah beberapa kesalahan ketika seseorang membayar cicilan kartu kredit. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit sehingga nantinya Anda tidak merasa dirugikan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kesalahan Paling Sering Saat Membayar Cicilan Kartu Kredit"

Poskan Komentar