Panduan Berinvestasi Saham Dengan Bijak

Setiap manusia pasti menginginkan kebutuhan hidupnya tercukupi, setelah itu barulah ingin save kekayaan agar sampai masa tua nanti tidak kesulitan mencari nafkah. Ini yang disebut dengan kebebasan finansial. Di sini kita akan bahas panduan berinvestasi saham dengan bijak agar memberikan kebebasan finansial untuk masa tua nanti. 

Meski pada dasarnya banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan, mulai dari investasi emas, investasi tanah, bisnis dan lainnya hingga investasi saham. Saya merekomendasikan investasi saham karena termasuk salah satu yang tumbuh sangat pesat. 



Berikut ini panduan dan tips triknya agar bisa berinvestasi dengan menguntungkan. 

1. Mulailah berfikir panjang
Berinvestasi, berarti anda akan menjadi investor. Investor selalu berfikir panjang, tidak panik dan mempertimbangkan segala sesuatu sebelum memutuskannya. Jika dalam investasi saham, anda harus melihat dengan jeli bagaimana pertumbuhan portofolio bisnis yang akan dibeli sahamnya. Lalu berfikirlah panjang mengenai apa yang akan dilakukan bisnis tersebut di masa depan.

2. Jangan membeli saham murahan
Mudah boleh, tapi jangan murahan. Kebanyakan dari kita mudah tergoda dengan godaan saham murah dan menawarkan risiko rendah. Perlu dipahami bahwa semua investasi adalah berisiko, jika Anda membeli saham dengan murahan dan risiko kecil tentu keberhasilan investasi saham akan menjauh dari keberhasilan. 

3. Bedakan saham yang baik dan buruk
Mungkin saat pertama kali berbisnis saham, Anda bisa saja membeli semua saham sebanyak banyaknya. Untuk menambah portofolio saham Anda. Tapi jika diperuntukkan untuk jangka panjang, perhatikan yang bagus dan keluarkan yang buruk. Pilih saham yang kira-kira berpeluang berkembang lebih baik dan buang yang sekiranya akan memburuk di masa depan. 

4. Siapkan strategi
Banyak strategi tidak berarti kinerja baik. Cobalah untuk memilih satu strategi yang tepat dan memilih perusahaan yang tepat. Lakukan terus menerus dan amati perubahan pasar agar bisa menemukan celah keuntungan Anda. 

5. Berfikir terbuka
Sebagai investor, Anda harus berfikir terbuka dengan melihat segala peluang yang muncul. Berbagai perusahaan terkenal adalah pilihan terbaik untuk berinvestasi, apalagi dengan pertumbuhan positif jangka panjang. Bisa jadi juga perusahaan kecil yang Anda remehkan akan tumbuh pesat menjadi perusahaan besar di masa yang akan datang. Lakukan penglihatan dengan jeli dan pastikan pikiran Anda terbuka agar bisa melihat perubahan yang positif. 

6. Jangan terbawa isu
Pastikan semua data yang Anda gunakan untuk riset pasar saham adalah kredibel. Artinya berasal dari sumber yang terpercaya dan teruji kevalidannya. Lalu barulah mulai melakukan analisis saham dengan baik. Jangan mudah terbawa isu yang belum jelas kebenarannya dan rumor yang tidak tau dari mana sumbernya. Tetaplah berjaga dan menyaring informasi yang Anda dapat. 

Panduan berinvestasi saham di atas tentu bisa jadi salah satu acuan bagi Anda ketika mulai melakukan investasi kecil-kecilan. Ingatlah prinsip ekonomi, lakukan sekecil kecilnya dan dapatkan sebesar besarnya. Caranya dengan memilh saham yang bergerak paling positif diantara lainnya. 

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Panduan Berinvestasi Saham Dengan Bijak"

Poskan Komentar