Panduan Menginstal Windows 7 dengan Menggunakan Flashdisk

Pada dasarnya pada saat menginstall windows kita lebih sering menggunakan DVD sebagai medianya. Namun, ada beberapa orang yang tidak memiliki DVD Disk Drive atau DVD internal mengalami kerusakan.

Ternyata Anda bisa menginstal Windows versi 7/8/8.1/10 hanya dengan menggunakan USB Flash drive (Flashdisk). Umumnya, Windows menjual produk mereka dalam bentuk CD/DVD serta menggunakan CD/DVD dalam proses penginstalan. Perangkat baru yang sekarang bermunculan seperti ultra portable dan tablet tidak didukung dengan optical drive sehingga kita tidak bisa menginstalnya lewat CD/DVD. Salah satu solusi menginstal Windows adalah dengan menggunakan perangkat USB Flash drive seperti flashdisk.

Alasan lain mengapa kita menggunakan Flashdisk untuk menginstal karena proses penginstalan melalui flashdisk jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan CD/DVD. Tetapi menggunakan flashdisk tidaklah mudah. Sebelumnya, kita harus menyiapkan file dan memiliki software khusus untuk membuat bootable.



Berikut adalah persiapan melakukan instalasi Windows menggunakan flashdisk.
File Windows ISO versi terbaru bisa di download di google atau ingin menginstal dengan versi lain yang bisa di cari di internet. Sebelum mendownload sebaiknya membuat akun Microsoft terlebih dahulu atau login jika sudah memiliki akun.
Dianjurkan untuk memakai flashdisk berukuran minimal 4 GB dan 8 GB untuk 64 bit.
Anda bisa mendapatkan Refuse Bootble tools dengan mendownloadnya melalui internet. 

Membuat Bootbale pada Flashdisk 
Langkah berikutnya yaitu membuat bootable dengan menggunakan refuse bootable software. 
1. Tancapkan Flashdisk USB port kemudian buka program refuse yang sudah di download.
2. Klik create a bootable disk using ISO Image lalu cari file Windows ISO yang telah di download.
3. Pilih default yang terdapat pada pengaturan kemudian klik start untuk memulai membuat bootable flashdisk. Disarankan untuk terlebih dahulu membackup isi flashdisk karena secara otomatis rufus akan memformat flashdisk.

Langkah selanjutnya yaitu mengatur BIOS agar booting pertama kali dari flashdisk. Hal tersebut dilakukan agar flashdisk dapat dibaca pada saat booting. Berikut cara setting BIOS agar booting dari flashdisk.
1. Pasang USB bootable yang telah dibuat kedalam USB port di PC/laptop.
2. Restrart PC/laptop.
3. Akan muncul informasi mengenai untuk masuk ke BIOS atau System Utilities. Tekan beberapa kali untuk memastikan. Salah satu pesan yang akan muncul adalah seperti ini;
Press DEL to enter BIOS setup (tekan Delete) 
Press F2 for System Utilities (tekan tombol F2)

4. Flashdisk akan terdeteksi di tab boot.
5. Tekan tombol +/- pada keyboard, posisi flashdisk akan berada di urutan teratas. Pada umumnya settingan default memengaruhi penempatan hard drive diposisi teratas.
6. Tekan tombol F10 untuk menyimpan setting lalu keluar dari bios. Tekan enter untuk konfirmasi perubahan setting.
7. PC/laptop secara otomatis akan restrat dan membaca file master windows yang telah kita buat.

Langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi windows. Kita bisa menggunakan OS Windows 10 technical preview. Hal tersebut juga berlaku pada windows 7, 8, 8.1 dan 10. Berikut adalah cara instalasi windows;
1. Perlu diingat USB flashdisk harus masih terpasang. Restrat komputer, booting akan dilakukan melalui flashdisk untuk memulai instalasi Windows.
2. Muncul logo Windows pada layar, artinya proses instalasi akan dimulai.
3. Pilih bahasa yang pengguna pahami. Anda bisa menerapkannya ketika proses instalasi selesai.
4. Teruskan saat muncul tombol Instal Now.
5. Akan muncul pesan “I accept the licence terms” yang artinya Anda harus patuh dengan persyaratan.
6. Direkomendasikan untuk menginstal Costom: Install Windows only.
7. Anda harus menentukan lokasi file system windows yang akan di instal serta menambahkan partisi baru untuk penyimpanan file.
8. Tunggu proses instalasi hingga selesai.
9. Klik tombol “Use Express Settings”..
10. Kemudian login dengan menggunakan akun Microsoft, Anda bisa mendaftar apabila tidak memiliki akun.
11. Tunggu beberapa saat, Windows sedang mengkonfigurasikan aplikasi Anda.
12. Windows kini telah terinstal di PC Anda.

Bagi pengguna Windows 7, 8 dan 8.1 masa aktif hanya selama 30 hari saja. Melampaui masa itu tampilan layar Windows akan berubah menjadi hitam. Usahakan untuk segera mengaktifkannya setelah proses instalasi. Anda bisa membeli licensi resi dari Microsoft atau mencari alternatif gratis yang bisa ditemukan di google.

Apabila Anda ingin menyempurnakan tampilan grafik, disarankan untuk mengupdate driver dengan menggunakan 3 dp Chip yang bisa di download secara gratis. 3 dp Chip mampu menganalisa driver yang cocok pada PC kita karena ukurannya yang ringan. Anda bisa mengunduh software 3dp Chip dengan mencarinya di google.

Silahkan Anda mempraktekkan cara-cara menginstal OS Windows 7 menggunakan flashdisk yang sudah kami sharing. Cara menginstal Windows 7, 8, dan 10 tidak jauh berbeda. Semoga bermanfaat!



Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Panduan Menginstal Windows 7 dengan Menggunakan Flashdisk"

Poskan Komentar