Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk


Idul Adha atau hari Raya Kurban, biasanya kita mendapatkan bagi-bagi daging kurban baik itu daging kambing dan sapi. Daging kambing adalah yang istimewa, karena cita rasanya yang khas. Namun, tidak semua orang ternyata menyukai daging hewan kurban yang satu ini.

Prengus atau bau yang menyengat, merupakan bau khas kambing yang berasal dari semacam cairan khusus yang dimiliki kambing. Bau prengus pada daging kambing berasal dari feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama kambing jantan.

Jika kita tidak bisa mengolah daging kambing dengan baik, maka daging akan lengket, alot, dan tetap berbau prengus, meskipun daging sudah dimasak. Padahal daging kambing adalah daging yang lezat dan enak untuk dinikmati. Berikut ini Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk.

Tips agar daging kambing tidak bau:

1. Daging kambing tidak perlu terlalu banyak dicuci, karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Cukup memberikan air perasan jeruk nipis, kemudian diamkan sebentar.

2. Cincang jahe dan campurkan bersama daging kambing. Aroma jahe akan menutupi bau tidak sedap pada daging kambing. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya haluskan jahe dan campurkan bersama bumbu lainnya.

3. Campurkan daging kambing dengan berbagai bumbu dapur yang beraroma kuat seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Selain bau menghilang, juga bisa menambahkan cita rasa pada masakan.

4. Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, kita bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

5. Balurkan garam ke seluruh permukaan daging kambing, kemudian diamkan selama satu jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

6. Jika lebih suka mencuci daging lebih dulu, maka rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

7. Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya.

Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk

Tips agar daging kambing tidak alot atau empuk:

1. Ketika daging kambing digunakan untuk membuat sate, sebelumnya rendam daging kambing dalam bumbu dengan campuran baking powder.

2. Mengempukkan daging kambing juga bisa menggunakan bubuk papain. Enzim papain merupakan hasil olahan yang diperoleh dengan mengolah batang dan buah papaya muda.

3. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

4. Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

5. Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru masak seperti biasa.

6. Buah pir juga bisa untuk melunakkan daging. Caranya sama eperti nanas, yaitu parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

Seperti diketahui bahwa kandungan nutrisi daging kambing per 100 gram mengandung 234 kalori, lemak 11 gram, Lemak jenuh 5 gram, Kolesterol 109 mg, Sodium 135 mg, zat besi, vitamin B, vitamin B12, kolin, selenium, asam linoleat terkonjugasi (CLA), omega 3, dan fosfor 272 mg

Adapun manfaat daging kambing bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
1. Menjaga kesehatan jantung
2. Mencegah kanker
3. Menurunkan berat badan
4. Mencegah anemia
5. Mencegah bayi lahir cacat
6. Mengurangi nyeri saat haid atau menstruasi
7. Menjaga kesehatan kulit
8. Mencegah autisme, stres, dan depresi
9. Mencegah penyakit stroke dan ginjal
10. Sumber energi yang cukup besar
11. Menjaga kesehatan tulang
12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nah, itu tadi Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk. Manfaat daging kambing memang sangat besar, akan tetapi konsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Terutama untuk penderita Hipertensi (tekanan darah tinggi), Kolesterol, dan Diabetes.

Baca juga ------- 10 Resep Daging Kambing Khas Nusantara -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk"

Poskan Komentar