Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit saat ini seolah menjadi kebutuhan wajib yang tidak bisa ditinggalkan. Kartu kredit adalah kartu yang digunakan seseorang untuk bertransaksi. Kartu kredit ini merupakan kartu yang diberikan bank sehingga uang yang digunakan adalah uang milik bank. Oleh karena itu dalam arti lain jika Anda menggunakan kartu kredit maka Anda meminjam uang kepada bank dan berkewajiban untuk membayar tagihan tersebut pada bulan berikutnya. Pasalnya kartu kredit memiliki batas waktu penggunaan yaitu satu bulan, hal berlaku untuk selanjutnya.

Pemberian kartu kredit ini dilakukan pihak bank sesuai besarnya pendapatan Anda dalam setiap bulannya. Selain adanya batas waktu pemakaian ada pula limit penggunaan yang besarnya berbeda-beda. Hal inilah yang membuat adanya jenis-jenis kartu kredit yang dapat Anda gunakan seperti kartu kredit gold, silver dan platinum. Namun sayangnya tidak semua orang dapat menggunakan kartu kredit karena ada persyaratan-persyaratan tertentu yang harus dipenuhi.

Pengguna kartu kredit biasanya adalah para pengusaha ataupun karyawan. Bahkan biasanya bagi kebanyakan orang yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit pasti memiliki rasa kegembiraan yang luar biasa. Rasa senang tersebut membuat orang tersebut bertransaksi secara tidak terkontrol, itulah yang menjadi pemicu utama terjadinya pembengkakan tagihan pada bulan depannya. Oleh karena itu, Anda harus lebih pandai dalam menggunakan kartu kredit. 



Berikut ini adalah beberapa tips bijak ketika menggunakan kartu kredit:

1. Batasi Jumlah Kartu Kredit
Mempunyai kartu kredit memang sangat menyenangkan karena Anda dapat berbelanja walaupun tidak mempunyai uang tunai. Namun Anda harus tetap membatasi diri Anda agar tidak memiliki kartu kredit lebih dari 2 buah. Pasalnya semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki maka akan semakin besar tagihan Anda pada nantinya. Tagihan kartu kredit tersebut harus Anda lunasi tepat waktu karena semakin lama tidak dilunasi maka akan semakin banyak bunga yang harus dibayarkan.

2. Manfaatkan Kartu Kredit
Sekarang ini banyak restoran, tempat perbelanjaan, hotel dan lain sebagainya memiliki harga menarik bagi para pengguna kartu kredit seperti halnya potongan harga atau promo-promo menguntungkan lainnya. Oleh karena itu Anda harus memanfaatkan momen-momen tersebut dengan baik. Sangat menyenangkan bukan menikmati santapan mewah dengan adanya potongan yang menjanjikan. Hal-hal seperti itulah yang harus Anda manfaat sebagai pengguna kartu kredit.

3. Simpan Kartu Kredit Anda
Jangan membawa kartu kredit setiap kali Anda pergi karena jika membawanya besar kemungkinan Anda akan menggunakannya untuk bertransaksi bahkan membeli hal yang tidak dibutuhkan. Maka dari itu sebelum Anda pergi maka Anda harus lebih cermat dalam mempertimbangkan untuk membawa kartu kredit atau tidak.

4. Gunakan Point Reward
Setiap pemakaian kartu kredit maka secara otomatis Anda akan mendapatkan poin. Poin tersebut lambat laun akan terkumpul menjadi banyak dan dapat ditukarkan dengan beberapa barang ataupun promo-promo menarik lainnya. Penukaran poin tersebutlah yang harus Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena Anda berhak untuk mendapatkannya.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit"

Poskan Komentar