Cara mengembangkan Kreatifitas kerja, baca tips ini

Apa itu Kreatifitas ??

Kreatifitas adalah proses sikap mental yang mengakibatkan munculnya Ide baru atau konsep-konsep baru dengan adanya gagasan menambah yang sudah ada dari yang belum ada menjadi ada dari yang sudah ada menjadi lebih baik atau mencipta kan yang belum ada menjadi ada sehingga gagasan ide konsep baru bisa diterima dan di pakai orang banyak.

Kata kreatifitas itu sendiri yaitu menciptakan yang belum ada menjadi ada, namun bisa juga di artikan liat dari kemauan serta rajin, ulet, tangkas dan sabar.
Dalam dunia kerja kreatifitas ini sangat di butuhkan dalam mencapai suatu tujuan, dan jika tidak maka anda akan tertinggal jauh dengan adanya kemajuan teknologi.

Mengapa sedikit sekali yang kreatif di negeri ini  ??
Apakah karena kita bodoh..? Jawab nya tidak.

Banyak sekali universitas yang tiap tahun melahirkan sarjana. Apakah spek otak kita di bawah rata-rata ini juga tidak.

Cara mengembangkan Kreatifitas kerja

Semua orang bisa kreatif jadi kreatif tidak cukup berbekal dengan Skill dan kemampuan saja sebab membutuhkan kemauan kerja keras serta motivasi yang tinggi.

Mengapa demikian ?

Sebab dengan memiliki keterampilan, bakat, kemampuan tidak otomatis seseorang melakukan aktivitas yang melahirkan atau menciptakan kreatifitas, dan hal-hal baru untuk suatu dunia kerja. Mereka malas menciptakan konsep, dan hanya menjalankan aktivitas yang sudah ada rutinitas sehari-hari ini akibat nya lama-lama anda pasti bosan,jenuh.

Maka dari itu sangatlah di butuhkan kemauan serta motivasi yang tinggi.

Cara mengembangkan kreatifitas ini adalah dengan menggali potensi yang ada pada diri sendiri, dengan kemauan serta kerja keras ciptakan konsep-konsep baru kearah perubahan yang lebih baik.
Dalam setiap manusia memang potensi bakat, kemauan, kemampuan berbeda-beda tinggal hanya bagaimana anda mengasah kemampuan yang anda punya dan miliki menjadi kontribusi yang lebih baik buat anda dan orang lain.

Peluang dalam Mengembangkan Kreatifitas kerjaUntuk mengasah kreatifitas kemampuan dalam diri bisa di mulai dari hobby dan jangan takut mencoba karena mencoba itu tidak salah dari pada anda diam saja. Anda tidak tahu kemampuan diri anda sebenar nya.

Kenapa anda tidak mencoba tingkat kan dan bangkit kan motivasi diri sendiri ?

Percaya akan kekuatan pikiran anda pasti bisa. Misalnya belajar naik sepeda berkali-kali anda coba gagal tapi pada suatu ketika anda bisa dan menguasainya setelah bisa terbiasa akan mahir.

Begitu juga dengan diri anda inti nya jangan takut mencoba dan jangan takut salah karena benar itu awalnya dari salah orang yang tidak tahu apa-apa adalah orang yang tidak pernah mencoba.

Bangkitkan kreatifitas diri anda buatlah diri anda bersemangat motivasilah diri sendiri gali bakat yang ada dalam diri. Anda pasti anda akan menemukan sesuatu yang sangat berharga, yang tidak anda sangka dan duga sebelumnya.

Jangan pesimis dan jangan katakan pada diri anda kalau anda tidak bisa.

Katakan lah pada diri anda " saya pasti bisa " dan kekuatan pikiran itu yang akan membuat anda jadi bisa dan kreatif hilang kan budaya malu atau malas gunakan pikiran positif yang ada dalam pikiran anda.

Dengan menanam pikiran saya pasti bisa, ini merupakan cara mengembangkan kreatifitas kerja.

Jadi jika ada peluang yang bisa anda kembang kan untuk berkreatifitas gunakan peluang tersebut dengan sebaik-baik nya gunakan potensi yang ada dalam diri anda.

Apakah tantangan anda terhambat untuk berkreatifitas ??.

Tantangan nya ada dua yaitu   :

     1.  Faktor internal
     2.  Faktor eksternal.

Faktor internal adalah   :

-    Pola pikir
-    Paradigma.
-    Ketakutan.
-    Keyakinan.
-    Motivasi.

Faktor Eksternal adalah   :

-    Sosial.
-    Organisasi/kepemimpinan.


Faktor Internal

Pola pikir yang dimaksud adalah pola pikir yang kurang produktif ini akan menghambat anda untuk ber aktifitas dan berkreasi yang positif anda akan malas menggali potensi yang ada pada diri anda yang seharusnya anda mampu tapi tidak anda gunakan dengan sebaik-baik nya.

Paradigma

Hampir sama dengan pola pikir yaitu cara menafsirkan Dunia di sekeliling nya atau alat untuk sebagai pembantu gambaran batin, Paradigma se seorang akan mempengaruhi kteatifitas seseorang dengan paradigma anti konflik biasa nya kurang menyukai perubahan dan bahkan anti,benci perubahan yang akan membuat sebagai ancaman kemapanan dari pada sebagai peluang ke arah perbaikan.

Pada hal kreatifitas juga dapat berubah karena adanya perbedaan,benturan-benturan terjadinya suatu masalah dan sebagainya.

Ketakutan

Kreatifitas yang sangat mudah dikenali adalah rasa takut, Takut di cemooh,takut diabaikan,Takut tidak diterima,Takut mencoba dan sebagainya.

Rasa takut ini lah yang menghambat seseorang untuk berkreatifitas takut tidak sesuai dengan apa yang di harapkan,takut mengambil resiko sehingga kalah sebelum berperang yang akhir nya ide-ide yang anda punya tidak jadi anda kemukakan.

Keyakinan 

Keyakinan yang kuat untuk memulai sesuatu yang baru adalah modal utama untuk suatu kreatifitas melahirkan ide-ide dan pembaharuan ke arah terciptanya pola pikir yang positif sehingga lahir lah kreatifitas.
Kalau anda tidak yakin dengan kemampuan anda pasti tidak akan berhasil sesuatu yang anda kerja kan akan sia-sia belaka.

Motivasi.

Untuk melahirkan sesuatu kreatifitas haruslah dengan memotivasi diri sendiri terlebih dahulu jika anda sudah suport diri anda sendiri maka akan lahirlah ide-ide cemerlang dalam diri anda dan bisa berguna buat anda dan orang lain.


Faktor eksternal.

Sosial.

Kreatifitas adalah bukan saja aktivitas secara individu saja akan tetapi langsung maupun tidak langsung menyangkut aspek soaial situasi tersebut akan menpengaruhi kreativitas seseorang untuk lebih produktif dan kreatif.


Organisasi kepemimpinan.

Kini organisasi menempati peran penting sekaligus bahan bakar untuk terciptanya inovasi, Sekalipun peran kreatifitas diakui lebih besar namun banyak organisasi gagal menyediakan lingkungan atau iklim yang kondusif untuk merangsang lahirnya kreatifitas.

Demikian info tentang cara mengembangkan Kreatifitas kerja semoga bermanfaat bagi anda kesimpulannya kreatifitas akan tumbuh kalau adanya niat, kemauan dan keyakinan yang besar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara mengembangkan Kreatifitas kerja, baca tips ini"

Poskan Komentar