6 Tips Agar Jilbab Tidak Mudah Kusut Saat Disimpan


Memakai jilbab untuk muslimah sangatlah penting karena selain untuk menutup aurat jilbab juga dapat mempercantik penampilan. Saat ini model jilbab sudah tidak lagi monoton. Ada berbagai macam variasi untuk membuat jilbab tampak lebih fashionable dan stylish.

Bagi wanita berjilbab, menata dan menyimpan koleksi jilbab favorit terkadang bisa menjadi hal yang ribet. Sebab jilbab dengan bahan tertentu, terkadang mudah kusut jika kita menyimpannya dengan cara yang kurang tepat.

Agar jilbab tidak kusut saat disimpan, gunakan 6 Tips Agar Jilbab Tidak Mudah Kusut Saat Disimpan berikut ini:

1. Kelompokkan jilbab dalam warna-warna yang sering dipakai

Hindari mencampur semua jilbab menjadi satu. Bagi jilbab berdasarkan warnanya. Misalnya, kamu suka dengan gaya monokrom, maka jilbab berpalet putih, abu-abu, dan hitam bisa diletakkan dalam satu bagian terpisah. Jadi saat sedang terburu-buru, otomatis kamu akan mencari jilbab dengan warna favoritmu tersebut langsung di tempat yang telah dipisahkan, tanpa harus mengacak-acak jilbab yang lainnya.

2. Kelompokkan jilbab berdasarkan bahannya

Selain dipisahkan berdasarkan warnanya, kamu juga bisa memisahkan jilbab berdasarkan bahannya. Jika kamu lebih sering mengenakan jilbab berbahan sifon, viscose, dan katun, maka pisahkan jilbab berbahan tersebut dengan jilbab yang memiliki bahan lainnya.

Jangan lupa, pisahkan berdasarkan warna juga. Hal ini akan memudahkan kamu memilih jilbab yang akan kamu kenakan, karena sudah disusun sesuai dengan bahan favorit yang sering kamu pakai sehari-hari.

6 Tips Agar Jilbab Tidak Mudah Kusut Saat Disimpan

3. Letakkan jilbab bercorak dalam tempat tersendiri

Jilbab bercorak sebaiknya dipisahkan dengan jilbab polos. Hal ini akan memudahkan kamu mencari jilbab, tanpa harus membuat jilbab lainnya menjadi berantakan.


Hindari mencampur jilbab bercorak dengan jilbab polos, karena bila disimpan terlalu lama, tidak menutup kemungkinan jika warna dari motif jilbab luntur dan menodai jilbab yang polos.

4. Sediakan tempat khusus untuk jilbab

Sediakan satu laci atau rak khusus di lemari, untuk meletakkan koleksi jilbab kamu. Hindari untuk mencampur koleksi jilbab dengan ciput ataupun manset, karena itu bisa membuat tatanan jilbab di lemari menjadi lebih mudah berantakan saat kamu sedang terburu-buru. Pastikan untuk tidak menumpuk jilbab dengan paksa, karena membuat jilbab menjadi lebih mudah kusut.

5. Gunakan penjepit pakaian

Jumlah jilbab terkadang melebihi jumlah hanger jilbab yang dimiliki, sehingga bingung saat menyimpannya. Kamu bisa gunakan penjepit pakaian untuk menjepit jilbab tersebut pada hanger, sehingga satu buah hanger dapat dipakai untuk beberapa jilbab. Hal ini bisa menghemat tempat dan juga jumlah hanger.

6. Cara menyetrika jilbab

Pada proses menyetrika jilbab, kamu perlu memperhatikan petunjuk karakteristik bahan yang tertera di balik bahan. Ada beberapa bahan yang tidak perlu disetrika karena tidak lecek, misalnya polyester. Jika bahan lain seperti jenis jilbab segiempat, sebaiknya setrika dengan suhu tidak terlalu panas.

Lakukan penyetrikaan jilbab dengan koran diatasnya, untuk menghilangkan garis kusut pada jilbab. Uap setrika dapat membuat bahan hijab tetap lembut dan dapat menghilangkan lekukan garis yang terdapat di jilbab. Jangan melipat menggunakan alat setrika, sebab akan meninggalkan bekas lipatan. Jadi cukup lipat menggunakan tangan.

Nah, itu tadi 6 Tips Agar Jilbab Tidak Mudah Kusut Saat Disimpan. Selain menggunakan tips ini, kamu juga bisa menggunakan bantuan dari hanger khusus jilbab yang bisa membantumu menata jilbab agar lebih terlihat rapi.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "6 Tips Agar Jilbab Tidak Mudah Kusut Saat Disimpan"

Poskan Komentar